Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Rabu, 29 Maret 2023

[1Hari1Ayat] Q.S Al-Baqarah Ayat 265 : Sedekah Ibarat Menumbuhkan Buah Berkali Lipat




Terjemahan Q.S Al-Baqarah Ayat 265


وَمَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمُ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ وَتَثْبِيْتًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍۢ بِرَبْوَةٍ اَصَابَهَا وَابِلٌ فَاٰتَتْ اُكُلَهَا ضِعْفَيْنِۚ فَاِنْ لَّمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ۗوَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ


265. Dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari rida Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.


Kesan : 


Pernah nggak sih dapat surat cinta yang secakep ini dari Allah? Allah membuat perumpamaan agar manusia memahami dengan lebih mudah.  


Di akhir ayat 269 Allah mengatakan bahwa hikmah hanya untuk orang yang mempunyai akal sehat.


Artinya nggak semua orang mendapatkan hikmah ketika membaca ayat al Qur'an. Bisa saja dia membacanya, tapi tidak memaknainya lebih dalam. 


Aku gemetar waktu baca memberi infak diibaratkan dengan menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Artinya, pasti akan ada buah dari kebaikan itu. Entah kita sadari atau tidak akan berpengaruh pada kualitas hidup kita dan akan meneguhkan kita di jalan Islam.


Kalau menurutmu gimana? Kamu pernah punya pengalaman menarik tentang keajaiban infak dan sedekah? 


Share dong pendapatmu di komentar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas