Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Friday, 11 June 2021

Review Film Korea Seobok : Memaknai Kematian dari Manusia Kloningan - Park Bo-gum

 

Park bogum - seobox

Review Film Korea Seobok : Memaknai Kematian dari Manusia Kloningan - Park Bo-gum

 

Hai man-teman, gimana kabarnya? Moga sehat selalu ya. Saya udah lama nggak ngereview film Korea nih. Kali ini saya akan bahas film Korea berjudul Seobok. Film Seobok ini bergenre fiksi ilmiah garapan sutradara Lee Yong-ju yang menceritakan tentang keberadaan artificial intelligence di tengah-tengah manusia. Yuk kita bahas dulu sinopsisnya ya!

 

Sinopsis Film Seobok - Park Bo-gum:


Seobok berkisah tentang Ki Heon (Gong Yoo), mantan agen intelijen yang sakit parah, diberi tugas untuk mengangkut Seo Bok (Park Bo-gum) dengan aman, yang merupakan klon manusia pertama. Karena klon memegang rahasia keabadian, semua orang berusaha untuk mendapatkannya.

 

Review Film Seobok - Park Bo-gum :

Sebuah perusahaan teknologi berhasil mengembangkan kloning manusia pertama di dunia. Seo Bok lahir dari hasil persilangan antara sel-sel manusia dengan rekayasa genetika. Hal inilah yang membuat Seo Bok dianggap manusia yang istimewa. Ia bisa memiliki kekuatan yang tak terbatas bahkan bisa menghentikan kematian.

Seobok pun berkenalan dengan Ki Heon (Gong Yoo) , ia akan mengantarkan seobok menuju tempat yang sudah ditentukan. Sayangnya, dalam perjalanan ia diserang oleh orang-orang yang menginginkan Seobok, sang manusia kloningan itu. 


Demi melindungi Seobok, Ki Heon pun mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan Seobok, meskipun dirinya sendiri harus bertahan dari serangan kanker otak yang dideritanya.

Sedangkan, si kakek pemilik perusahaan teknologi itu tidak mau manusia kloningan hasil buatan perusahaannya jatuh ke tangan orang lain. Itu sebabnya, banyak orang saling menyerang satu sama lain demi mendapatkan Seobok yang mampu menghentikan kematian. 


Dapatkah Seobok melindungi rahasia kematian yang disimpannya dalam DNA tubuhnya?

 

Seobox movie - gongyoo dan park bogum

***

Menurut saya, film Seobok ini merupakan film fiksi ilmiah yang sangat seru dan menegangkan. Film Seobok ini juga penuh dengan efek CGI yang bikin saya bergidik ngeri. 


Saya jadi ngebayangin, apa tabrakan truk dengan orang-orangnya juga asli ya?😱 Trus itu kejadian pas mobilnya ditenggelamkan di laut apa asli juga? 😱Wih, gila sih kalo asli kejadiannya. Sayang banget mobilnya harus dirusak juga. Huhu 

 

Btw... saya mau bahas soal manusia kloningan ya. Saya pernah membaca tentang kloningan hewan di tahun 2001-2002 an, saat itu saya dapet tugas sekolah untuk mencari kliping majalah dan koran tentang tema yang ditentukan, dan ketemulah cerita di majalah intisari tentang teknologi kloningan -yang kalau nggak salah- udah diujicobakan pada hewan.

 

Bahasan tentang teknologi kloningan itu ternyata udah ada dari dulu, sekitar 1990-2000 an berarti udah lama banget dong ya? Udah sekitar 20 tahunan. Wow! Jadi kalau tema ini dibahas lagi sekarang sebetulnya udah nggak asing lagi. 😱😨

 

Well ya... Lagipula, di kalangan ilmuwan hal ini memang benar adanya. Mereka mengembangkan kloningan demi masa depan manusia, entah masa depan yang kayak gimana ya. Kasak kusuk soal kloningan ini masih jadi bahasan yang menarik. Bahkan dulu bahasan bayi tabung saja serasa bikin saya takjub, masa iya sih bisa bikin bayi tabung. Tapi setelah 20 tahunan ternyata teknologi itu bisa berhasil menghasilkan bayi tabung bagi orang-orang yang ingin punya anak tapi susah hamil.

 

Ya, sekarang teknologi kedokteran memang makin canggih. Tapi, bagaimana jika manusia kloningan benar-benar ada nanti, entah 20-50 tahun lagi? Jujur, saya nggak bisa membayangkannya. Jangan-jangan nanti manusia sudah tidak perlu lagi menikah karena sudah bisa menghasilkan anak dengan DNA terbaik lewat kloningan ini. Wew, serem juga ya. 😭

 

Di film Seobok ini, teknologi kloningan Seobok itu dikembangkan lewat DNA manusia contohnya yaitu Dr. LIM, si dokter cewe yang merupakan dokter spesialis di tim tersebut. Dokter itu pengin banget mewujudkan keinginannya menghidupkan anaknya lewat teknologi manusia kloningan. Alasannya karena anak dan suaminya meninggal saat kecelakaan. Jadi, dia bikin manusia kloningan yang menyerupai anaknya.

 

Film seobox
Ni anak sampe nyasar di toko kelontong gara-gara kelaperan pengin makan 😂

DNA kloningan ini diambil dari sample seperti kuku kaki, dan sumsum tulang belakang. Wow, serem banget sih pas lihat adegan sum-sum tulangnya disedot darahnya sedikit demi sedikit. Saya yang lihat aja merinding.


“Kami akan mengumpulkan sum-sum tulang Seobok dan mengekstrak sel IPS. Jika mengumpulkan 40ml per hari, kami akan mendapat satu liter dalam sebulan.”

 

Lalu, saat Ki-Heon mempertanyakan pada teman dokternya tentang kekejaman yang akan terjadi pada Seobok, dia mendapat jawaban yang mencengangkan.

“Bukankah itu kejam?”

“Kejam? Ini seperti mengumpulkan insulin dari seekor babi. Seobok bukanlah manusia. Kamu tahu itu.”

 

Yang bikin saya makin bergidik ngeri adalah saat Dr. Lim mati, lalu rekan tim dokternya malah menunjukkan jasad dokter cewe itu ke Ki-Heon. Dia bilang, “Kami mengawetkan tubuhnya. Dia satu-satunya manusia yang memiliki DNA Seobok.”

 

Astagaaa, ga bisa berkata-kata dah! Ngeri banget!

 

Teknologi kloningan ini memang begitu mengerikan dan membuat manusia menjadi serakah. Bahkan bisa saling serang satu sama lain demi mendapatkan apa yang mereka mau.

 

Park bogum actor korea tampan
Merinding euy lihat ending filmnya 😱

Yang bikin saya trenyuh pas bagian Seobok bilang bahwa ia ingin merasakan menjadi sesuatu.


“Aku ingin jadi sesuatu. Sesuatu yang berarti bagi seseorang.”

 

Dia pernah bertanya apakah ia bisa menjadi sesuatu seperti dokter Lim yang menjadi dokter. Tapi si dokter malah menangis denger itu.

 

Salah satu quote yang bikin saya pegin mewek pas denger ini nih,

 

“Tidak peduli betapa takutnya dirimu, kau tidak akan pernah bisa melarikan diri.”

 

Ya, pada akhirnya meski manusia takut dengan kematian, kematian akan tetap datang dalam wujud paling nyata dan menakutkan. Meskipun kita sudah tahu pun, kita tak akan bisa menyangka kematian seperti apa yang akan kita temui.

 

Overall,  film Korea Seobok ini bagus banget. Pesannya dapet banget nih, tentang arti setia kawan, kematian, dan arti hidup yang sebenarnya. Ratingnya 8,5/10 bintang dari saya untuk film Seobok ini. ;)

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)