Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 23 September 2020

Review Film Korea Detective K - Secret of the Living Dead (Detektif K - Rahasia si Mayat Hidup)

review film korea detective k - secret of the living dead


[Review Film] Film Korea Detective K Secret of the Living Dead merupakan film Korea series dari detektif K. Film ini merupakan film ketiga Seri Detective K yang dimainkan oleh pemainnya yaitu Kim Myung-nin dan Oh Dal-su. 

Film Detective K - Secret of The Living Dead ini telah tayang di bioskop Korea tahun 2018. Bintang tamu kali ini adalah aktris Kim Ji Won dan actor Lee Min Ki yang merupakan artis yang sudah kita kenal selama ini di drama Korea favorit. 


Review Film Korea Detective K - Secret of The Living Dead 



Kalau kamu nonton drama Korea Descendant of The Sun, kamu bakal tahu Kim Ji Won yang main sebagai tentara cewek dan Lee Min-Ki yang main di drama Korea Because This is My First Life.


Nah kali ini film Detective K bakalan seru banget, karena akan bahas tentang fenomena vampir di zaman kerajaan Joseon. Gimana ceritanya? Simak ya! 😉


Kisah di Monster Penghisap Darah di Zaman Kerajaan Joseon


Tahun 1789, monster penghisap darah muncul dan mendatangkan malapetaka di kerajaan Joseon ini. Ini adalah kisah tentang monster itu. Dia menghisap darah manusia dan bisa terbang. Dia sangat kuat dan bila terluka akan sembuh sendiri. Rahasia satu-satunya cara untuk membunuh monster itu adalah dengan membakarnya. Hidup dengan darah, mati dengan api. Darah memberinya kehidupan, api akan membunuhnya.


Suatu hari, Detective K mendapat kasus di mana ada seorang laki-laki tua yang hobi membunuh orang dengan dalih vampir. Setelah ditelusuri ternyata ia mengambil darah orang untuk  mengisi kekurangan darah anaknya yang sakit parah. Zaman dulu memang belum ada donor darah, jadi orang yang butuh darah tidak bisa mendapat pertolongan. 

"Meskipun kamu melakukannya untuk menyelamatkan anakmu, kamu tidak berbeda dengan para vampire. Apakah kamu masih bisa hidup tenang setelah membunuh orang?"


Seorang lelaki bernama Hong Tae Moon terkapar dengan bekas 2 gigitan di lehernya. Sebuah panah api melesat mengenai jasadnya. Ia meninggal, namun mayatnya tidak ditemukan sama sekali. Karena jasad itu langsung hilang saat terbakar. Hanya ada bekas tanah terbakar membentuk pola orang meringkuk dan anak panah besi bertuliskan huruf aneh yang ditemukan di TKP. 

Lalu, pak Kim, si Detective K itu menemukan sebuah laporan. Pada tahun 1742, ada laporan yang dibuat tentang sarjana Choi dan asistennya. Asisten itu melihat cahaya misterius, lalu Tuan Choi lenyap tanpa jejak. Selain itu, ada wabah aneh yang terjadi tahun lalu ketika banyak orang meninggal secara mendadak. Banyak yang mengaitkannya dengan isu vampir. 

"Dunia ini penuh dengan kejadian aneh yang luar biasa. Apa masih tidak masuk akal jika ada vampir?"


Lalu, ada seorang perempuan datang meminta tolong untuk melakukan penyelidikan karena ada kejadian aneh yang berhubungan dengan mayat yang hilang secara misterius. Siapa perempuan itu? Kenapa ia khawatir dengan kasus kematian ini?

"30 tahun lalu, kapal orang barat yang menuju China kandas di Joseon. Ada catatan penampakan vampir di sana saat itu." 
Jadi, apakah benar ada penampakan vampir yang hidup kembali karena darah yang mengalir dalam tubuhnya? Apa hubungannya kasus mayat hidup dengan kapal kandas itu? Lalu, siapa yang ada di balik penyerangan-penyerangan orang itu? 




❤️❤️❤️

Penelusuran Kasus Pemberontakan di Festival Bulan Purnama, Pulau Ganghwa



PM Kim Shin, perdana menteri yang culas dan tamak. Ia dikenal dapat mempengaruhi keputusan raja dalam setiap kebijakan untuk rakyat. Kim Shin dikenal sebagai perdana menteri yang sangat disegani sekaligus ditakuti. 

Tahun ini, akan diadakan Festival bulan purnama di Pulang Ganghwa. Pulau ini jauh dari pusat kota, namun dulunya di sini pernah berlangsung festival yang sama. Namun ada kejadian yang membuat catatan sejarah yaitu pemberontakan yang melibatkan keluarga Jeong. Keluarga Jeong dituduh meracuni putra mahkota, lalu berkhianat sehingga putra mahkota dan ratu pun meninggal. Catatan sejarah ini membuat seluruh negeri berduka. 

Saat itu, Raja Joseon yang sedang berkuasa mengatakan pada para menterinya tentang ide yang ingin ia wujudkan kelak. Raja meminta untuk memudahkan perihal upeti dari rakyat untuk kerajaan berupa upeti beras saja. Bukan uang ataupun tanah. 


"Beras sekarang satu-satunya upeti dan bangsawan juga harus membayar upeti."


Lalu ide itu ditentang oleh perdana menteri yang menjabat saat itu. 

"Jika bangsawan membayar sama seperti petani, apa yang membuat mereka berbeda, Yang Mulia? Ini akan merusak kelas sosial dan merusak pondasi sosial di Joseon, Yang Mulia."

Akhirnya muncullah kelompok yang tidak ingin hal itu terjadi. Sehingga mereka membuat makar. Seseorang meracuni Putera Mahkota lalu membakar balaikota Ganghwa. Seluruh orang yang ada di sana dibunuh. 

Jeong In Kyu (Lee Min Ki) yang tahu keluarga putera mahkota dalam bahaya bersedia untuk mengorbankan nyawanya demi menolong ratu dan anaknya. Namun, ia dituduh sebagai orang yang akan melakukan pengkhianatan pada raja. Akhirnya, ia pun mengajak ratu dan anaknya untuk melarikan diri.


Karena terjebak situasi yang chaos, Jeong In Kyu salah bersembunyi di sebuah kapal tua China. Padahal katanya di kapal ini pernah terlihat penampakan vampir. Ternyata, hal itu benar terjadi. 

Ada Vampir yang langsung agresif menggigit Jeong In Kyu dan Ratu. Lalu, Ratu berusaha keluar menggendong anaknya untuk menyelamatkan diri. Namun, Ratu terluka dan hanya tinggal menunggu waktu ia akan berubah menjadi vampir yang haus darah.

actor film korea - lee min ki



❤️❤️❤️

Teror di Kerajaan oleh Si Vampir Penghisap Darah 


Ada yang bilang, ada seseorang yang terbakar sampai mati oleh api yang tidak terlihat. Ia mati tapi tidak benar-benar mati.  Jadi, orang itu hilang secara misterius karena jasadnya tidak ditemukan saat dievakuasi. Saat dicek di lokasi kejadian, hanya terlihat bekas terbakar dan terukir sebuah huruf kuno pada ujung anak panah yang tersisa.

Bagi detective K, kasus ini unik karena mayatnya tidak ada, namun kata kunci dari kasus ini yaitu anak panah ini menimbulkan tanda tanya besar. Huruf kuno di anak panah ini membawa clue siapa yang akan terbunuh nanti di pembunuhan berikutnya.

Detective K bersama asistennya pun menelusuri kasus itu hingga ia menemukan beberapa korban lain yang bernasib sama yaitu hilang secara misterius sejak terkena anak panah api. Selain itu, ada orang yang mengaitkan kasus vampir itu dengan kasus pemberontakan keluarga Jeong saat terjadi kekacauan di Balaikota Ganghwa 30 tahun lalu. Dulu terjadi pemberontakan yang melibatkan seorang pejabat. Dan anak pejabat itulah yang katanya dijadikan dalang pembunuhan putra mahkota.

Tak disangka, kasus itu baru terbongkar sekarang. Putra mahkota tidak dibunuh orang itu, melainkan oleh pejabat yang tidak menyukainya. Keluarga putra mahkota yaitu ibu dan anak melarikan diri, namun dikejar hingga ke sebuah tempat para vampir bersembunyi.

Saat itu, si Jeong In Kyu lah yang tiba-tiba berubah menjadi vampir, lalu Ratu kabur dengan membawa putranya di gendongan. Sampai ratu berlari untuk menyelamatkan dirinya hingga di semak-semak pohon. Baru di sinilah saya tahu bahwa siapa sebenarnya lelaki yang memberi bungkusan berisi tulisan tentang huruf kuno di bekas makam ratu. Ternyata dia adalah.... ah, menyebalkan sekali film ini. Padahal film horor tapi ya bikin mewek gara-gara adegan si ratu dengan orang itu saat memberikan buntalan kecil teringat lagi.

Jadi, si pemberi buntalan kecil ini ternyata adalah anak sang ratu. Dia jadi seorang biksu dan berusaha membalas dendam dan membangkitkan mayat ibunya dengan darahnya sendiri. Malangnya, ia tidak bisa menunjukkan siapa pembunuh putra mahkota dan keluarganya. Itu sebabnya, ia memberi secarik kertas berisi huruf-huruf kuno dan kata sandi yang harus dipecahkan.

detective k secret of the living dead



Si mayat hidup memang bisa tetap hidup, tapi saat siang hari, dia tidak bisa terlalu lama di bawah cahaya matahari langsung. Tapi anehnya, sang ratu yang juga sudah menjadi mayat hidup malah tetap bisa merasakan cahaya matahari. Padahal kalau vampir asli kan nggak bisa kena matahari sedikit aja. Lalu, si ratu yang sebenarnya mayat hidup ini tidak makan dan mandi. Selain itu, wajahnya juga tidak berkeringat. Lebih anehnya lagi, dia kena amnesia. Dia nggak tahu siapa dirinya, siapa juga nggak tahu nama dia yang sebenarnya.

Si detective K, pak Kim malah jatuh cinta dengan sang ratu yang amnesia. Dia nggak ingat siapa dirinya, dan itu justru dimanfaatkan untuk tepe-tepe ama ratu. Haha. Asli, saya sebel banget sama detective ini. Dia nih mata keranjang banget ya. Wakakak. Sampe bisa-bisanya dia malah jatuh cinta betulan sama si ratu. Asem ye. :)) Sialnya, dia selalu diam kalau ada yang bikin dia jatuh cinta. Scene-scene film horor ini berubah komedi dan kocak gara-gara dia suka bertingkah aneh sama orang yang ditolongnya. Aneh bener deh nih detective K. :p

Si Detective K emang masih jomblo, itu gara-gara bapaknya yang pejabat Kim itu suka banget ngatur hidupnya. Bahkan dia nggak bisa nikah dengan mudah gara-gara bapaknya hobi ngatur urusannya. Wkwk. Nasib jomblo ya. Ngenes banget. Haha

amnesia - detective k




❤️❤️❤️

Sejujurnya, ada banyak pertanyaan tentang kenapa zaman kerajaan Joseon ini merupakan era di mana banyak raja dan pejabat yang saling bersebrangan. Banyak film Korea dan Drama Korea yang berhubungan dengan era Joseon. Kalau di film korea Detective K - Secret of The Living Dead ini ceritanya si Raja nggak mau tanah-tanah yang diambil sama pejabat tuh buat mereka. Penginnya ya tanah itu dibalikin ke rakyat. Karena seharusnya raja dan para pejabat hanyalah pelayan rakyat, bukan pemilik kekayaan sebuah kerajaan.

Keliatan kan di dialog ini gimana karakter Raja Joseon saat itu. Dia nggak mau menjadi pemilih sebuah negeri, karena ia mau rakyatnya tidak dibebani dengan peraturan yang memberatkan, seperti masalah pajak dan aturan kepemilikan tanah di Joseon. 


"Joseon adalah milik yang mulia dan anda, Pangeran."

"Seorang raja seharusnya bukan pemilik sebuah negeri. Harusnya milik seluruh rakyat. Joseon bukan milik orang sekarang. Mereka harus bekerja untuk orang-orang yang memerintah mereka. Mereka membuat kelompok dan berjuang untuk menjaga apa yang menjadi milik mereka. Mereka mencoba mengendalikan Raja dan mengasingkan orang lain. Mereka menuduh lawan mereka sebagai penghianat. Mereka adalah orang-orang yang memiliki Joseon. Saat aku menjadi raja, aku akan membawa Joseon menjauh dari mereka dan mengembalikannya kepada rakyat."


"Orang-orang menangis. Pemimpin mereka hanya terus berbicara. Joseon tidak membutuhkan orang yang hanya berbicara untuk rakyat. Kita membutuhkan orang yang mau mendengarkan tangisan mereka. Aku ingin membuat warga sipil tidak menderita kelaparan dan sakit."


❤️❤️❤️

Quotes Film Korea Detective K - Secret of The Living Dead

Ada beberapa quote dari film korea Detective K seri Secret of The Living Dead yang saya suka. Nah ini dia list quotes movienya : 

"Kebenaran akan membunuhmu hidup-hidup"

"Kau memanggilku monster! Setelah tahu kejahatan yang ayahmu lakukan, beraninya kau memanggilku monster?"

"Kita hanyalah monster yang haus darah manusia. Lagipula kita telah membalaskan dendam. Kita hanya bisa hidup dengan darah orang-orang yang tidak bersalah. Sudah cukup. Inilah saatnya untuk pergi."


Jadi si mayat hidupnya hanya bisa hidup dari darah orang yang memang jahat. Kalau minum darah orang yang tidak bersalah ya mereka nggak akan ngefek. heuheu


❤️❤️❤️

Ending Film Korea Detective K - Secret of The Living Dead 

Endingnya bikin saya terpana sekaligus ngeri sih. Soalnya si mayat hidup terbakar karena api, tapi dia juga punya amarah yang besar dengan keluarga pembunuh yang membuat ia dulu mati. Jadi dendamnya sangat membara karena dia tahu telah dikhianati oleh sahabatnya sendiri. Sedih banget nonton film ini. :(




"Tiga puluh tahun lalu Kim Shin meracuni putra mahkota dan mencegah keluarga Jiong. Oleh karena itu seluruh aset dan pelayannya disita. Meski anaknya mengungkapkan segalanya, Kim Min juga harus dipenggal sesuai peraturan hukum."

Apakah film ini sudah selesai dengan dipenggalnya Kim Min? Oooh, tentu tidaak. Haha. Soalnya ada banyak kejutan lainnya setelah itu. Saya masih nungguin nih film kelanjutannya. Semoga aja Film Detective K 4 segera tayang di bioskop. Keknya bakalan nunggu 2 atau 3 tahunan. Harusnya sih tahun ini udah tayang ya. Berhubung ada virus Corona mungkin rencana produksi film Korea Detective K-nya akan mundur. Hiks. Semoga segera ada kabar baik.

Nah, selamat menonton ya! Gimana kesan kamu tentang film korea Detective K The Secret of Walking Dead ini? Nggak serem kan? Hahaha. 😛 santai, vampirnya ganteng gini kok. Wkwk. Nah see you next post 😉

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)