Friday, 18 September 2015

Review Film Inside Out : Kenali Emosi Terdalam Dirimu

Film Inside Out : Kenali Emosi Terdalam Dirimu

Pernah nonton film anak-anak dan nangis? Saya pernah, dan baru kali ini nangis. :P Ya, anggaplah saya cengeng, tapi film Inside Out memang memiliki pesona yang menawan. Buat saya film ini nggak sekadar film yang kekanakan, tapi juga bermanfaat bagi para orang tua untuk tahu bagaimana perkembangan kekinian para anak remaja. 

Genre film Inside Out ditujukan untuk remaja. Usia yang sebenarnya sangat rawan, karena anak-anak yang sedang bertumbuh menjadi remaja itu ternyata tidak bisa dilepaskan sepenuhnya untuk memulai harinya sendiri. Orang tua tetap harus berperan menemani anak-anak melewati masa suka maupun duka baik di sekolah maupun lingkungannya.

Film Inside Out berkisah tentang seorang anak bernama Riley yang tinggal di sebuah kota kecil lalu pindah ke kota besar. Kecintaannya pada hokey membuat ia menjadi tim tanding yang solid bersama teman-temannya. Hidupnya menyenangkan, hingga suatu hari orang tuanya harus berpindah ke luar kota. Dari situlah Riley merasakan perubahan yang besar dalam dirinya. Mulai dari orang tuanya yang ternyata memiliki masalah dalam pekerjaan, hingga Riley yang merasa terasing karena ia kehilangan teman lamanya. Ia tidak suka dengan perubahan drastis dalam dirinya yang membuat ia sedih dan kecewa. Kenapa tidak seperti yang ada dalam bayangannya? Kenapa mereka sekeluarga harus pindah jika di kota yang lama lebih bahagia?

Riley melewati masa sulit itu dengan murung dan menjadi pemberang. Saat ditanya orang tuanya bagaimana sekolahnya hari itu, Riley justru marah. Ia merasa ayahnya tidak sensitif terhadap perasaannya, ibunya juga. Riley kecewa dengan sahabatnya, karena setelah pindah mereka justru menemukan tim yang baru. Seakan Riley tidak mendapatkan tempat sama sekali di hati siapa pun. Riley memulai lagi hobinya, namun kali ini perasaan sedih justru lebih dominan sehingga ia berkali-kali gagal dalam melancarkan serangan balasan di tim lawan.  

Inside Out : Meet The Little Voices Inside Your Head

Film Inside Out : 5 Emosi Terdalam yang Membentuk Personality Manusia

Setiap manusia memiliki suara dalam jiwanya berupa emosi terdalam. Baik sedih (sadness), senang (joy), jijik(disgust), takut(fear), dan marah (anger). Lima emosi itu saling berkaitan satu sama lain membentuk karakter kepribadian seseorang. Emosi mana yang lebih dominan akan membuat orang tersebut memiliki personality yang baik atau pun buruk.

Jadi ketika Riley mengalami kegoncangan perasaan akibat pindah rumah itu, ia merasakan semua hal yang tidak menyenangkan. Jijik dengan pizza yang dibelinya, marah dengan keadaan, sedih karena ditinggal sahabatnya, takut kalau tidak bisa berprestasi lagi seperti dulu. Hanya Joy yang dulu mendominasi emosi Riley yang bersemangat mengajak keempat emosi lainnya untuk mau membantu Riley menjadi Riley yang ceria seperti dulu. Setiap kali Riley mengeluarkan emosinya, ia akan menyimpannya dalam ingatan inti. Emosi mana yang akan ia simpan dalam ingatan? Simak saja di film buatan Disney Pixar ini! ;)

Ingatan Inti yang Menjadi Kekuatan Jiwa Manusia

Film Inside Out mengingatkan saya pada perasaan saat awal menjadi seorang anak remaja. Rasanya hampir semua anak remaja merasakan hal ini. Karena katanya, film ini dibuat dengan riset yang mendalam. Perasaan minder, hilang personality, hingga emosi yang datang silih berganti. Semuanya jadi satu. Kadang anak remaja memang kesulitan mengungkapkan emosinya karena tidak tahu kemana akan bercerita? Apakah ke orang tua? Atau kepada sahabat? Sedangkan perubahan lingkungan menjadikan anak-anak menjadi gagap dengan budaya yang ada. Coba deh diinget lagi pernah nggak kamu mengalami saat-saat galau ketika pertama kali masuk SMP?

Biasanya hal seperti ini terjadi karena perasaan nyaman yang hilang. Ketika dihadapkan pada situasi yang baru, anak harus beradaptasi lagi. Dan inilah yang jadi sorotan. Jika anak sedang puber, apa yang harus dilakukan orang tua untuk melewati masa-masa ini. Di sini saya jadi tahu bahwa kekuatan keluarga itu luar biasa, apalagi bagi anak yang kehilangan personality. Ditambah lagi, jangan lupa bahwa trauma akan membuat seseorang akan menarik diri dari lingkungannya. Inilah yang harus diperhatikan oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Jika ingatan inti kita dominan dengan perasaan seperti sedih, takut, dan marah, segala ingatan yang baik akan hilang. Jadi baik-baiklah mengeluarkan emosi karena emosi itu menular. Senang dengan animasinya yang kadang konyol dan mengundang tawa, senyum dan sedih juga. Nano-nano deh. :D Overall, 9/10 bintang untuk review film nside Out ini. 

17 comments:

  1. aku belum pernah nonton film ini mbak Ila..jadinya pengen nonton deh....

    ReplyDelete
  2. penuh makna dan kita bisa belajar dari film ini ya. AKu juga sudah nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Lidya :D Seneng banget bisa nonton ini di bioskop. Hehe

      Delete
  3. Aku belum nonton nih mbak, penasaran banget kayak apa film nya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya udah nggak tayang di bioskop lagi. :D

      Delete
  4. Aku penasaran sama filmnya, banyak loh yang kasih point penilaian bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Nophi. Film yang recomended. Creatornya dari film Up, jadi kalo suka film Up, pasti suka film ini deh. :D

      Delete
  5. Banyak disebut-sebut film ini, semoga besok-besok bisa nonton film ini :D
    film Up pernah nonton, bagus.

    ReplyDelete
  6. Aku dengar film ini memang bagus, aku belum nonton. Mungkin rasanya spt ketika aku masih kecil & anak2ku skrg, keseringan pindah jadi tidak punya ikatan terlalu dalam thd tempat & teman2 :((

    ReplyDelete
  7. Nunggu ada yang ngasih soft file nya aja dech :D

    ReplyDelete
  8. Saya juga nangis mbak pas nonton film ini. Memang bagus banget ini filmnya. Eh moga menang ya mbak GA-nya. Lagi mikir nih ikut apa gak

    ReplyDelete
  9. Ini film terbaru ya mbak....
    Sukses buat GA nya ya mbak.e hee

    ReplyDelete
  10. Aku pengen banget nonton film ini. Kayaknya banyak review positif, terus liat trailernya jg menarik. Semoga lekas bisa nonton. yang lumayan bikin terharu juga film Big Hero 6 kali ya :).

    ReplyDelete
  11. haduhhh aku ketinggalan nonton inside out, dah gak tayang waktu mau nonton, makasih ya mbak

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)