Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 27 April 2020

Inilah 3 Tips Betah di Rumah Ala Introvert



Inilah 3 Tips Betah di Rumah Ala Introvert


Hallo man-teman, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Kali ini aku mau bahas tema untuk Ramadhan Challenge Blogger Perempuan yaitu Tips Betah di Rumah. Yaps, siapa nih yang udah nggak betah di rumah? Haha. Maunya ngukur jalan ya. Yaaa, samaaaaa. Wkwk.:p

Aku seorang introvert yang tergolong jarang keluar rumah, tapi di masa pandemi virus corona ini, aku ngrasain banget betapa membosankannya di rumah saja. Iya, wajar kok bosen itu. Tapi kita kan harus tetap di rumah aja selama masa PSBB. Jadi, gimana dong tipsnya biar betah di rumah? Yuk simak yaa!







1.       Membuat jadwal harian


Yaps, biar nggak bosen di rumah. Coba deh setiap hari  saat pertama kali membuka mata, kamu mulai merancang jadwal harian. Apa saja yang akan kamu lakukan dalam sehari itu. Ditulis dengan rinci ya, biar kamu nggak menyia-nyiakan waktu yang dimiliki. Sayang kan kalau waktu 24 jam terbuang percuma karena kamu kebanyakan galau yang nggak penting. Nah, jadwal harian ini ditulis terperinci ya. Per jamnya kamu bakalan ngapain aja. Jadi kamu bisa tetap produktif di rumah.

Misal :

Jam 3-5 : Sahur, sholat
Jam 5-6 : Mandi, beberes kamar, kadang kalo masih ngantuk tidur lagi juga. haha
Jam 7-8 : Nyuci baju, nyapu halaman, ngasih makan kucing.
Jam 8-9 : Nonton youtube/podcast yang inspiratif (Misal : Channel 1 persen, Nihongo Mantappu, Talk To Me In Korean, dll)
Jam 9-11 : Baca buku yang masuk reading list
Jam 11-12 : Menulis postingan blog
Jam 12 – 13 : Sholat, ngaji, Istirahat
Jam 13-15 : Tidur siang
Jam 15-16 : Sholat, ngaji
Jam 16-17 : Nonton youtube Korean Reomit dan video lainnya
Jam 17-18 : Nyiapin buka, belanja bahan masakan/makanan yang udah jadi
Jam 18-19 : Berbuka puasa, sholat, ngaji
Jam 19-20 : Tarawih
Jam 20-23 : Free time (nulis blog, scroll timeline twitter, nyari meme/guyonan yang lucu, baca buku, nonton drakor, terjemahin buku bahasa inggris, atau belajar bahasa Korea dan Jepang)
Jam 23-24 : Siap-siap tidur

 2.       Menyenangkan diri sendiri


Ada banyak hal yang bisa aku lakukan agar betah di rumah. Salah satunya adalah menyenangkan diri sendiri. Karena aku senang musik, aku pun mencari musik yang aku sukai di youtube. Streaming lagu itu. Sesekali aku menonton film atau drama korea agar aku tidak merasa bosan.

Saat ini aku sedang menonton The World of The Married dan Itaewon Class. Ya, untuk film aku menonton a taxi driver, cerita tentang sopir taxi yang membantu seorang jurnalis asing meliput demonstrasi di Korea yang mengubah sejarah Korea Selatan hingga bisa menjadi negara yang maju seperti sekarang.

Menyenangkan diri sendiri sangat penting karena kita tidak bisa menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain. Kalau kita bahagia, dunia di luar sana yang carut marut tidak akan terlalu mempengaruhi moodmu. Ya, paling tidak bisa mengurangi rasa bosan atau mood swing yang kadang timbul tenggelam di musim pandemi virus corona seperti saat ini.

3.        Membaca Buku Bermutu


Aku senang membaca buku. Beberapa bacaanku masih tertimbun di rak. Aku sering membeli buku murah dan itu membuat deretan judul buku semakin menggunung. Aku merasa ini saatnya untuk membaca buku-buku yang sudah kubeli baik ebook maupun buku fisik. Ya, kalau bukan sekarang, kapan lagi, kan?

Waktu yang kumiliki bisa dihabiskan untuk membaca buku jika senggang. Selain itu, aku mendapatkan manfaat dengan memperoleh ilmu pengetahuan dan hiburan dari buku-buku yang kubaca.

Nah, kalau kamu bagaimana cara agar tidak bosan di rumah? Share dong tips betah di rumah ala kamu di kolom komentar. See you next post ya! ;)


1 comment:

  1. Entah kenapa di medsos banyak banget orang yang mengaku dirinya introvert.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)