Thursday, 5 May 2016

Penting Nggak Sih Nyimpen Uang Koin Lama?

Kalau lihat judulnya pasti udah tahu ya, saya mau bahas apaan. Hehe. Sebenarnya udah lama juga mau bahas ini, tapi timingnya sekarang yang tepat. Uang koin lama yang saya maksud itu sebelumnya milik almarhum pakdhe, tapi karena rumah dibongkar untuk diberesin akhirnya disisihkan uang itu. Ternyata banyak juga uang koin lama yang kalau dilihat sih itu udah dari zaman kapan. Seperti uang koin senilai 5 rupiah, 10 rupiah, 25 rupiah, 50 rupiah, 100 dan 1000 rupiah. Lupa tahunnya kapan aja, tapi ini yang sempet saya foto.


A photo posted by Ila Rizky (@ilarizky) on


Uang koin lama menurut saya nggak ada gunanya kecuali emang buat yang suka ngumpulin barang antik. Tapi dari tanggapan teman-teman di fb dan ig yang bilang ada yang suka ngoleksi, ada yang bisa dijual ke tukang barang antik, ada yang bisa dijual ke pembuat mahar, sampai buat kerokan. Wekeke. Saya masih inget tuh dulu biasa pake uang koin buat kerokan, tapi sekarang kerokan udah jarang ya. Udah ada freshcare *lho :D Malah ada mba Lulu dan mba Anazkia yang ngledek emang saya udah lahir di zaman uang koin itu terbit? Wkwk. Nggak kok, saya nggak nemuin zaman duit 25 rupiah apalagi yang 5 rupiah. Saya sempet ngrasain pake uang 50 rupiah tapi lupa itu terbit tahun kapan ya. Seinget saya sih dulu saya pake uang itu buat jajan. Uang paling mahal buat jajan di sekolah sekitar 300 an. 

Fyi, saya lahir tahun 1988. Jadi saya masih masuk generasi 90 an yang ngicipin enaknya gorengan dengan harga murah. xD kalau dipikir-pikir kok dulu beli makanan bisa semurah itu ya. Boro-boro deh sekarang. 1000 rupiah aja sekarang nggak bisa dipake buat beli jajan di tenongan. Harga jajan sekarang naik jadi 1300 an. Lol. Jadi nilai rupiah emang ke sini makin berubah banget. Udah nggak ada nilainya. Pantes aja pemerintah pengin ada rencana pemotongan nilai rupiah biar balik lagi jadi 1 rupiah menggantikan uang 1000 rupiah. Bagus juga sih, daripada duitnya segitu kok kayak nggak laku. :)) 

Jadi penting nggak sih nyimpen uang koin lama? Trus seberapa harganya kalo mau dijual? Jujur, saya ngeblank soal harga kalau mau dijual. Kalo kata bapak sih bakalan dibalikin ke bank, etapi emang bisa gitu ya dibalikin? Maksud saya, apa bisa ditukar dengan nominal yang setara? Atau malah dihargai lebih? Karena dihitung-hitung uang koinnya totalnya sampai 67500 rupiah. Bayangin aja seberapa banyak koin yang tadi siang saya hitung. Haha. Ya segitu deh banyaknya, satu keranjang dengan dipecah jadi empat plastik. 

Kesimpulannya apa ya, kayaknya lebih enak investasi pakai logam mulia, lebih setara nilainya dari tahun ke tahun nggak berubah bisa tetep dibeliin kambing kan? Kalau uang ditabung di bank juga bakalan menyusut, kecuali dibelikan tanah atau rumah. bakalan naik harganya tiap tahun. Kalau kamu, udah investasi apa aja buat masa depan, temans? :D 

6 comments:

  1. Mas kawinku masih ada uang 100 yang itu, 500 kertas gambar monyet sama 100rb yang kayak plastik itu. Ga laku semua haha

    Kalau aku sich pilih nyimpen koin emas aja daripada uang koin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, mahar dulu suka pakai uang ya, mba Tarry. Sekarang pun masih musim pake mahar uang koin dan kertas dibikin hiasan. Memang lebih enak pakai koin emas, tahan terhadap inflasi. hehe

      Delete
  2. Duluuuu... Saya sempet nyimpen uang kertas lama... Kalau koin malah nggak punya, tapi kemudian ditukerin emak ke bank BI, pengen nangis tapi yo... Piye maneh huhuhu *malah curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puk-puk mba Inge.
      Iya, mending dituker aja ya, mba Inge? Biar jadi duit lagi. :D

      Delete
  3. Dulu hobi saya juga nyimpen uang koin heheh... tapi sekarang tinggal di rumah uang koinku diimintai adek buat beli permen kan ,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, adeknya seneng dong. Jadi sering beli jajan permen, hehe xD

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)