Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 9 December 2020

Inilah 4 Manfaat Mengetahui Kalender Kehamilan

Inilah 4 Manfaat Mengetahui Kalender Kehamilan

Pada saat masa kehamilan, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah memantau usia kehamilan. Hal dilakukan untuk mengetahui perkembangan bayi selama masa kehamilan. Juga umtuk memantau berat badan ibu dari waktu ke waktu. Serta diperlukan untuk mengetahui kesehatan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kalender kehamilan.


cara menghitung usia kehamilan


Berikut adalah manfaat mengetahui kalender kehamilan.


1. Menghitung usia kehamilan

Untuk masa kehamilan biasanya 38 minggu dihitung dari masa pembuahan. Tapi, tidak semua orang menyadari proses pembuahan yang terjadi dalam tubuhnya, oleh karena itu masa pembuahan bisa dihitung dari hari pertama haid terakhir.


Kalau kamu sudah positif hamil, kalender kehamilan ini akan membantu kamu menentukan usia kehamilan yang sedang kamu jalani.


Berikut beberapa cara menghitung kehamilan :


  • Menggunakan kalkulator kehamilan online

Kalkulator kehamilan online adalah cara paling mudah menghitung usia kehamilan. Kamu hanya perlu memasukkan tanggal, bulan dan tahun hari pertama haid terakhir (HPHT) dan juga siklus haid kamu. Kalkulator online ini akan secara otomatis menghitung usia kehamilan kamu. 

  • Hitungan kalender (Rumus Naegele)

Kalau kamu mau menghitung usia kehamilan dengan cara ini, kamu perlu tahu siklus haid Kamu. Menghitung usia kehamilan dengan rumus Naegele diperuntukkan bagi Kamu yang memiliki siklus haid teratur seperti setiap 28 hari atau 20 hari. Hal yang pertama kamu perlu lakukan adalah mengetahui hari pertama haid terakhir Kamu (HPHT).

Caranya adalah:

Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)

Bulan HPHT ditambah 9 (+9)

Tahun HPHT tetap

Contoh:

HPHT 20 Januari 2020

Tanggal HPHT 20+7=27

Bulan HPHT 1+9=10

Tahun HPHT 2020

Maka hari perkiraan lahir adalah 27 Oktober 2020.


  • Rumus  Sistem fundus uteri

Fundus uteri biasanya disebut juga sebagai puncak rahim. Puncak rahim biasanya akan meninggi seiring perkembangan janin.


Menghitung usia kehamilan dengan cara fundus uteri dilakukan dengan cara meraba puncak rahim yang terasa menonjol pada bagian perutmu. Hitung jaraknya dari tulang kemaluan hingga puncak rahim.


Jika jaraknya adalah 17 cm, maka usia kehamilan tersebut adalah 17 minggu.Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)


Penggunaan kalender kehamilan tak hanya dapat menghitung usia kehamilan, tetapi bisa juga digunakan untuk mengetahui kapan bayi lahir. Kalau Kamu sudah mengetahui hari perkiraan lahir bayi, tentu proses kelahiran buah hati bisa kamu dipersiapkan dengan lebih baik.


2. Membantu memperkirakan kenaikan berat badan yang normal

Kalender kehamilan atau kalkulator kehamilan juga bisa membantu kamu memperkirakan kenaikan berat badan normal selama masa kehamilan. Ketika hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1-2 kilogram pada tiga bulan pertama dan 0,5 kilogram setiap minggu berikutnya.


3. Mengetahui berat badan bayi sesuai usia kandungan

Selain mengetahui referensi berat badan normal kamu selama kehamilan, dengan menggunakan kalender kehamilan, kamu juga bisa mengetahui berat badan bayi yang sesuai usia kandungan.


Dengan mengetahui berat badan bayi, kamu juga bisa dapat dengan mudah menyesuaikan asupan dan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan bayi selama masa kehamilan.


4. Mengetahui kapan akhir dan awal trimester

Bagi ibu hamil kehamilan akan membawa perubahan yang besar pada suasana hati maupun perubahan fisik. Gejala yang dirasakan tentu akan berbeda di tiap trimesternya.


Dengan mengetahui kapan awal dan akhir trimester kehamilan, kamu bisa mempersiapkan perubahan-perubahan yang selanjutnya terjadi pada masa kehamilan berikutnya.


Nah, semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya. 😉

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)