Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 9 February 2021

Inilah 4 Tradisi Tahun Baru Imlek yang Dilakukan Keluarga China

 

Tahun Baru Imlek (Lunar New Year) adalah perayaan tahun baru yang menandai dimulainya siklus lunar baru sesuai kalender China. Bagi masyarakat etnis China, Tahun Baru Imlek merupakan salah satu hari libur terpenting di Asia. Di mana semua orang China akan pulang ke rumah untuk merayakannya. Jadi, bagi perantau yang sedang bekerja atau sekolah di luar kota, mereka akan menyempatkan diri untuk pulang ke rumah untuk merayakan Tahun Baru Imlek ini.

 

Tradisi mudik di China sendiri sudah berlangsung lama sejak zaman dulu. Bahkan, Tahun Baru Imlek menjadi hari libur yang dinantikan karena akan sangat mengesankan. Banyak orang mudik untuk merayakan tradisi imlek bersama keluarga dan teman. Perpindahan manusia saat mudik sebelum imlek ini juga dianggap sebagai migrasi manusia terbesar di dunia. Bahkan tahun 2019, 3 miliar perjalanan dilakukan selama musim liburan.

 

Lalu, apa saja yang dilakukan saat imlek?


tahun baru imlek china
tahun baru imlek (doc : theculturetrip.com)

 

Inilah 4 Tradisi Tahun Baru Imlek yang Dilakukan Keluarga China :

 

1.       Berkumpul dengan Keluarga Besar

Berkumpul dengan keluarga besar saat tahun baru Imlek merupakan tradisi yang diwajibkan dalam keluarga China. Jika kamu seorang anak di keluarga China, kamu harus pulang saat tahun baru Imlek, karena di hari itulah seluruh keluarga besar akan berkumpul untuk merayakannya.

Makan malam reuni keluarga yang jatuh pada malam Tahun Baru Imlek (Lunar New Year) juga termasuk ritual pemujaan leluhur yang menghubungkan sejarah liburan selama 3.800 tahun hingga saat ini. Sebagai bagian dari memulai tahun baru yang segar, berhubungan dengan orang-orang dalam hidupmu adalah inti dari Tahun Baru Imlek.

 

2.       Bagikan angpau merah untuk orang yang dicintai

Pernahkah kamu melihat keluarga China yang memberikan angpau saat liburan tahun baru Imlek? Ya, tradisi bagi angpau saat tahun baru Imlek merupakan tradisi untuk menjalin ikatan kasih sayang dengan orang yang dicintai. Angpau merah dianggap sebagai simbol kekayaan. Jadi, membagikan angpau merah berarti membagikan kekayaan kepada orang yang dicintai. 

Warna merah pada paket hadiah yang diberikan merupakan penanda keberuntungan untuk tahun baru.  Anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah selama liburan tahun baru Imlek akan mendapatkan angpau atau paket hadiah berwarna merah.

Tradisi menerima angpau berwarna merah ini sangat unik.  Angpau hanya boleh diterima oleh anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah. Jika sudah menikah, maka hadiah angpau ini tidak bisa diperoleh. Justru orang yang sudah menikah harus memberikan angpau bagi anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah.

 

3.       Berbagi Hadiah Makanan dan Parcel Imlek Untuk Berkah dan Keberuntungan

Selain angpau, ada tradisi memberi paket merah untuk hadiah. Paket merah ini berupa hadiah uang tunai yang berkisar dari beberapa ribu hingga jumlah yang cukup besar tergantung pada hubungan dengan penerima. Pengusaha juga diharapkan memberikan paket merah kepada karyawan yang belum menikah sebagai tanda terima kasih.


kue imlek
parcel imlek (doc : anakjajan, qraved.com)


Di Korea Selatan, perayaan tahun baru Imlek dirayakan dengan nama perayaan Seollal. Sebagian besar, orang tua akan memberikan hadiah berupa tas merah, dan hadiah uang disertai dengan pesan penyemangat dan berkah keberuntungan untuk tahun baru.

Di Tibet, di mana hari libur itu disebut Losar, anak-anak membawa hadiah untuk orang yang lebih tua. Pada pagi pertama tahun baru Imlek, anak-anak akan mengenakan pakaian tradisional cheongsam dan membawa keranjang parcel imlek berisi daging yang dimasak, pangsit kukus, buah, manisan, kue imlek, dan roti tradisional.


 

parcel imlek
parcel imlek (doc : conetta)


4.       Perayaan Penuh Warna Merah Meriah Perlambang Keberuntungan

Di beberapa daerah bagian China, hari libur Imlek juga disebut Festival Musim Semi. Itulah sebabnya, ada berbagai rangkaian bunga cerah dan pohon buah-buahan yang akan menerangi rumah dan jalan-jalan raya. Oh iya, bunga persik dan aprikot memiliki makna khusus untuk perayaan Tết di Vietnam.

Di Korea Selatan, ada dekorasi Seollal berupa bangau dekoratif yang melambangkan umur panjang, sedangkan burung gagak melambangkan keberuntungan.


 

perayaan imlek china
lentera merah saat hari raya imlek (doc : theculturetrip.com)



Dekorasi merah tua yang meriah menghiasi setiap jalan, etalase, dan rumah. Terkait dengan kekayaan dan keberuntungan. Di setiap rumah orang China, dekorasi merah akan digantung untuk menangkal Nian - monster seperti singa yang takut dengan warna merah, menurut mitologi Lunar New Year.

 

Nah, kalau kamu? Sudah pernah melihat apa saja saat hari perayaan tahun baru Imlek? Silahkan komentar di bawah ya.

 



No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)