Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 17 April 2018

Tips Agar Kantor Menjadi Sehat

Tips Agar Kantor Menjadi Sehat
Kantor yang sehat merupakan salah satu hal yang diidamkan banyak orang. Hal ini disebabkan lingkungan kantor yang sehat tentu akan membawa kepada produktivitas pekerjanya yang luar biasa baik. Dengan produktivitas pekerja yang baik maka akan berdampak pada tingginya produktivitas perusahaan. Dengan kata lain kesehatan kantor dapat membawa kesejahteraan perusahaan ke arah yang jauh lebih baik!

Tapi bagaimana cara menjaga kesehatan kantor? Mungkin bagi kamu yang memiliki kantor yang cukup makmur akan berpendapat bahwa untuk menjaga kesehatan kantor dibutuhkan lingkungan yang sehat. Kamu yang berpendapat demikian pun kemungkinan besar akan menyarankan untuk menggunakan jasa kebersihan kantor. Saya sependapat denganmu, terlebih lagi jasa-jasa semacam ini sudah banyak kita temukan di Jakarta. Beberapa jasa yang bisa kamu gunakan misalnya kliknclean merupakan jasa layanan cleaning service yang memiliki berbagai macam layanan yang bisa kamu manfaatkan.



Nah tapi pernah kah terpikir oleh kamu sebenarnya ada beberapa manajemen khusus yang dibutuhkan demi terciptanya lingkungan kantor yang sehat? Nah artikel ini akan membahas beberapa hal tersebut secara sederhana.
Hal pertama yang harus dijaga adalah mengenai ergonomisitas karyawan di kantormu. Dengan menjaga ergonomisitas karyawan tentu kesehatan karyawan akan terjaga. Ergonomi merupakan suatu hal di mana kamu dapat memperhitungkan kenyamanan, efisiensi pekerjaan, hingga kemanan setiap desain yang ada di lingkungan kerjamu. Hal ini semata-mata dilakukan untuk memenuhi hak karyawan di kantor tempatmu bekerja. Menjaga ergonomi karyawan dengan baik berarti menjaga kesehatan fisik maupun mental karyawan di kantor. Akhirnya dengan menjaga kedua hal tersebut, kantormu akan semakin produktif dan tentu saja akan menghasilkan jauh lebih banyak uang!
Hal selanjutnya yang bisa diterapkan oleh kantor adalah dengan menciptakan manajemen perkantoran hijau. Dengan menciptakan manajemen perkantoran hijau maka kamu praktis menciptakan suatu sistem operasional di kantor yang lebih ramah lingkungan. Beberapa cara yang bisa diterapkan demi tercapainya perkantoran hijau misalnya dengan penggunaan sumber daya listrik yang lebih efektif dan efisien, meningkatkan kesadaran dan wawasan karyawan mengenai kantor ramah lingkungan, membuat suatu sistem pengolahan limbah serta manajemen lingkungan kantor, serta memperbanyak penggunaan energi-energi terbarukan di kantor.
Kami paham bahwa beberapa hal di atas mungkin terlalu rumit atau bahkan nyaris mustahil dilakukan karena melibatkan berbagai macam unsur, dan bahkan membutuhkan pembuatan dan perancangan suatu standard operasional hingga manajemen yang baru.
Nah akan tetapi kami yakin kantor-kantor kamu bisa melakukan hal ini. Nyata-nyatanya sudah banyak perkantoran, terutama di luar negeri sana, yang mampu menerapkan sistem semacam ini dengan baik. Pada awalnya memang tidak terlalu banyak kantor yang mampu menerapkan sistem ini, namun seiring dengan berjalannya waktu semakin banyak kantor yang menerapkan sistem semacam ini. Dampaknya tentu saja akan dirasakan oleh banyak orang.
Jika banyak kantor di dalam satu wilayah menerapkan hal-hal semacam ini pasti lingkungan di sekitarnya akan menjadi nyaman dan juga sehat karena kebersihan lingkungannya secara umum menjadi baik.
Cara terakhir adalah dengan membuat suatu sistem cerdas, atau lazim disebut dengan smart office. Prinsip dari sistem ini sebenarnya sederhana, bahwa beberapa hal yang dahulunya selalu dikerjakan secara manual, saat ini bisa dikomputerisasi. Pengkomputerisasi-an beberapa hal ini tentu saja akan berdampak kepada efektivitas serta efisiensi perusahaan yang meningkat. Beberapa aspek smart office yang bisa kamu terapkan misalnya sistem telekomunikasi pintar serta small zone areas.

1 comment:

  1. Pingin juga nih punya kantor yang sehat, biar karyawan betah kerjanya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)