Tuesday, 7 June 2016

Makanan Sehat Indonesia yang Bikin Kangen

Apa yang terpikir saat mendengar kata makanan sehat Indonesia? Yang saya ingat adalah bumbu rempah-rempah yang sangat nyummy di mulut. Sejarah rempah di Indonesia sangat melegenda hingga membuat negara ini pernah dijajah oleh Belanda hingga 3 abad. Selama itu juga Indonesia digali kekayaan alamnya termasuk rempah-rempah ini.

rempah-rempah asli Indonesia (doc : https://id.pinterest.com/pin/154740937172342214/

Saya senang dengan keragaman menu kuliner tradisional khas Indonesia seperti yang selama ini dikenal masyarakat. Misalnya saja : gudeg, rendang, rawon, soto, ketoprak, gado-gado, pecel, dll. Masih banyak sebenarnya makanan khas Indonesia yang menjadi kesukaaan orang Indonesia. Tapi yang saya inget banget itu kalau ibu saya masak sayuran seperti bayam, soup, tumis kangkung dan sayur-sayuran lainnya. Semuanya menggunakan bahan rempah-rempah. Tradisional. Diulek pakai ulekan batu langsung, bukan pakai bumbu instan. Ini yang bikin rasanya jadi unik. Khas banget bau rempah-rempahnya menguar ketika dimasak di dapur. Ya, buat saya yang ga gitu bisa masak kecuali masak kue-kue emang enaknya dimasakin ibu. Wekeke. :P Tinggal makan doang kan. Haha.

Kalau rempah-rempah ini nggak ada, rasanya jadi hambar. Sebut saja sayuran bayam jika tanpa kunci, rasanya pasti beda. Atau kalau orang Indonesia yang sedang berlibur ke luar negeri pasti kangennya sama masakan khas Indonesia yang bumbunya melimpah ruah. Nggak pelit sama bumbu rempahnya karena itu yang bikin sedap.

Saya pernah dengar dari ibu bahwa nenek di samping rumah saya selama ini juga memasak makanannya sendiri. Nggak mau beli karena lebih enak masak. Padahal udah sepuh banget, sekitar usia 70-80 an. Seusia itu masih bisa ingat nama orang yang diajak ngobrol, nggak pikun ya, bahkan bisa jalan-jalan buat beli sayuran. Masak sendiri pakai tungku. Saya? Kadang kalau kebentur waktu lebih suka masakan yang udah jadi. Apalagi di Tegal banyak warung yang menjual sayuran dan lauk dengan harga murah. Makanan sehat Indonesia dengan bumbu rempah asli tanpa embel-embel instan pun hanya dipakai oleh orang yang sempat masak. Ya, kalau dipikir itu kali ya kenapa orang tua zaman dulu masih sehat bahkan sampai sekarang. Seperti nenek di samping rumah saya itu, yang masih sehat karena selalu mengkonsumsi makanan sehat Indonesia.

Coba bandingkan dengan menu fastfood yang berbeda penyajiannya karena penuh dengan bumbu cepat saji? Atau biskuit dan makanan ringan lainnya yang biasa kita konsumsi setiap hari itu pun membuat tubuh menjadi lebih rentan dengan penyakit. Ya, tidak dipungkiri bahwa kesehatan berawal dari apa yang kita makan. Dan itu dimulai dari memilih menu makanan sehat apa yang akan diolah oleh pencernaan. See? Apa kamu juga pernah mencoba masak menu yang full rempah tanpa pakai bumbu instan? Share dong gimana rasanya? :D

5 comments:

  1. Emang kerasa beda klo makan fastfood sama makan makanan rumah. Enakan dan lebih murah makanan rumah :D

    ReplyDelete
  2. Duluuuu... Pernah kaget saat ditawari sama mbak penjual sayur yang biasa lewat depan rumah bumbu sop yang instan. Hahahaha, saya masih suka masak juga tanpa bumbu instan, jadinya bener-bener bengong untuk sekelas sop yang bumbunya buat saya paling gampang sampe ada bumbu instannya.

    ReplyDelete
  3. Iya ketara banget bedanyaaa.

    Lebih suka makanan yg alami2 seperti pepes2an dan lalapan plus sambel, ah, jd laper :😄

    ReplyDelete
  4. keluarga che jg suami juga senengnya yg banyak rempah krn notabanenya masih lidah padang hehee, semuanya kudu diulek tangan, di blender aja beda rasanya hehee

    ReplyDelete
  5. infonya menarik kak.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website gratis yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)