Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Senin, 10 Oktober 2022

Resep Kue Carang Gendis


Kue lezat ini namanya Carang Gendis, kue peninggalan jaman Majapahit, yang sekarang sudah hampir punah. Resep kue carang gendia diadaptasi dari resep mas Rudi Choirudin, tapi kamu biaa bikin takaran sendiri yaa (karena di mas Rudi tidak ada resepnya) 


Untuk membuat resep kue Carang Gendis yang lezat, kamu bisa menggunakan tips berikut ini yaitu mengatur konsistensi adonan dengan menggunakan tepung ketan agar lembab, agak basah, ditekan tekan, dengan sendok, supaya hasilnya agak berpasir, dan mirip dengan kue putu.


Kalau zaman dulu isi kue Carang Gendis adalah unti kelapa. Karena menyesuaikan anak zaman now, carang gendis yang ini dibuat pakai isian meses dan parutan keju.


Mesesnya pakai punya chef mate chocolate yaaa. Rasa kue carang gendis ini renyah mirip banget dengan kue sagon. Nah, yuk simak cara membuatnya! 


Resep Kue Carang Gendis

By @faraleyama


-150gr tepung ketan

-1/2sdt garam

-80 sd 110ml air hangat (adonan sampai menggumpal lembab)

-meses chefmatechocolate

-parutan keju


Cara membuat Kue Carang Gendis :


1. Campur tepung ketan dan garam, tuang sedikit demi sedikit air hangat, diaduk aja dengan tangan, jadi kita bisa cek langsung kelembaban adonan, hasilnya lembab agak berpasir/ bergerindil

2. Siapkan wajan teflon, tidak perlu dioles apapun, api lilin / api segaris

3. Ambil saringan, tekan tekan dengan tangan adonan sambil saringannya diputar mengelilingi wajan, supaya membentuk dadar

4. Taruh meses dan juga keju, tunggu beberapa menit, adonan akan kering, langsung kita lipat, sisihkan

5. Simpan carang gendis di kotak tertutup / tutup serbet/ tutup daun pisang, biar tetap lembut


SELAMAT MENCOBA 😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas