Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 11 February 2020

Inilah 4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Rumah yang Rapi dan Bersih

Inilah 4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Rumah yang Rapi dan Bersih
Menjaga kebersihan rumah merupakan hal yang sebenarnya adalah susah-susah gampang. Kita tinggal merapikan apa yang harus dibersihkan. Untuk membersihkan rumah sebenarnya tidak memerlukan waktu yang banyak, hanya butuh ketekunan dan niat untuk melakukanya setiap hari.

Nah, untuk menciptakan rumah yang bersih, kamu harus mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan baik. Pada akhirnya, kamu akan menjadi terbiasa dan rutin melakukan hal tersebut. Karena sudah terbiasa melakukannya setiap hari, nanti kamu tidak akan merasa terbebani. Disini saya akan memberikan beberapa kebiasaan untuk menjaga rumahmu tetap bersih dan rapi, semakin kamu sering melakukan hal ini maka ke depannya akan semakin mudah.


Pic by ig @chameleon.home


Jika kamu tidak bisa langsung melakukan semua tips dibawah ini, kamu bisa mencobanya dengan mempraktikkan tips di bawah ini sesuai dengan kemampuanmu. Simak tipsnya ya!

Tips Membuat Rumah Rapi dan Bersih untuk Keluarga Millennial :


1. Mulailah dengan merapikan tempat tidur

Saya tahu beberapa orang berpikir bahwa merapihkan tempat tidur adalah kegiatan yang hanya membuang-buang waktu saja, tetapi itu benar-benar kebiasaan yang akan membuat perbedaan besar dalam cara merapikan ruangan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Rapikan sprei tempat tidur saat kamu bangun tidur, lipat selimut dan tata bantal. Cukup mudah bukan? Selain itu dengan merapikan tempat tidur di pagi hari, saat kamu pulang dari pekerjaan atau sekolah kalian akan melihat tempat tidur yang rapi dan nyaman dan membuat perasaan menjadi lebih senang.


Kamar anak (pic by ig @bundaiken)

2. Jangan menumpuk pakaian kotor

Mencuci pakaian kotor memang sebenarnya tergantung pada pemakaian pribadi, tetapi alangkah baiknya kamu tidak menumpuk pakaian kotor. Kamu bisa mencuci pakaian kotor 2 atau 3 hari sekali agar tidak terlalu menumpuk, tetapi jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci kamu bisa merendam bajumu sehingga saat kamu pulang, kamu bisa mencucinya dan mengeringkannya, dan baju bisa dijemur di pagi hari sebelum kamu melakukan aktivitas lainnya.

3. Membuat prioritas

Dalam membersihkan rumah tidak dapat semua pekerjaan dilakukan semuanya secara bersamaan. Buat daftar apa yang ingin kamu bersihkan. Prioritaskan apa yang perlu dilakukan dan apa yang bisa dilakukan nanti satu atau dua hari berikutnya. Mengingat waktu yang kamu miliki sangat terbatas, tuliskan 2 atau 3  aktivitas bersih-bersih yang bisa kamu lakukan agar kamu hanya terfokus pada prioritas itu saja.

4. Pastikan seluruh keluarga terlibat dalam membersihkan rumah

seringkali sebenarnya lebih mudah untuk hanya melakukan pekerjaan itu sendiri, tetapi menghabiskan waktu untuk mengajar anak-anak kalian untuk melakukan pekerjaan rumah sesuai dengan usianya akan membangun kebiasaan yang lebih baik dalam jangka panjang untuk kalian. mulailah dengan segala sesuatu yang lebih sederhana, seperti mengajarkan mereka untuk merapihkan pakaian mereka sendiri, mencuci piring bekas mereka sendiri, mencuci pakaian sekolah mereka, mencuci sepatu mereka sendiri dan hal-hal lainnya.
Sungguh menakjubkan betapa banyak perbedaan yang dapat dibuat dalam kerapian keseluruhan rumah jika hal-hal sederhana ini dilakukan. Untuk beberapa minggu pertama saat kamu melakukan ini, kamu mungkin harus sering membiasakan diri dengan anak-anak yang mulai ikut membereskan dan kamu mungkin harus mengingatkan mereka untuk melakukan kegiatan tersebut, tetapi seiring waktu hal ini akan mulai menjadi kebiasaan bagi mereka juga.
Itulah 4 kebiasaan yang bisa kamu latih untuk menciptakan rumah yang rapi dan juga bersih, dengan melakukan kebiasaan ini bersama anggota keluarga yang lain akan membuat rumah selalu bersih dan juga rapih sehingga kamu akan merasa nyaman. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar kamu terbiasa ya! Selamat mencoba! ;)

1 comment:

  1. makasih tipsnay, aku termasuk yg maals kaalu disuruh beberes

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)