Tuesday, 4 September 2012

Takdir terbaik bagi tulisan saya


Takdir terbaik bagi tulisan saya


Setiap naskah memiliki takdir masing-masing. @nulisbuku

Ada yang bilang bahwa saya selalu beruntung. Katanya sih. Apalagi mungkin mereka hanya melihat sisi luar yang tampak. Tidak melihat sisi yang mungkin tidak mereka sadari sebenarnya adalah ketidakberuntungan saya. Saya sering merasa bahwa usaha saya tidak selalu berhasil, tentu bisa jadi karena banyak factor. Dalam hal bisnis, saya pernah kena tipu. Dalam hal jodoh saya sering patah hati karena tidak jadi berjodoh. Dalam hal tulisan, saya tahu bahwa tulisan saya jauh dari sempurna sehingga sering ga menang juga di lomba, bahkan dulu ga tau kabar tulisan saya gimana.

Di bulan oktober tahun lalu,  saya pernah ikut kegiatan bernama #11project11days. Project ini bernama 11 project dalam 11 hari karena memang kami mengerjakan 11 project menulis di event ultah nulisbuku.com dalam kurun waktu tersebut.

Hasil project tersebut saya tuliskan dalam sebuah tulisan yang saya dedikasikan untuk sekedar menjadi catatan. Suatu waktu Una mengadakan giveaway yang pertama kali. Nah, saya bertekat untuk ikut serta. Saya sertakan pengalaman saya mengikuti event #11projects11days ini di giveaways-nya.

Saya tahu bahwa mungkin tulisan saya tidak terlalu sesuai dengan tema yang dia usung, apalagi tulisan teman-teman bahkan lebih bernas dan berisi disbanding tulisan saya yang lebih berkisah suka duka menjalani event project tersebut. Tentu bagi para pejuang #11projects11days tulisan saya pasti bermakna, tapi belum tentu bagi lainnya, apalagi yang mungkin tidak merasakan euphoria event ini.

Saat pengumuman giveaway tiba, nama saya tidak ada di daftar. Sedih? Nggak juga. Saya malah justru ingin tahu di mana letak enggak cocoknya. Mungkin memang tulisan saya jauh dari kriteria juri. :p Ya, mungkin saja kan? :D Apalagi saya nulisnya pakai ngebut. Biasa deh, deadliners sejati. Hihi. Nah saat itulah saya mengendapkan naskah. Sama sekali tak saya sentuh lagi.

Bulan berganti bulan, tahun berganti tahun. Saya sudah lupa dengan naskah saya. Sama sekali tak berniat untuk merombak apalagi mengirim ke mana pun. Ga ada niatan sama sekali buat mempublikasikan di media cetak.

Saya biarkan tulisan saya mengendap di blog ini. Bahkan tidak pernah saya baca lagi. Suatu waktu saya mendapat info kalau Grup IIDN sedang membutuhkan naskah bertema “sang pemenang” untuk diterbitkan di penerbit mayor, yaitu elexmedia. Tema tulisan yang dibutuhkan adalah tentang cerita atau kisah yang berhubungan dengan kemenangan, apa saja yang biasa dilakukan pemenang untuk bisa mewujudkan kemenangan tersebut, apa kriteria yang harus dimiliki oleh pemenang untuk bisa menjadi pemenang sejati. Nah, dipilihlah sekitar 34 naskah. 20 naskah utama, dan 14 naskah mendamping. Yang masing-masing pastinya mendapatkan fee berbeda.

Saya bingung mau menulis apa, deadline sudah hampir menjelang. Karena katanya harus menggunakan bukti pernyataan keaslian naskah, sya jadi pusing cari nara sumber.  Trus kalau dilihat dari tema pastinya yang dilihat tema-tema yang berat. Para jawara yang memang handal dibidangnya. Saya pun ciut nyali. Mau kirim gak ya? Bingung.

Nah, saat itulah saya ingat naskah saya di blog ini. Naskah yang saya ikutkan di giveaway una. Naskah itu sama sekali tidak terpakai. Saya berniat untuk mengikutsertakan naskah saya tersebut untuk lomba tadi. Akhirnya saya rombak sedikit, hanya ditambah di paragraph awal-awal. Dan jadilah saya mengirim naskah tersebut ke email penyelenggara 3 jam sebelum deadline ditutup. Bayangkan? Sama sekali tak ada persiapan kan? Benar-benar terburu-buru. Kebiasaan saya sih. :D *jangan ditiru yah :P*

Saya kirimkan naskah, sambil berkata bahwa jika naskah saya diterima oleh penyelenggara, maka saya baru bisa mengirimkan scan bukti keaslian naskah. Saya harap-harap cemas saat seminggu kemudian panitia tidak kunjung memposting pengumuman. Rasanya antara galau dan tak percaya. Ya gitu deh. Tau kan rasanya nungguin pengumuman lomba seperti apa? Hehe. Rasanya? Dag dig dug der! :p

Jam 8 pagi tiba, pengumuman diposting oleh mbak Tuti Sitanggang, sang panitia. Saat itu saya tak berharap banyak. Tapi begitu saya melihat ada nama saya di deretan nama naskah yang lolos. Saya makin tak percaya. Bagaimana mungkin? Padahal naskah itu pernah tidak menang di lomba lain. Bagaimana mungkin naskah yang saya edit dadakan dan saya kirimkan buru-buru menjelang deadline bisa menang?

Saya seakan seperti diingatkan lagi dengan firman Allah. “Kun fayakun” Sekali Dia menginginkan saya menjadi pemenang, maka Dia aka menjadikan saya pemenang. Kegagalan sebelumnya hanya sebagai batu loncatan.

Nah, yang saya kagetkan adalah, fee menulis untuk project itu lebih besar dari hadiah yang ditawarkan saat saya ikut giveaway. Saya jadi berfikir bahwa mungkin ini memang takdir tulisan saya. Bahwa saya harus menunggu selama berbulan-bulan untuk bisa menentukan mana media yang tepat untuk mempublikasikan naskah saya. Saya jadi lebih semangat lagi untuk menulis, merombak lagi, menulis lagi, dll. Tak ada lagi yang saya takutkan. Saya yakin jika ketetapanNya adalah yang terbaik. Maka setiap tulisan saya pasti akan menemukan takdir terbaiknya. Di mana pun dia akan saya publikasikan, dia akan dibaca oleh orang-orang terbaik, orang-orang yang ditakdirkan untuk membaca tulisan saya.

Semoga sharing ini bermanfaat ya. Tetap menulis, tetap semangat! :D

Salam

Tulisan ini diikutsertakan padaMonilando’s First Giveaway

49 comments:

  1. harus semangat terus ya dalammenulis, gagal berarti mencoba lagi. hebat nih Ila

    ReplyDelete
  2. Deu, jadi peserta pertama yak di GA Monilando.. Dapet bukunya Tere Liye, nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya mba Millati. Alhamdulillah, rejeki :D

      Delete
  3. wah, cepat banget nih mbak ila, selamat mbak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, kebetulan ada ide,kak dan kemarin di mensyen sama mba monik pas baru diposting info GA nya :D jadi langsung pengen cepet-cepet nulis :D

      Delete
  4. Sangat bermanfa'at... ^^
    harus bener bener bisa sabar ya, mbak ila, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, srulz :D
      alhamdulillah, berkah sabar yang aktif. sabar yang selalu positif thinking :D

      Delete
  5. Alhamdulillah ikut kecipretan juga hehehe....semangat mba ila!!! duh kak fanz tiap komentar ga berubah dech hehehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, mba widhie menang di viva kan ya? :D slamat ya mbak ;)

      iya tuh si kak fanz ga tau komennya gitu mulu. ahaha. aamiinkan aja deh :P

      Delete
  6. Wkwkwk, eike inget mbak... tulisanmu waktu GAku kan temanya sama kayak si... sebut gak ya? Hahahaha!
    Asik dapet bukuuu dari Monilando...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebut gak yaaaa :P

      alhamdulillah, na. makasih ya udah disuruh ikuan GA mu pas dulu. hehe. fee nya bisa buat makan bakso, na. XD

      Delete
  7. Replies
    1. makasih, mas bro. semoga menginspirasi :D

      Delete
  8. First posting selamat dpt bukunya tere liye, semoga nanti menang lagi dan dpt hadiah double deh. Setiap tulisan ada takdirnya sendiri-sendiri, tapi menurut saya MBak Ila movin banget lho..aktif dan tulisannya bagus-bagus [yg pernah saya baca]

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, mbak Rie. :D rejeki yang tiba-tiba. cz jam 7an dimensyen sama mbak Monik suruh ikutan GA nya. hehe. jam 9 baru posting :D

      yuk ikutan, mbak ^^

      Delete
  9. Emang ngga boleh nyerah ya,... ga menang di event satu ikutkan di event yang lain, kalo skrg nulisnya ga mepet deadline lagi, berarti kmajuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak rahmi. hehe. kalo yang GA ini cepet2 posting karena memang ada ide :D moodian sih hehe

      Delete
  10. Wah, rencana Allah memang siapa yang tahu yaaa ... ternyata ada yang lebih WOW hehe :)

    ReplyDelete
  11. Siiipp.... Tidak berhenti hanya disandungan pertama....
    Keren deh pengalamannya...

    ReplyDelete
  12. Wow, keren mbak Ila... Semangat menulis dan salam kenal juga... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiihh, hehe. salam kenal juga, Tada. eh, manggilnya tada atau yoga ya? :D

      Delete
  13. ah suka banget quote-nya.. setiap naskah memilik takdirnya masing2... :D

    Makasih ya nbak udah jadi peserta pertama, hadiahnya sekalian setelah pengumuman yah, sapa tau jadi pemenang juga hehe..

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak monik :D semoga tulisan ini menginspirasi. ^^

      makasih sudah dicatat sebagai peserta pertama :D sukses untuk hajatan GA nya yaahh ;)

      Delete
  14. ila emang kereenn .. ^^
    tetap menulis, tetap semangat .. siip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, rejeki, mba Risa. alhamdulillah :D yuk tetap smangat! :D

      Delete
  15. Sharing yang bermanfaat La :)

    Semoga menang yaa..

    ReplyDelete
  16. Aih.., Ila kan sering menang lomba, tulisannya baguuuus, kalo blom menang memang bukan krn ga bagus ya biasanya, cuma belom sesuai aja dg yg diinginkan juri heuheu..

    Gudlak ngontesnya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, masih belajar kok, mba orin :D lama ya ga liat mba bikin fiksi, hehe. makasih doanya :D

      Delete
  17. ah, Ila emang rajin dan pekerja keras banget
    saluuutt!
    Semoga sukses ya say ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mba andiah ikutan juga :D biar rame, hehe

      Delete
  18. Pagi...nice post
    .
    Kunjungan perdana Saya :-) .. Silahkan Mampir ke blog saya ya..
    dan tinggalkan komentarnya :-)

    ReplyDelete
  19. yup, bener banget. terkadang kita ngerasa kecewa kalo apa yg kita harapkan gak bisa tercapai, padahal di balik itu semua, Allah punya rencana lain yg lebih hebat. Keep spirit yahh....
    sukses kontesnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sarah. yang penting coba terus. :D sukses juga buat mbak ya. ayo ikutan kontesnya biar rame :D

      Delete
  20. ada kesuksesan yang lebih besar di balik 'kegagalan' ya mbak ... tfs ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesuksesan yang tertunda, hehe. makasih sudah berkunjung ya ^^

      Delete
  21. Wah, selamat sob. Walau awalnya kalah akhirnya menang juga kan hehehe. Jadi kayak film silat yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, analoginya mirip film silat? :P saya dulu juga suka film silat XD

      iya, makasih yaa. hhehe. ayo ikutan juga ;)

      Delete
  22. bener banget la, tulisan memang ada jodohnya masing-masing. Seneng deh baca kisah orang2 yang bangkit dari kegagalan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupps, bener banget. ayo mbak windi ikutan kontesnya jugaaa :D

      Delete
  23. Harus terus semangat ya...Moga2 menang di kontes Jeng Monik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pak walang. tetap smangat! sukses juga buat bapak :D

      Delete
  24. Ila....gak menang di Giveaway? itu namanya berkah yang tersembunyi buat Ila -- coba kalo Ila menang di GA terdahulu pasti gak ada yang bakal di edit dan pasti bikin artikel baru dan pasti belum tentu memenangkan "fee" sebagai hadiahnya.....iya kan? Jadi kekalahan terdahulu memunculkan kemenangan. Yeee....selamat ya Ila. Kalo menang di Monilando's 1st GA jadi double donk bukunya, hehehehehehe...........bunda siap nampung yang satunya......just kidding my dear Ila.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)