Monday, 23 June 2014

Transformasi Disney dalam film Frozen

Transformasi Disney dalam film Frozen. Pertama kenal film Frozen buatan Disney ini dari adekku, Ayie. Selera musik dan filmku sama dia memang hampir mirip. Ya, suka yang easy listening. Btw, di antara beberapa versi lagu ost Frozen yang ternyata ada di 25 an negara, aku paling suka suara piano di lagu Let it go versi Idina Menzel. Serasa di bawa ke dunia princess. Kalo versi Demi Lovato, lebih menghentak. Versi pop rock. Jadi ga ada suara pianonya. Heuheu. 
 Elsa, Ratu Arendelle (sumber)
Ada beberapa transformasi yang dilakukan Disney di film ini. 
Mau tahu apa saja? Yuk kaji bersama : 

1. Lagu dibuat versi setiap negara. ada 25 negara. (sumber)
2. Penggunaan fraktal untuk segala yang berhubungan dengan es seperti istana es, sentuhan yang berubah jadi es, bentuk serpihan salju yang berubah di langit, dll. Ide keren nih. Jadi bisa ngenalin tentang desain-desain fraktal yang ada di dunia matematika.
3. Tokohnya ga seperti tokoh disney yang lain, kalo biasanya lebih mengacu ke bentuk wajah yang cantik menawan dan tampan mempesona, yang ini biasa aja deh. Princess-nya menurutku berbeda dengan versi film disney yang lain seperti Barbie. Ini mengindikasikan kalau Disney sudah memulai perubahan paradigma bahwa cantik dan tampan itu bukan hanya dari fisik tapi dari hati. 
4. Konfliknya beragam, mulai dari warisan, pencarian pasangan jiwa, dan menurutku lebih menyasar ke masalah keluarga. Bahwa cinta bukan hanya tentang kisah cinta dua manusia lawan jenis tapi juga cinta antar anggota keluarga. Di sini diperlihatkan saat Elsa berdamai dengan adiknya. Bahwa cinta juga bisa menyelesaikan apa pun masalah yang terjadi. 
5. Kalau dilihat dari 7 deadly sins, 7 dosa yang paling mematikan, tentu bakal jadi kelemahan yang mengerikan. Sins paling mematikan apa yang kita punya? Kita sendiri yang tahu potensi ledakannya bila terjadi. Misal seperti putri di film ini yang bisa mengubah apa pun yang disentuhnya jadi es, bila dia marah. Setiap orang pasti punya satu kelemahan yang paling fatal jika amarah sedang muncul. Di sini diperlihatkan bahwa kelemahan itu tidak akan membuat orang tersayang menjadi korban. Gimana caranya? Dengan mengontrolnya dengan cinta. Kamu sendiri yang akan tahu jawabannya. Kalau dari cerita seorang teman yang sudah menikah, katanya, suaminya yang biasa keras hati pun ketika di rumah malah jadi yang paling lembut. Berarti tergantung penempatan kapan sikap 'frontal' akan digunakan.
6. Saat putri itu melewati lautan dan mengubahnya jadi es, kenapa aku inget Nabi Musa ya. Heuheu. Serius. Seperti kisah Nabi Musa yang membelah lautan saat dikejar Firaun. Trus juga saat menambah awan untuk si boneka salju, agar es di tubuhnya tidak mencair, aku lagi-lagi inget Nabi Muhammad yang dinaungi awan. Eh, mungkin ada yang merasakan sama seperti yang aku rasakan juga? 

Apa yang sebenarnya ingin diberikan oleh Disney sebagai sebuah kebaruan dalam dunia perfilman, ternyata memang menghasilkan hasil yang bagus. Terbukti film Frozen ini menjadi film laris sepanjang sejarah Disney. Mau nonton lagunya? Liat deh di bawah ini. ;)

6 comments:

  1. Q blm lihat mbk penasaran bgt tp pas 2 mgg yg lalu plg ke batam sepupuku lihat frozen...keren juga jd smkn pgn lihat ;)

    ReplyDelete
  2. aku suka banget nih ila sampai beli dvdnya ditontonnya sering apalagu soundtracknya enak

    ReplyDelete
  3. waaaa, jadi pengen lihat filmnya u,u

    ReplyDelete
  4. Frozen ini memang keren, mbak. Tapi alurnya rada lambat di awal tapi pas pertengahan terasa tergesa-gesa, roman-romannya sih bakal dibuat sekuelnya deh tapi nggak tau juga sih :D

    ReplyDelete
  5. Aku suka aku suka aku sukaaa Frozen hehehe apalagi Let It Go nya. Adalagi, kayaknya disney juga memiliki arti lain dari cinta ya.. Cinta itu gak hanya antara pasangan saja :)

    ReplyDelete
  6. Frozen adalah proyek disney yang lebih berbeda dari biasanya. Ga heran sampai laris di berbagai belahan dunia

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)