Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Friday, 10 December 2021

Sistem Korea yang Ingin Ada di Indonesia

 

🌼Sistem Korea yang Ingin Ada di Indonesia : 🌼


🌸 Smart City 


☑️ Ide smart city sudah ada sejak dulu, namun belum banyak diterapkan di Indonesia. 


Misalnya saja saat ada bencana alam seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus atau kebakaran, kita bisa mendapatkan notifikasi dari pemerintah secara otomatis ke smartphone kita. 


Dengan begitu, kita tahu jarak titik bencana dengan tempat kita berada tanpa harus searching dulu di socmed/web karena semua informasi bencana alam terintegrasi dengan smartphone kita. 


Smart city di Korea


☑️ Pengin banget ide smart city gini bisa diterapkan di Indonesia karena jarang ada info sepenting itu bisa didapat semua lapisan masyarakat secara merata. Ini demi meminimalkan korban jika (amit-amit) ada bencana lagi di sekitar kita.


Bahkan, waktu di Tegal ada bencana kebakaran saja saya harus nanya ke orang sekitar untuk tahu apa yang terjadi di pelabuhan. Orang-orang di pasar nggak tahu kalau di pelabuhan sedang ada pemadaman 15 kapal yang kebakaran pagi itu. Kan serem ya? Untung tempatnya agak jauh, meski jaraknya 1 km an. 😥


🌸 Sistem agensi perbukuan


☑️ Penulis di Indonesia masih harus belajar banyak dari penulis luar negeri. Banyak support yang didapat penulis luar dari agensi yang bekerjasama dengan mereka. 


Misalnya : promosi buku, pengembangan ide cerita, bantuan riset konten buku, bantuan untuk cari list sponsorship jika konten buku tersebut bisa lebih dikembangkan jadi skala yang lebih besar, dan juga nego-nego untuk copyright dengan penerbit luar negeri. 


Sayangnya, di Indonesia sistem agensi belum banyak menaungi penulis. Jadi banyak penulis yang lebih sering bekerja sendiri dan belum bisa memaksimalkan penghasilan dari tulisan yang dibuatnya. 


☑️ Di Korea, penulis kadang mendapat support dari idol grup yang sering promosi judul-judul buku yang mereka sukai. 


Bahkan ada scene- scene adegan drakor yang kadang menampilkan tokoh yang sedang membaca buku. Ini bikin penonton drakor jadi tertarik dengan judul buku yang dibaca tokoh dalam drama tersebut. 


🌼 Jadi, mana sistem di Korea yang menarik untuk direalisasikan di Indonesia?


#SahabatKorea2021 #SK21 #SK2021


1 comment:

  1. Gak hanya makan ternyata juga perihal ini, mantep, terima kasih informasinya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)