Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Selasa, 18 April 2023

Drama Mertua Vs Menantu

 



Aku abis baca cerita di twitter tentang kenapa banyak menantu yang nggak akur dengan mertuanya. Dan aku nemu komentar ini. Aku jadi inget cerita drama rumah tangga orang yang aku tahu. 


"Di tiktok tuh entah kenapa bener-bener hubungan mantu-mertua tuh stigmanya jelek banget deh, gue pernah bikin konten enaknya tinggal di rumah mertua, semua repliesnya bener-bener skeptic sama mertua. Jadi bertanya-tanya emangnya kalo mau nikah tuh orang nggak seleksi calon mertua ya? Padahal penting itu." (By @camaraderie693)


"Kadang sebelum nikah camer tuh baik banget tau, kak. Setelah nikah tuh berubah kak ternyata. Aku pun mau kak nikah sama orang yang ortunya baik. Tapi apa daya udah seleksi sebelum nikah baik pas setelah nikah berubah. Jadi masihkah yang salah menantunya? kayaknya dulu doaku kelewat yang ini." (by @sangcalonmu)


Ini tuh bener banget loh. Kita perlu berdoa yang detail banget sebelum memutuskan untuk menikah. Tujuannya biar kita bisa dapat keluarga yang baik juga dari pihak pasangan. 


Intinya sih, selagi janur kuning belum melengkung di pagar rumah, perbanyaklah doa yang bagus. 


Soalnya kejadian cekcok rumah tangga, misalnya : berantem menantu vs mertua itu udah sering terjadi. 


Dan anehnya drama rumah tangga karena peran mertua yang kayak gini, bisa nggak kelar-kelar juga. Bahkan bikin suasana rumah jadi kayak perang dunia ketiga.


Astaghfirullah. 


Aku yang dengerin cerita temen aja ikutan mumet dan cuma bisa bilang "sabar".


Mungkin saranku ini terdengar klise ya, "Ayo, berdoa yang banyak, berdoa lagi, berdoa terus". Kayak... bosen nggak sih denger kata kaya gitu?


Tapi percaya deh, doa lebih powerfull daripada penglihatan kita yang terbatas. Apalagi tentang perkara yang ghaib macem "takdir". Sungguh itu nggak bisa diterawang ama manusia. Dan satu-satunya tempat manusia bergantung ya... cuma kepada Allah. 


Siapa lagi coba yang bisa menolong kita selain Allah?


Itulah gunanya sholat istikharoh, sholat hajat, dan doa penjagaan terbaik. Biar kita dijauhkan dari hal yang sekiranya membuat hidup jadi lebih rumit. Baik di karir, keuangan, keluarga, tetangga, dll


Mumpung masih bulan puasa Ramadhan, ayo dibanyakin doa-doa terbaiknya. Biar kita dijaga dan dijauhkan dari hal-hal buruk di dunia dan akhirat. Aamiin


Kumpulan doa terbaik untuk penjagaan diri


1. Doa perlindungan diri dari segala kejahatan makhluk Allah di muka bumi

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ


A’udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq.


Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan ciptaan-Nya."(HR. Muslim no. 2709 dan Ahmad no. 2/290)


2. Doa perlindungan diri dari godaan setan yang menyesatkan


أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ


A’udzu bikalimatillahit tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli ‘ainin lammah.


Artinya: "Aku lindungi kamu berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua setan dan binatang buas, serta dari pandangan mata yang membawa keburukan" (HR. Bukhori)


3. Doa perlindungan diri dari kejahatan manusia dan bisikan setan


هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ


Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.


Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”


4. Doa perlindungan diri dan keselamatan dunia akhirat


اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ


Allahumma inna nas’aluka salamatan fiddin, wa afiyatan fil jasadi, wa ziyadatan fil ilmi, wa barakatan fir rizqi, wa taubatan qablal maut, wa rahmatan indal maut, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil maut, wa najatan minan naari, wal afwa indal hisab.


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada engkau akan keselamatan pada agama, afiyah pada jasad, pertambahan pada ilmu, keberkahan pada rezeki, taubat sebelum kematian, rahmat ketika mati, dan ampunan setelah kematian itu terjadi.”


5. Doa perlindungan diri dari segala bencana, ujian di dunia, dan siksaan di akhirat


اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ


اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ


Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah.


Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah.


Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.


Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.


Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alquran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah.


Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang Maha Pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."


6. Doa perlindungan diri dari fitnah dan kezaliman

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Rabbanâ lâ taj‘alnâ fitnatal lil qaumidh dhâlimîn wa najjinâ birahmatika minal qaumil kâfirîn.


Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang kafir.”


Aamiin. 


Sumber : 


https://twitter.com/camaraderie693/status/1647889776618663938?t=8UWI69kgg-p5FjMmyWV9UQ&s=19


https://m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/6-bacaan-doa-perlindungan-diri-dari-segala-keburukan-dan-bahaya-dalam-islam-1zRvuTW5BRv


1 komentar:

  1. Saking jarangnya, setidaknya di lingkungan tempat saya tinggal, keharmonisan mertua dan menantu, saat dapat mertua yang baik hati gitu seperti anugerah terbesar dalam hidup ya, hehehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas