Wednesday, 30 March 2016

Tips Saat Mencharger HP agar Baterai Tahan Lama


Semua perangkat elektronik memang membutuhkan sebuah sumber energi untuk bisa digunakan, jika dalam beberapa tahun yang lalu penggunaan baterai yang pasang copot, masih cukup populer maka sekarang ini tidak. Kebanyakan sudah mulai berganti pada penggunaan baterai yang dapat diisi menggunakan listrik atau menchargernya. Alasannya selain lebih praktis juga tergolong cukup hemat, mengingat mereka tak harus gonta-ganti, namun juga pemakaian listrik di rumah juga semakin bertambah.

Nah, lebih baik diciptakan sebuah alat yang dapat digunakan dalam pengisian yaitu charger. Beberapa yang umum adalah charger hp. Mengingat kebanyakan perangkat elektronik lainnya pemakaiannya langsung mengandalkan sambungan dengan arus listrik. Charger hp merupakan salah satu aksesoris hp yang penting karena akan selalu dibutuhkan.

Nah, bagi kamu yang sudah addict dan tak bisa terpisahkan dengan perangkat elektronik yang dimiliki, charger ini menjadi barang wajib dibawa kemana pun untuk menunjang kebutuhan pemakaian ponsel. Perangkat yang satu ini memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap charger, mengingat hanya dalam kurun waktu beberapa jam setelah pemakaian sering kali habis, tentu kamu harus bolak-balik lakukan charger. Namun perlu diketahui bahwa ternyata tak semua orang tau bagaimana cara mencharger yang tepat.

Charger hp (doc : https://id.pinterest.com/pin/147633694011871271/)
Kebanyakan orang hanya lakukan charger seadanya asalkan sudah terhubung dan baterai mengisi tanpa tau bahwa kesalahan dalam mencharger ini sangat mempengaruhi kualitas bateraimu ke depannya. Ia akan mulai low bahkan bertambah besar. Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut ini ada beberapa tips bagi kamu, yaitu:

  1. Jangan mengisinya saat habis total, selain membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa hidup kembali, beberapa jenis baterai khususnya yang masih berbahan nikel rawan mengalami kerusakan saat kamu charger ketika isinya habis total.
  2. Jangan mencharger terlalu lama, terkadang kita agak acuh membiarkan perangkat tersebut terlalu lama dicharger bahkan hingga semalaman. Jangan biasakan hal ini karena dapat membuat baterai menjadi mudah rusak, kecuali kamu memang menggunakan charger hp khusus yang dapat memutus aliran listrik sendiri saat ia memang sudah terisi penuh.
  3. Saat mencharger utamakan untuk selalu melihat kondisi di mana kamu meletakkannya. Hindari peletakan di atas bahan yang panas dan mengeluarkan radiasi karena berpotensi merusak komponen perangkatmu.
  4. Jangan terlalu sering menggunakan power bank. Akan lebih baik menchargernya langsung dari aliran listrik. Hal ini bermanfaat untuk membuat ketahanannya tetap bagus. Apalagi beberapa jenis power bank, khususnya yang abal-abal memberikan arus yang tidak stabil.

Setidaknya itulah beberapa tips mudah bagi kamu yang ingin baterai hp tetap awet. Sebaiknya jangan gunakan charger hp buatan pabrikan biasa, jika memang kamu masih memiliki yang orisinil karena ini juga mempengaruhi kinerjanya.

Noted : sponsored post (baca disclosure)





3 comments:

  1. Wah saya kira tadi penyebabnya karena battery yang sdh rusak Wah ini bisa diterapkan juga nih, Thanks tips tipsnya

    ReplyDelete
  2. Satu lagi, saat mencharger gak boleh dimainkan HP nya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)