Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Kamis, 26 Oktober 2023

Pengertian Domain Authority dan Dampaknya Pada Ranking Website

Pengertian Domain Authority dan Dampaknya Pada Ranking Website


Untuk mengembangkan website jadi lebih baik, ada beberapa hal yang memang perlu dilengkapi atau dilakukan dengan baik, salah satunya adalah memiliki skor SEO yang baik. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan pada suatu website agar memiliki performa yang baik, seperti muncul di halaman pertama mesin pencarian.


Untuk memiliki SEO yang berkualitas, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Di dalam dunia SEO sendiri, ada banyak istilah dan metrik yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui kualitas dan otoritas website. Salah satu metrik yang punya peranan penting adalah Domain Authority atau disingkat menjadi DA. Lalu, apakah DA memiliki andil yang penting untuk mempengaruhi peringkat website?


Baca juga : 10 Tips Menjadi Fulltime Blogger Professional





Melalui halaman ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai DA sertia pengaruhnya pada ranking website pada mesin 


Apa Itu Domain Authority?


Domain Authority atau disingkat menjadi DA adalah salah satu metrik SEO yang dirancang untuk memberikan gambaran tentang sejauh mana dan sekuat apa suatu website (atau domain). Untuk mengukurnya, DA diukur dengan skala angka dari 0 hingga 100, dengan angka yang lebih tinggi menunjukkan hasil yang lebih baik. Semakin tinggi DA dari sebuah website, maka semakin kuat posisinya dalam dunia SEO.


Faktor yang dihitung untuk menentukan DA sangat beragam, mulai dari jumlah dan kualitas link yang mengarah ke website tersebut, usia website, kualitas konten yang disajikan, dan beberapa faktor lainnya. 


Bagaimana Cara Mengukur dan Menghitung?


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengukur DA, seperti berikut ini:


1. Jumlah dan Kualitas Backlink


Jumlah backlink yang masuk ke sebuah website, disertai dengan kualitas tautan adalah salah satu faktor penting dalam menghitung DA sebuah website. Backlink dari situs-situs yang sudah memiliki skor DA yang tinggi memiliki bisa memberikan dampak yang lebih besar pada website kamu.


2. Kapan Website Dibuat


Perlu diingat, website yang sudah ada lebih lama cenderung memiliki skor DA yang lebih tinggi daripada website yang baru saja aktif. Alasannya, website yang sudah ada sejak lama telah memiliki data yang lebih banyak dan lengkap, sehingga berdampak pada posisi website di mesin pencarian. Mesin pencarian akan menganggap website tersebut memiliki tingkat relevansi yang lebih baik dari website lainnya.


3. Konten Yang Relevan 


Jangan lupakan konten yang Anda publish di website tersebut. Konten yang relevan, berkualitas dan juga original memiliki pengaruh yang besar untuk skor DA. Konten yang berkualitas cenderung mendapatkan backlink atau link masuk dengan kuantiti yang lebih banyak.


4. Sharing konten


Aktivitas di media sosial serta seberapa sering konten dari website tersebut dibagikan di platform media sosial juga dapat memiliki dampak yang cukup signifikan untuk meningkatkan skor DA website Anda.


Apakah DA Memengaruhi Pada Ranking di Google Search?


Jika penjelasan mengenai domain authority sudah cukup dipahami dan cukup jelas, sekarang waktunya untuk menjawab pertanyaan apakah DA memengaruhi ranking di Google search atau mesin pencarian pada umumnya?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dijelaskan. Rank sebuah website tidak dipengaruhi oleh satu atau dua faktor saja, begitu juga dengan skor DA. Domain authority hanyalah salah satu faktor yang memengaruhi peringkat website di search engine, sehingga tidak dapat dianggap sebagai satu-satunya faktor penentu.


Mesin pencarian seperti Google Search menggunakan sejumlah algoritma dan beberapa faktor yang cukup kompleks agar dapat menilai dan menghasilkan hasil pencarian pengguna internet. Dan pada faktor tersebut, Salah satunya adalah Page Authority atau PA, faktor yang lebih fokus pada kepentingan dan relevansi salah satu halaman atau page dari sebuah domain atau website.


Walau begitu, faktor Domain Authority masih memiliki peran yang penting. Skor DA yang tinggi dapat membantu website dinilai terpercaya dan juga kredibel oleh mesin pencari seperti Google Search. Secara tidak langsung, skor DA yang tinggi dapat meningkatkan ranking suatu website di Google Search. 


Disamping faktor DA, faktor-faktor lain seperti konten yang relevan dan original, penempatan dan pemilihan keyword yang sesuai dan faktor-faktor teknis lainnya juga memengaruhi peringkat sebuah website di mesin pencari. Uniknya, ada beberapa kasus yaitu webiste dengan skor DA cukup rendah, namun memiliki konten yang sangat relevan dan juga original serta berkualitas bisa mendapat peringkat yang baik di mesin pencarian.


Dengan pembahasan di atas, kamu sekarang mengetahui bahwa DA bukanlah satu-satunya faktor penentu ranking dari sebuah website. Namun, DA tetap menjadi salah satu faktor penting jika ingin memiliki website dengan posisi yang baik di mesin pencarian.


Bagi kamu yang ingin mengetahui performa website kamu, baik soal DA, PA, ataupun traffic, bisa cek traffic web di seedbacklink sekarang juga. Dengan begitu, kamu bisa merancang langkah yang tepat untuk mengembangkan website kamu ke depannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas