Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 2 February 2021

4 Aktivitas Seru untuk Memulai Hari dengan Lebih Semangat

4 Aktivitas Seru untuk Memulai Hari dengan Lebih Semangat

Pernah nggak sih, kamu merasa malas memulai hari karena bosan dan tidak tahu harus melakukan hal apa di hari itu?  Apalagi, di masa pandemic COVID-19 seperti sekarang ini, di mana kita menjalani kehidupan 24 jam ala orang rumahan yang bikin kita jadi males-malesan dan doyan rebahan. Kita bisa membuat kebiasaan baru yang jauh lebih menyenangkan dengan mengubah pola hidup kita.  

Bagi kamu yang merasa work form home saat ini menjadi sebuah rutinitas yang membosankan, kamu bisa mulai dengan melakukan 4 aktivitas ini lho. Apa saja itu? Simak ya!


4 Aktivitas Seru untuk Memulai Hari dengan Lebih Semangat:

1.       Mandi Pagi sebagai morning call untuk memulai hari

Mandi pagi dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Selain itu, mandi pagi juga bisa menjadi semacam morning call, tanda bahwa kita sudah memulai pagi kita dengan lebih bersemangat. Itu sebabnya, penanda ini penting untuk memulai habits baik di pagi hari. Dengan bangun tepat waktu dan mandi pagi dengan air hangat, badan akan merasa lebih segar dan sehat.

2.       Berjemur di bawah sinar matahari pagi agar imunitas tubuh tetap terjaga

Yaps, berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membuat tubuh rileks. Selain itu, keringat yang keluar saat kita berjemur selama 20 menit akan membuat tubuh menjadi lebih siap untuk menjalani hari-hari dengan lebih bersemangat.

Sinar matahari pagi juga memiliki banyak manfaat, antara lain : mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan jumlah asupan kalsium dalam tubuh, dan mendapatkan asupan fosfor yang dapat mempengaruhi pembentukan DNA dan RNA, mempengaruhi metabolisme tubuh dan mencegah kontraksi otot yang berlebihan. 

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membuat imuitas kita meningkat dan lebih cepat sembuh dari sakit COVID-19. Jadi, cobalah berjemur di pagi hari agar tubuh tetap sehat.

sunrise
sinar matahari pagi bermanfaat bagi tubuh kita (pic : okezone.com)


3.       Olahraga singkat selama 30 menit agar tubuh aktif bergerak

Olahraga singkat selama 30 menit dapat menjadi rutinitas harian yang menyenangkan. Pasalnya, olahraga yang dimulai dengan ringan, dapat menjadi kebiasaan yang akan berlangsung dalam waktu lama.

Olahraga tidak harus berjam-jam, cukup lakukan secara rutin gerakan olahraga ringan misalnya lari kecil keliling kompleks perumahan, atau lari di atas threadmill selama jangka waktu tertentu (20-30 menit) sambil diiringi music yang membuat kita lebih bersemangat.

Namun sebelumnya, lakukan peregangan otot mulai dari tangan, kaki, bahu, siku, leher, dll agar tubuh tidak kaget sebelum melakukan olahraga yang lebih berat misalnya : workout, plank, squirt, squit jump, dll. Sehingga tubuh sudah siap dengan risiko dan tidak mengalami cidera otot.

lari pagi hari
lari pagi hari (doc ; medkomtek.com)


4.       Minum air mineral lebih banyak agar tidak dehidrasi

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat memulai hari adalah minum air putih yang banyak agar tubuh tidak dehidrasi. Seringnya, kita merasa tidak perlu minum banyak karena belum terlalu haus. Padahal, minum air putih yang cukup dapat membuat tubuh lebih terdehidrasi dan dapat membuat kulit tetap sehat dan halus. Selain itu, kita juga terhindar dari sakit berat seperti sakit ginjal karena kekurangan minum air putih.

Nah, kebiasaan ini harus dimulai dari sejak kita memulai pagi, dan meniatkannya agar tubuh kita tetap sehat dan dapat beraktivitas sehari-hari baik untuk bekerja maupun melakukan hobi lainnya.

Jadi, pastikan kita sudah melakukan hal tersebut dengan persiapan yang matang, kerjakan setiap hari agar menjadi habits baik, dan berlangsung hingga bertahun-tahun. Karena habits baik itu dimulai dengan mengubah pola hidup yang ingin kita atur agar hidup lebih bermakna.

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)