Monday, 8 June 2015

Mudah Memilih Produk Keuangan di Cermati.com

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat membuat saya harus pandai menyimpan uang dalam bentuk tabungan. Kemarin ada seorang teman yang mengingatkan saya untuk rajin menabung selagi masih memungkinkan. Pasalnya dia sedang dalam kondisi yang serba sulit untuk masalah finansial karena dulu terbiasa berbelanja tanpa pikir panjang. Sekarang setelah menikah dia menyesal karena kebutuhan bayi yang ada dalam kandungan semakin banyak dan perlu proteksi juga untuk persiapan kelahiran. Bisa saja harus diambil penanganan cesar karena dia pernah mengalami tumor. Saya jadi mulai was-was.

Saya pun mengiyakan pendapatnya bahwa saya memang kesulitan untuk menyimpan uang dalam bentuk tabungan karena sering tergoda beli buku. Fufufu. Maklum ya, saya kalo lihat buku suka kalap. Meski sekarang sudah tidak seekstrim dulu. Sekarang saya udah bisa nabung kok, demi masa depan. Kalo kata ibu kali aja bisa buat bikin rumah atau jalan-jalan ke tempat impian. Ealah, bikin rumah itu emang habisin dana banget yak. *inget rumah Slawi yang lagi direnovasi sama bapak tapi belum kelar-kelar, huhu*

Menabung : solusi untuk masalah finansial (credit)

Kebutuhan Dana Simpanan untuk Masa Depan


Well, balik lagi ke teman saya itu. Dia menyarankan untuk menyimpan dana dalam bentuk emas atau logam mulia. Bisa dalam bentuk gram maupun batangan. Nah, yang saya bingungkan jika setiap penyimpanan emas ini hanya bisa digunakan untuk jenis dana yang tidak bergerak. Artinya hanya bisa disimpan untuk kemudian suatu saat dipakai entah kapan dalam kondisi terdesak. Mengingat emas memang lebih aman dan tahan banting dari tekanan inflasi setiap tahun, pilihan ini sepertinya jauh lebih menarik. Tapi saya ada rencana juga buat buka tabungan lain khusus untuk dana yang tidak boleh diambil.

Saat saya membuka tabungan di Bank Mandiri untuk penyimpanan tabungan, seorang mbak yang ada di bagian CS juga menyarankan pada saya untuk membuka anak tabungan di Mandiri. Tabungan Mandiri yang saya buka bisa dipisah menjadi dua tabungan yaitu tabungan yang biasa dengan satu lagi tabungan berupa deposito berjangka. Minimal jumlah batas waktu deposito yang diambil bisa dalam waktu 12 bulan atau 1 tahun. Dalam waktu 1 tahun, dana yang ditarik dari tabungan utama akan disesuaikan penarikannya sejumlah yang disetujui dalam proses pembuatan tabungan deposito. Saya masih hitung-hitung soal dana minimal yang bakal disetorkan per bulan ini karena ada berbagai pertimbangan lain.

Cermati.com: Pilihan Tepat Memilih Produk untuk Masalah Finansial

Masalah finansial memang sering melanda orang yang belum bisa mengatur keuangannya dengan lebih bijak. Namun seiring waktu toh nanti juga saya dan teman saya tersebut akan belajar banyak bahwa suatu saat kami harus mulai membenahi urusan finansial ini. Saat saya melihat cermati.com, sebuah website finansial, saya mulai melihat-lihat apa saja produk yang ditawarkan cermati.com. Website ini memberikan pemahaman baru bagi saya seputar dunia keuangan mulai dari tabungan, deposito, kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), maupun kredit mobil. Saya bisa mulai belajar banyak tentang finansial.

Simulasi deposito Bank Mandiri di Cermati.com

Membandingkan beberapa produk deposito di cermati.com

Untuk yang tertarik mencoba produk di Cermati.com bisa klik produk yang dibutuhkan. Lalu bandingkan produk satu sama lain. Asyiknya di cermati.com saya tidak perlu mencari informasi yang banyak karena di sini disediakan informasi produk antar bank. Saat produk dipilih misal deposito, saya tinggal mengklik produk dan akan mendapatkan penjelasan detail tentang produk tersebut. Ada simulasi bunga juga untuk setiap pengambilan produk.

Misal: di Cermati.com pada bagian produk dari Bank Mandiri. Ada jenis-jenis tabungan seperti tabungan bisnis dan tabungan biasa. Untuk deposito di Cermati.com juga disediakan penawaran deposito untuk setoran awal 10 juta. Deposito ini dikenai bunga 5 % untuk tenor 12 bulan, tanpa biaya administrasi. Penarikan dana dan penarikan bunga deposito hanya bisa dilakukan pada saat jatuh tempo. Ada juga kebijakan untuk Automatic Roll Over untuk produk deposito ini. Cermati.com memudahkan saya untuk memilih produk deposito yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, apa kamu tertarik untuk mencoba simulasinya juga, teman? ;)

25 comments:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Banyak banget yang lagi review website ini, lagi ada lombanya ya?
    Macam-macam juga fungsi websitenya.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak jenis produknya. Bukan lomba, kak :D

      Delete
  2. YUK DICERMATI LAGI DUITNYA HEHE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya, mba. Biar bisa nabung buat persiapan masa depan *tsah* :D

      Delete
  3. harus belajar bagaimana memilih produk keuangan yang baik ya

    ReplyDelete
  4. sedang pilih-pilih produk keuangan nih dakuw Ila...mau giat nabung hihihi semangat...

    ReplyDelete
  5. Udh lm gk mampir di blog mbk ila.... Sekarang ini lagi marak tabungan berjangka yg berhadiah atau terencana.. mungkin bisa jadi solusi.. krn sy sendiri sdh mencoba memisahkan rekening tabungan masa depan dgn transaksi tetap aja susah.. :p

    ReplyDelete
  6. wah,boleh juga nih infonya,jadi semakin melek finansial ya mbk

    ReplyDelete
  7. Asyik, Kak Ila juga review cermati. :)

    ReplyDelete
  8. Iya Ky, bikin tabungan uang iya, nabung pake emas juga iya. Insya Allah nggak rugi, kok :)

    ReplyDelete
  9. Saya sdh buka cermati.com dan ternyata cermati memudahkan kita untuk melihat dan memilih produk keuangan yang diminati ya mak...

    ReplyDelete
  10. Waaaah....nabung LM nanti jdi juragan emas ya, Mbak. :D

    ReplyDelete
  11. Harigini kudu rajin menabung tapi dengan cara yang praktis sekaligus investasi.

    ReplyDelete
  12. wah bagus juga nih kayaknya cermati[dot]com.

    ReplyDelete
  13. Gak perlu keluar masuk ke bank ya Mbak :)

    ReplyDelete
  14. Masalah finansial kudu cermat demi masa depan yang menanti :D
    http://braveandbehave.blogspot.com/2015/06/cara-bijak-mengatasi-demam-pada-anak.html

    ReplyDelete
  15. Cermati memang ok deh sangat membantu

    ReplyDelete
  16. aku banget tuch paragraf pertamanya hwakakakak

    ReplyDelete
  17. bisa jadi bahan refrensi menangani masalah finansial maupun investasi

    ReplyDelete
  18. cermati emang mengerti akan kita2 ya..jdi terbantu deh...

    ReplyDelete
  19. Iya, kita emang perlu memisahkan tabungan jangka panjang dengan pengambilan waktu tertentu biar gak gali lobang tutup lobang :D

    ReplyDelete
  20. Aku kemaren nyobain ini.. coba ada menu pilihan nabungnya di bank bpr...soale bunganya lebih gede *pecinta BPR

    ReplyDelete
  21. Cermati memang tepat buat yg butuh rekomendasi tabungan dllnya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)