Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Friday, 19 January 2018

Cara Menabung Tabungan Emas di Pegadaian

Cara Menabung Tabungan Emas di Pegadaian

Hallo, man-teman. Selamat hari giniiiii~ :P (kalau kamu baca pas sore anggap aja sapaan buat gantiin selamat sore ya, kalau pagi ya selamat pagi) haha. Tanggal 12 Januari lalu saya alhamdulillah akhirnya beraniin diri buat buka tabungan emas di pegadaian. Sebelumnya, ada dua temen saya yang ngomporin buat bikin tabungan emas di pegadaian, ada mba Widhie dan mba Dian Ismyama. Saya pikir ya sekaranglah waktunya buat saya  memulai buka tabungan emas. Karena setelah baca blog mba Dian ternyata caranya mudah dan banyak manfaatnya.

Kantor pegadaian di Kejambon Tegal

Saya udah lama kepikiran beli logam mulia buat investasi jangka panjang. Baru sampai tahap kepikiran doang. Aksinya belum, karena saya tipikal orang yang kalau mau ngerjain sesuatu itu mikirnya kelamaan. Muahaha. Tapi setelah baca-baca referensi, saya jadi tahu bahwa nabung logam mulia atau perhiasan itu ya baru kerasa nilai investasinya setelah 5-10 tahun ya. Karena mengikuti harga emas yang bisa tetap menjaga nilai mata uang kita. Jadi nggak tergerus arus inflasi. Trus, tabungan emas ini buat apa aja sih? Kamu bisa pakai buat kebutuhanmu misalnya : beli rumah, umroh, haji, atau tabungan pendidikan anak.

antrian tunggu di pegadaian. dikira mau gadai, padahal mau nabung wkwk

Sebenernya ada web yang jual emas juga, kayak Orori dan Whizliz, tapi kok saya lebih sreg kalau sistemnya nabung gitu, jadi saya nggak terasa berat pas setor di pegadaiannya. Kalau dulu saya sekali jajan kulineran sama adek di luar rumah bisa habis 50-100 rb. Dan ditambah belanja ini itu di mall bisa lebih dari itu dan nggak kerasa aja ngeluarin duitnya. Tahu-tahu jebret! Duit segitu habis di meja kasir. Wkwk. Makanya saya pengin berusaha ngerem hasrat belanja saya dengan mengalihkan uangnya ke tabungan emas di pegadaian ini.

Saya telat banget sih buat investasi beginian. Karena temen saya udah investasi emas mulai dari SMP. Yups, kamu nggak salah denger. Dia dari SMP udah dibiasain dari kecil kenal nilai uang dan jenis-jenis investasi. Maklum, bapaknya pegawai bank dan dia juga jadi bendahara kelas. Wkwk. Dia sering dibeliin perhiasan emas atau perak sama bapaknya, dan dikasih tahu ini loh buat tabungan masa depan kamu.

Saya dulu ngiranya emas ya gitu-gitu aja sih. Saya nggak suka emas karena emang dari dulu nganggep biasa aja. Bukan orang yang mata duitan juga. Wakakak. Salahnya saya di situ, ngangep bahwa nggak butuh duit. Dulu pernah punya anting pun ilang, nggak tahu kemana pas pindahan rumah trus benerin lemari tahu-tahu udah nggak ada. Ya, mostly karena saya kurang aware kalau emas itu bener-bener berharga.

Trus, gimana caranya buka tabungan emas?


Saya ke pegadaian terdekat di daerah Kejambon, Tegal. Setelah ambil nomor antrian, saya nunggu sampai nomor antrian saya dipanggil. Setelahnya, saya bilang sama petugasnya kalau saya mau buka tabungan emas. Saya pun diberi formulir pendaftaran untuk diisi dan ditandatangani, sekitar 6 lebih tanda tangannya apa ya. *lupa-lupa ingat*




Saya ditanya, mau isi berapa untuk setoran awal. Saya jawab xxx rb. Trus pas dikasih tahu ternyata biaya administrasi untuk pembukaan rekening tabungan emas adalah sebesar 40 rb, ditambah biaya materai 6 rb. Jadi totalnya 46 rb ya. Karena saya sekalian nabung, saat itu kurs tabungan emas di angka Rp. 602.000. Jadi satu gram emas seharga itu.

Setiap saya menabung, maka uang yang saya setorkan akan dikonversi ke dalam nominal emasnya. Saat itu setoran tabungan saya dikonversi menjadi 0,588 gram. Di sampingnya juga ada nominal uang yang disetorkan. Ya, alhamdulillah. Karena saya denger-denger harga emas itu tiap tahun pasti ada kenaikan. Kalau nggak beli sekarang ya keburu naik lagi nantinya.

buku tabungan emas pegadaian

konversi nilai mata uang ke dalam emas saat menyetorkan uang di tabungan emas pegadaian

biaya cetak emas di pegadaian mulai dari 1 gram (doc : ig @sahabatpegadaian)

Keuntungan membuka tabungan emas di pegadaian :


1.       Biaya pembukaan rekening tabungan emas di pegadaian sebesar 40 rb plus materai 6 rb
2.     Menabung emas bisa mulai dari 5 rb rupiah atau 0,01 gram saat awal pembukaan tabungan emas di pegadaian. Jadi nggak harus nabung langsung banyak ya.
3.      Gampang bikin rekeningnya, sekitar 10-15 menit (syarat bawa KTP asli, dan fotocopy)
4.   Nilai mata uang yang tertera di buku tabungan akan dikonversi menjadi emas, namun jika ingin mengambil dalam bentuk uang juga bisa. Mana suka aja, mau dalam bentuk emas atau uang. Kalau dalam bentuk emas ada minimalnya yaitu 1gram (setahu saya segini, CMIIW ya)
5.     Saat akan mencetak logam mulia akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan pegadaian saat itu. (beda gram, beda biaya cetak ya)
6.      Bisa titip jual juga di pegadaian untuk emas yang sudah dimiliki.
7.     Ada notifikasi sms ke nomor yang sudah didaftarkan saat ada transaksi yang dilakukan (seinget saya mbak-mbak samping saya bilang gitu sik)

bisa bayar BPJS juga di Kantor Pegadaian :D


Overall, menabung emas ini saya niatkan untuk menabung dalam jangka panjang. Semoga dengan begitu bisa membantu saya menabung untuk masa depan yang lebih baik. Aamiin.

Nah, ada yang minat membuka tabungan emas di pegadaian juga? Atau malah udah punya tabungan emasnya? Share dong di kolom komentar. ;)

Info lebih lanjut bisa baca di www.sahabatpegadaian.com atau ig @sahabatpegadaian ya. ^^





12 comments:

  1. Sempet tertarik hlo nabung emas.
    Tapi pas diskusi sama temen katanya harga emas itu cukup fluktuatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih mas Anggara. Harga emas cukup fluktuatif untuk saat-saat tertentu. Tapi kalau jangka panjang, resikonya termasuk dibilang aman dan stabil dibanding investasi lain (misalnya saham). Kalo tertarik, mulai dulu aja mas hehe

      Delete
  2. Jadi kepingin nabung emas juga, buat jangka panjang ya ^^

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada nabung emas juga ya di pegadaian

    ReplyDelete
  4. Minat buka juga, tapi betewe,,,ada admin bulanan jugakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada biaya admin tahunan, kak. 30 rb per tahun. :D

      Delete
  5. Aku juga sudah buka awal tahun lalu, Mbak. Tapi kok beda ya aku di awal bayar administrasinya 53 malah. Hahahaha.

    Insya Allah tabungan emas ini untuk Kakak ntar kalau sekolah. Diusahakan per bulan sama pas dapat fee nulis ditabungkan di sini.

    ReplyDelete
  6. Horaaaaaii..aku belum nyoba yang di pegadaian. Jadi pingin. :D

    ReplyDelete
  7. Akuuuu......dan belum nambah lagi hehehe

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah udah buka tabungan dan.... akan lanjut menabung lagi di Pegadaian. Sepengetahuan saya, tabungan ini bener-bener ngebantu buat investor pemula dan mudah dijangkau. Lanjutkan mbak!

    ReplyDelete
  9. Mbak syarat2nya apa aja kalo mo daftar atau nabung emas di Pegadaian kayak Mbak?

    /(
    ___; )
    (6

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas udah aku tulisin ya, kak. dibaca lagi aja. :D

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)