Thursday, 20 November 2014

[Review] Perpustakaan Besar Mr. Martokoesoemo Kota Tegal




[Review] Perpustakaan Besar Mr. Martokoesoemo Kota Tegal. Perpustakaan bagi saya seperti sebuah surga di mana saya bisa menemukan banyak buku bermutu. Saya tinggal datang ke perpustakaan Kota Tegal, membuat kartu anggota(masuk kategori anggota umum) lalu bisa segera meminjam buku sebanyak dua buah setiap kali peminjaman. Awalnya saya mengira hanya buku-buku lama yang akan saya temukan di sana. Tapi sejak bulan lalu, saya kembali meminjam ternyata, bukunya seri terbaru lho. Yang baru terbit! Wow, asyik banget. Saya bisa menemukan buku Titik Nol, Laguna, Kesturi dan Kepodang Kuning, Skenario Remang-remang, dll. Senang karena saya bisa menemukan buku yang memang sudah lama masuk wishlist. 

tampak depan
Perpustakaan ini letaknya dekat dengan kompleks SD Mangkukusuman. Nama perpustakaannya adalah Perpustakaan Besar Mr. Martokoesoemo. Tokoh yang dipakai sebagai nama perpustakaan yaitu Mr. Besar Martokoesoemo dikenal sebagai Walikota pertama Kota Tegal yang juga seorang pengacara/advokat bangsa Indonesia yang pertama kali menjalankan praktik hukum privat di negeri ini. Perpustakaan ini terdiri dari dua lantai. Dengan beberapa ruangan yang terdiri dari ruang sirkulasi anak, internet, arsip, audio visual, sirkulasi dewasa, dll. 

jadwal pelayanan perpus
Kenapa saya betah kalau berkunjung ke sini? Karena selain bisa menemukan buku beraneka ragam genre, saya juga bisa sekaligus mencari referensi lain, misalnya majalah. Banyak majalah yang bisa dibaca pengunjung yang terletak di lantai dua ruang sirkulasi dewasa. Majalahnya pun antara lain : tempo, trubus, kartini, ide bisnis, dll. 

menuju lantai dua
ruang sirkulasi anak
Sekarang beberapa bagian dibenahi, kalau dulu peminjaman di setiap ruang sirkulasi ada, jadi ada dua ruang dan ada dua petugas. Sekarang dipindah ke bawah, jadi hanya ada 1 tempat peminjaman. Loker pun ada di lantai satu dekat dengan tangga. 

Setiap bulan, perpustakaan ini rutin menerima kunjungan belajar dari anak-anak sekolah. Tujuannya agar anak-anak bisa mengenal perpustakaan dan belajar mencintai buku maupun perpus. Image perpus sebagai tempat yang kuno sudah tidak terlihat lagi saat saya melihat berdirinya perpustakaan ini di kota saya tinggal. 





Untuk ruang sirkulasi anak, pembaca bisa memilih sendiri buku yang ada di kanan dan kiri ruangan. Ruangan ini memang dikonsep nyaman untuk anak, sehingga banyak grafiti di dindingnya, ada pula rak-rak warna warni untuk menaruh buku. Juga meja kursi khas anak-anak yang berukuran kecil. Ada juga meja besar yang bergaya lesehan sehingga pembaca bisa melingkar di meja bersama teman lainnya.

rak buku fiksi di ruang sirkulasi dewasa

sosok Mr. Besar Martokoesoemo - walikota pertama Tegal
desain ruangannya keren! sukaa! ^^

Bagi teman-teman yang berdomisili di Kota Tegal bisa berkunjung ke perpustakaan ini setiap hari kerja, yaitu senin-kamis(pukul 07.30-15.30) dan Jumat-Sabtu (08.00-15.00). Kalau hari minggu libur ya. Nah, kamu berminat main ke sini? Tempatnya asyik lho. ;)






Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal
Email    : arpusda@tegalkota.go.id
Alamat : Jl. KH Akhmad dahlan No. 12 Tegal
Telp      : (0283) 320834

20 comments:

  1. kok sepi ya Say, malah sedep nek meh moco :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja ke sana pas jam sepi, mba. Paling cuma bentar pinjem buku aja. Trus balik. Kalo jam rame antrian panjanggg.

      Delete
  2. wah,bagus ya....namanya juga unik,baru tahu ^^

    ReplyDelete
  3. Wah.. perpustakaannya sepertinya lebih gede jika dinamdingkan di Jepara ya Kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Aida review perpustakaan jepara. Biar pembaca jadi tahu perpustakaan kota lain seperti apa. ;)

      Delete
  4. wahhh bagaikan ngeliat surga dunai saya mbak mau dah seharian saya ngadem di situ...bakal puasss pake abiss dah mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, adem juga tempatnya. ada ac dan internet gratis hihi

      Delete
  5. Replies
    1. iya, mba lidya. tempatnya dibuat senyaman mungkin, biar betah, hehe

      Delete
  6. kelihatan nyaman sekali ya, salam perkenalan ya bu

    ReplyDelete
  7. sempet pengen ke sana tapi karna jauh jadi males :D

    kayanya nyaman buat baca2 ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk, main ke sini, Mil :D enak loh tempatnya, adem juga hehe

      Delete
  8. Terima kasih mbak Ila, aku baru tahu loh jadi nambah lokasi alternatif kalau lagi berkunjung ke tegal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Vita. Banyak buku-buku keren di perpus ini. ayo main ke Tegal :D

      Delete
  9. diatas disebutkan klo mba kiky jdi anggota umum, emang ada brp jenis keanggotaan mb?
    cara jadi keanggotaan disana gimana mb?
    tengkyu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga yang anggota dari siswa atau pegawai. kalau umum berarti bukan keduanya. nanti isi formulir dan minta rekomendasi dari pihak sekolah/ketua RT untuk suratnya. lebih jelasnya ke perpus langsung aja ya, kak. :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)