Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 3 June 2020

[Baper Series] Tips Cepat Move On : Miliki Sepotong Hati yang Baru


[Baper Series] Tips Cepat Move On  : Miliki Sepotong Hati yang Baru

Beberapa hari yang lalu, akhirnya aku menamatkan drama korea yang sedang banyak dibahas oleh netizen baik di Indonesia maupun di Korea. Yaps, drakor The World of the Married. Judulnya aja bikin penasaran ya. Apa sih serba serbi dunia pernikahan yang disuguhkan oleh penulis skenarionya? Kok bisa drama ini bikin orang misuh-misuh dan darah tinggi, sekaligus penasaran di tiap episodenya? Wait, aku nggak akan bahas tentang dramanya secara menyeluruh, aku hanya akan bahas tentang beberapa hal yang bisa diambil pelajaran dari drakor The World of The Married ini. Semoga bermanfaat. :D




Drama Korea ini berkisah tentang Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh, sepasang suami istri yang tak lagi bisa mempertahankan rumah tangganya karena si suami berselingkuh dengan Yeo Da Kyung. Lalu terjadi kericuhan yang menghebohkan kota Gosan karena perebutan anak semata wayangnya, Joon Young. Ending ceritanya bikin miris, sekaligus mikir. Ternyata, melupakan seseorang yang membuatmu jatuh cinta tidak semudah yang diucapkan ya. Bahkan seorang Sun Woo saja butuh waktu sangat lama untuk bisa move on dari Tae Oh. Begitu pun Tae Oh yang ternyata belum sepenuhnya bisa move on dari mantan istrinya.

Ada satu highlight yang ingin disampaikan penulis cerita bahwa ternyata bagi dua orang yang sudah menikah, pernikahan dengan segala pasang surutnya itu membawa berbagai moment yang sulit dilupakan. Meskipun sudah berpisah, bisa saja ada beberapa kenangan manis yang nggak bisa dilupakan.

Aku jadi teringat seorang teman pernah berkata, “Ila tahu nggak, kalau laki-laki susah move on itu obatnya cuma satu. Carikan seseorang yang mirip dengan mantannya.” Aku mendengar hal itu dengan tertegun. Bagaimana bisa obat patah hati dengan mencarikan seseorang yang serupa dengan orang yang telah meninggalkan dirinya?

Waktu aku nonton The World of The Married ini, aku baru sadar kalau ucapan temanku itu benar. Seorang lelaki akan sulit melupakan cinta sejatinya. Meskipun sudah sedikit lupa, tapi secara tidak sengaja ada bagian dalam dirinya yang merindukan orang yang sama. Karena tidak bisa kembali pada cinta lamanya, ia akan mencari sosok yang serupa, tanpa sadar ternyata itu yang bikin dia bisa bertahan dengan cinta barunya.

Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh di Drakor The World of The Married


Well ya, Da Kyung dikejutkan dengan ucapan Sun Woo yang bilang, “Kamu hanya penggantiku saja.” Karena sadar mantan suaminya itu mendandani Da Kyung mirip dengannya. Gila nggak sih, kalau model pakaian, parfum, baju tidur, moment foto keluarga, lagu yang mengalun saat melamar, bahkan ucapan Tae Oh pada Da Kyung sama persis dengan apa yang diucapkan pada Sun Woo dulu. Gils, ini sih bener-bener duplikat banget. Wew!

Jadi secara nggak sengaja, Tae Oh ternyata udah terikat dengan Sun Woo sangat erat, sampai dia nggak bisa lepas dari bayang-bayang mantan istrinya. Wajah boleh beda, tapi semua hal yang pernah dilakukannya bersama Sun Woo malah dijadikan moment yang berulang.

Kaget? Iya banget. Wkwk

Justru aku jadi teringat dengan ucapan temanku itu. Laki-laki susah move on akan mengulang kenangan-kenangan lamanya yang dulu pernah dijalani dengan orang yang pernah dia cintai. Bayangin lah, gimana sedihnya tuh Da Kyung. Sampai dia langsung ngurus cerai dan semua fasilitas buat Tae Oh diambil alih dengan cepat. Sampe si Tae Oh langsung jadi gembel dan kere. Sudahlah jadi laki-laki madesu, bikin pusing mantan istri pula. Glek!  Sampe meme Sun Woo buang duit ke Tae Oh pas di jalan bikin adegan ini jadi memorable banget. Wogh!

Ternyata, obat patah hati bukanlah jatuh cinta lagi dengan cepat. Tapi justru ikhlas dan memaafkan diri sendiri. Beri jeda dulu, baru kalau sudah menetralkan isi hati, bolehlah jatuh cinta lagi. Kenapa? Karena kasian juga kalau jatuh cinta ternyata cuma buat pelarian doang. Padahal pasangannya sudah segenap jiwa raga buat berusaha menjadi versi terbaik dirinya, tapi masih ada bayang masa lalu yang menghantui.

Beri waktu untuk ikhlas. Jika sudah ikhlas, barulah kamu boleh membuka hati yang baru. Tentu dengan melupakan hal-hal yang sudah lewat dan nggak perlu mencari yang serupa dengan mas crush. :P



Setiap orang unik, dan berbeda karakter satu sama lain. Tidak ada individu yang sama persis dengan orang lain, bahkan jika kamu menemukan ada 7 kembarannya di dunia ini pun, sungguh tak ada yang akan bisa menyamainya. Jadi, jangan berharap seseorang bisa menjadi pengganti orang lain, karena hal itu nggak mungkin, Bambank. -_-“

Kalau memang mau jatuh cinta lagi, bilang sama diri sendiri untuk belajar membuka lembaran baru. Dengan orang baru, dan belajar membuat kenangan baru yang pastinya jauh lebih indah daripada harus mengulang kenangan lama.

Kenapa? Karena pertama, kamu berhak bahagia dengan kehidupanmu yang sekarang. Kedua, kamu nggak mungkin terus menerus hidup dari kenangan masa lalu. Ketiga, rasanya aneh membayangkan ada bagian masa lalu yang masih terus mengganjal dan membuat jalanmu melambat, padahal kamu bisa melangkah dengan hati riang.

Jadi, buat kamu yang mau jatuh cinta lagi, sebelum memutuskan untuk menerima orang baru, selalu tanyakan pada diri sendiri, sudah siapkah untuk membuka lembaran baru dengan orang yang benar-benar layak untuk kamu bahagiakan dan perjuangkan seumur hidupmu? Ini berlaku untuk semua orang yang pernah patah hati, baik yang single maupun yang pernah menikah.

Kalau jawabannya iya, yasudah. Tinggal jalani hidupmu yang sekarang. Jangan hidup di masa lalu atau mengkhayalkan masa depan yang tak pasti. Tapi jalanilah masa kini, karena itu yang sekarang kamu miliki dan layak disyukuri.

Dear you, kamu layak berbahagia, maka berbahagialah wahai hati yang baru. :)

Tegal, 030620 , 00:01


1 comment:

  1. ikhlas sih yang paling ampuh kalau mau move on dan yakin kalau ada yg lebih baik nantinya. tetep cari yang baru ya hehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)