Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Saturday, 24 April 2021

5 Ide Menu Sarapan Simple dan Sehat

 

5 Ide Menu Sarapan Simple dan Sehat 

Sarapan merupakan satu dari sekian banyak aktivitas pagi hari yang memiliki manfaat penting dan tidak boleh dilewatkan. Sarapan tidak hanya bermanfaat untuk memberikan energi agar bisa beraktivitas seharian. 

Kenyataannya, sarapan bahkan bisa berkontribusi memelihara daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit. Menentukan menu sarapan pun tidak boleh asal kenyang saja, harus tetap memperhatikan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. 

Bingung Menentukan Menu Sarapan Sehat? Coba Salah Satu Menu Berikut

Meskipun salah satu manfaat sarapan adalah untuk memberikan energi agar bisa kuat menjalankan aktivitas sehari-hari, namun memilih menu untuk sarapan tidak boleh sekedarnya saja. 

Sandwich, salad buah dan smoothies


Memilih menu untuk sarapan yang salah bukannya memberikan energi, justru malah membuat lemas. Nah, menu-menu sarapan ini bisa kamu coba agar bisa memberikan energi sekaligus meningkatkan konsentrasi.

1. Salad Buah atau Sayur 

Terkadang kendala yang dialami saat memilih menu sarapan adalah kepraktisannya. Waktu yang terbatas tentu tidak memungkinkan kamu untuk membuat menu komplit yang pastinya rumit. 

Nah, agar kamu bisa tetap mendapatkan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh, salah buah atau sayur bisa menjadi pilihan. Cara membuatnya cepat, kandungan nutrisi lengkap dan pastinya tetap lezat. 

2. Sandwich 

Kalau menurut kamu salad masih belum membuat kenyang, pilihan menu sarapan lain yang bisa kamu coba adalah sandwich. 

Sandwich ini juga merupakan menu sarapan yang lengkap sekaligus sehat. Ada roti sebagai sumber karbohidrat. Isiannya bisa disesuaikan dengan selera, apakah mau diisi dengan telur dadar, telur orak-arik, daging asap sebagai sumber protein. 

Jangan lupa tambahkan sayuran segar, seperti selada air atau tomat dan timun. Bisa juga ditambahkan dengan keju atau variasi isian lain sesuai selera. Jadi, sarapan kamu tetap lengkap, praktis membuatnya dan pastinya tetap memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. 

3. Smoothies 

Ini adalah menu sarapan praktis dan sehat selanjutnya yang bisa kamu coba. Menu ini bukan seperti menu sebelumnya yang berbentuk makanan padat, melainkan berbentuk seperti minuman. Smoothies ini dibuat dari buah-buahan yang dibekukan, kemudian dipadukan dengan susu. 

Kamu bisa membuatnya dari satu jenis buah saja, seperti pisang, beri-berian, atau alpukat. 

Smoothies ini berbeda dengan jus karena kandungan buah yang dipakai untuk smoothies tidak ada yang hilang atau dibuang. Jadi, kamu bisa mendapatkan manfaat dari buah secara utuh. 

4. Telur Rebus atau Telur Orak Arik 

Kalau di rumah kamu sedang tidak ada bahan makanan yang bervariasi, sarapan dengan telur pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi kamu seharian. Telur ini termasuk bahan makanan dengan protein berkualitas tinggi. Kamu bisa menjadikannya olahan telur rebus, omelet atau dijadikan telur orak arik. Sebagai tambahan, kamu bisa menyantapnya bersama buah-buahan atau salad yang pasti akan membuat kenyang dan membuat kamu berenergi sepanjang hari.

5. Nasi Pecel 

Kalau kamu memiliki waktu lebih, nasi pecel bisa menjadi pilihan menu sarapan selanjutnya yang bisa dicoba. Pecel yang pada dasarnya tersusun dari sayuran dengan sambal yang terbuat dari kacang sebenarnya adalah perpaduan yang cocok dan pastinya tetap memenuhi nutrisi. Kalau sarapan sayur disiram sambal pecel masih kurang, kamu bisa menambahkan nasi sebagai sumber karbohidrat.


Jadi bagaimana? Menu sarapan mana yang ingin kamu coba untuk memulai aktivitas esok hari? 

Dengan berbagai pilihan menu untuk sarapan di atas, kamu bisa tetap mencukupi kebutuhan nutrisi di pagi hari namun tetap tidak merepotkan.

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)