Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 27 August 2018

Smartphone Flagship OPPO Find X vs Huawei P20, Mana Yang Layak Jadi Pilihan Terbaik?


Hai semuanya!
Pasti kalian tau dong kalo OPPO belum lama ini baru aja meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, yaitu OPPO Find X? OPPO termasuk produsen smartphone yang up to date menurutku, makanya sering meluncurkan produk baru yang pastinya lebih canggih dan lebih bagus dari produk-produk yang sebelumnya.

Nah, ternyata sebelum OPPO Find X melenggang masuk ke Indonesia, ada brand yang juga baru meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, yaitu Huawei dengan seri Huawei P20 Pro. Wow! Seru nih kalo kita adu banding antara OPPO Find X dan Huawei P20 Pro, secara kedua smartphone ini sama-sama berasal dari perusahaan China.




1. Desain dan Layar

OPPO Find X hadir tanpa ‘notch’ dan saat ini memakai desain Panoramic Arc Screen, yaitu desain yang menggunakan teknologi COP Flexible Screen dengan rasio layar mencapai 93,8% dan luas layar mencapai masing-masing bagian sisi perangkat. Tipe layarnya AMOLED berukuran 6,42 inci.
Sedangkan Huawei P20 Pro memiliki ‘notch’ di layarnya, ukurannya 6,1 inci dan layar AMOLED, dan rasio layar 82%.  Desainnya agak terlihat kaku, walaupun bodynya sama dengan OPPO Find X yang menggunakan kaca dan metal.
Sepertinya sih desain OPPO Find X memang lebih stylish dan modern ya daripada Huawei P20 Pro. Saya sendiri suka dengan warna dari OPPO Find X karena dia kayak ada efek gradasinya gitu. Hehehe. Jadi keliatan modern banget. 😍

2. Kamera dan Baterai

Mari kita mulai ngomongin soal kamera. Kedua smartphone flagship ini ternyata sama-sama memiliki kamera yang dibekali kemampuan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Untuk OPPO Find X, smartphone ini punya dual kamera utama di sisi belakang yaitu 20MP dan 16MP. Lalu untuk kamera depannya beresolusi 25 MP. Selanjutnya, OPPO Find X juga memiliki teknologi Stealth 3D Cameras, yaitu teknologi kamera tersembunyi kalo lagi gak dipake, dan bergeser/terbuka waktu kamera mau dipake. Jadi, kamera kita dijamin aman dalam keadaan apapun karena selalu tertutup. Ditambah lagi, modul Stealth 3D Cameras di OPPO Find X udah melalui pengetesan sebanyak 300.000 kali, jadi bakal aman banget.

Sedangkan Huawei P20 Pro memiliki dua kamera utama di belakang yang beresolusi 12MP dan 20MP. Untuk kamera depannya 24 MP.

Lagi-lagi OPPO lebih unggul kalo kita liat dari segi pixelnya. Ditambah lagi OPPO Find X udah pake teknologi AI yang disempurnakan. Jadi, kamera bisa bekerja lebih baik dan sempurna.


3. Prosesor

Huawei P20 Pro udah dipersenjatai chipset Kirin 970 CPU dan system Android Oreo EMUI 8.1. RAMnya 6 GB dan memori penyimpanan sebesar 128 GB. Sedangkan untuk OPPO Find X udah dibekali chipset Snapdragon 845, RAM 8 GB, dan memori internal sebesar 256 GB.

Fyi, Snapdragon 845 ini adalah prosesor terbaru dari qualcomm yang punya performa lebih baik, terutama waktu kita menjalankan fitur AI. Sedangkan chipset Kirin 970 adalah prosesor lama dari Huawei yang kinerjanya masih kalah cepat dibanding Snapdragon 845.

Untuk prosesor tampaknya OPPO Find X unggul lagi dari Huawei P20 Pro.


4. Baterai

OPPO Find X punya kapasitas baterai sebesar 3.730 mAh, sedangkan Huawei P20 Pro hanya 3400 mAh. Keduanya sama-sama punya fitur Fast Charging. Tapi, OPPO Find X punya teknologi terbaru VOOC Flash Charging yang bikin pengisian daya smartphone jadi lebih singkat. Hanya butuh 5 menit aja dari kondisi 0% untuk dapetin talk-time sampai 2 jam.. Hmm.. Oke juga! 😊


5. Harga


Nah ini dia bagian yang ditunggu-tunggu. Pasti pada penasaran soal harga, kan? Nih saya bisikin sedikit. Harga Huawei P20 Pro berada di angka Rp 11.500.000, sedangkan OPPO Find X berada di angka sekitar Rp. 13.499.999

Harganya terpaut sedikit, dan memang agak mahal OPPO Find X. Tapi kalo diliat dari fitur-fitur dan spesifikasinya, rasanya wajar OPPO Find X dibandrol harga segitu. Kita pun sebagai pengguna pasti ingin performa smartphone yang maksimal, kan? So, menurut saya OPPO Find X layak jadi pilihan terbaik sih untuk smartphone flagship di Indonesia.

Kalo kalian mau pilih mana? 😍

1 comment:

  1. Smartphone Huawei fiturnya gak kalah bagus dari Oppo, harga jelas lebih miring

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)