Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Wednesday, 11 January 2017

Cara Membuat SKCK di Polres Kota Tegal


Bagaimana cara membuat SKCK(Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Buat fresh graduate pertanyaan ini akan terjawab dengan mendatangi polres setempat. Tapi kalau malas googling aja dulu, yes? :P Ya, namanya butuh kan ya, jadi harus cari tahu infonya. Tahun ini Ayie, adek saya bikin SKCK di Polres kota Tegal. Alur proses pembuatan SKCK dengan meminta surat pengantar dari RT, RW, Kelurahan lalu Kecamatan tempat tinggal. Karena adek tinggal di Kecamatan Tegal Timur jadi ya ke Kecamatan dulu di deket GOR Wisanggeni. Setelah itu baru ke Polres Kota Tegal.


Pas Ayie pertama ke sana, dia dianter bapak. Ngurus surat pengatar juga sama bapak. Jadi saya nggak tahu gimana prosesnya. Tapi yang jelas setelah sampai di Polres, kantor yang bagian buat bikin SKCK kena banjir. Saya bingung juga waktu Ayie ngasih tahu kalau kantornya banjir. Kenapa bisa banjir ya? Padahal setahu saya kantor polisi kota Tegal itu nggak terlalu deket sama pantai. Karena banjir jadi ya kantornya tutup. Baru setelah beberapa hari dia ke sana lagi, kali ini bareng saya. Kantornya alhamdulillah, nggak banjir lagi walau bulan ini emang lagi masuk musim penghujan. Kalau banjir lagi amalak bakalan lama bikinnya musti balik ke sini lagi.

Sampai di sana dia bikin SKCK-nya, saya nungguin di luar sambil motret-motret persyaratan. Biar bisa jadi bahan tulisan. Siapa tahu ada orang lain yang butuh tahu cara membuat SKCK juga. Trus dia nyasar di blog ini. :D


Syarat Membuat SKCK:

1.       Fotokopi KTP/Identitas lain
2.       Fotokopi Kartu Keluarga(KK)
3.       Fotokopi Akte Lahir
4.       Rumus Sidik Jari
5.       Fotokopi Paspor
6.       Pas foto ukuran 4x6, 6 lembar warna merah

Proses Pengurusan SKCK:

  1. Pemohon mengajukan permohonan SKCK sesuai dengan lingkup keperluannya dengan melengkapi persyaratan.
  2. Setelah diterima di loket, petugas akan melakukan pencatatan identitas pemohon.
  3. Apabila pemohon belum memiliki rumus sidik jari, maka akan dilakukan pengambilan sidik jari oleh fungsi reskrim(identifikasi/inafis).
  4. Dilakukan penelitian kesesuaian/kecocokan dokumen persyaratan dan ada tidaknya Catatan Kepolisian pemohon.
  5. Bila berkas pemohon dinyatakan lengkap, maka permohonan SKCK pemohon akan diproses dan bila hasil penelitian ternyata berkas belum lengkap maka akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
  6. Bila ada hal-hal yang meragukan dalam hasil penelitian maka akan dilakukan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal.
  7. Bila tidak ditemukan hal-hal yang meragukan dan permohonan sudah melengkapi persyaratan maka diterbitkan SKCK sesuai keperluan pemohon.
Setelah baca ini saya jadi mikir kalau sebenernya surat pengantar nggak diperlukan. Tapi kok suka disuruh bikin sekalian ya? :-? Padahal toh di bagian pengurusan SKCK sendiri nggak mensyaratkan. Btw, semua lembar persyaratannya jangan lupa dimasukkan ke dalam map. Biar nggak tercecer ya.  


Biaya pembuatan SKCK 10 rb.

Jam operasional diurus mulai dari
Hari Senin-Kamis : pukul 08.00-15.00 (jam istirahat pukul 12.00-13.00).
Hari Jumat : pukul 07.30-14.30 (jam istirahat pukul 12.00-13.00)

Setelah sudah jadi nanti diminta buat difotokopi legalisir. Biaya fotokopi per lembar 250. Waktu itu Ayie fotokopi 10 lembar. Di samping kantornya udah ada koperasi, jadi nggak usah keluar kantor untuk fotokopi kecuali kalau mesinnya lagi error.

Kalau butuh ATM juga ada ATM BRI, sayangnya agak kurang privasinya soalnya saya lihat yang masuk ATM kok bejubel gitu. Mending di luar aja sih kalau mau. Di bagian luar kantor Polres Kota Tegal ada ATM BRI juga yang cuma satu aja mesinnya. Jadi lebih aman menurut saya.

Oh iya, pas masuk ke kantornya pengunjung diminta buat nuker KTP dengan tanda pengenal pengunjung. Tapi buat yang nganterin sih nggak usah pakai juga nggak papa. Trus, kalau punya paspor bawa aja sekalian. Adek saya lupa bawa paspor dan nggak hafal juga nomernya. :D 

Nah, itulah tadi Cara Membuat SKCK di Polres Kota Tegal. Buat yang butuh, semoga artikel ini membantu kamu ya. ;)

11 comments:

  1. Oh ... macam tuh prosesnya mbak. Hehe saya termasuk yang nyasar ke blok mbak lantarab mau buat SKCK

    ReplyDelete
  2. wah mantap, begitu ya pelayanannya

    ReplyDelete
  3. Cukup mudah yah ternyata. Thanks udah sharing kak.

    ReplyDelete
  4. Waaah... Sudah lamaaa bgt ngurus SKCK, pas lulus kuliah dan sempat daftar PNS deh ya... Tergolong mudah a ngurusnya...

    ReplyDelete
  5. Membantu banget ini Mbak untuk yang lagi ngurus skck 👍👍

    ReplyDelete
  6. ngurus SKCK menurutku yang paling penting adalah: niat dan semangat hahhaa
    paling males ngurus birokrasi

    ReplyDelete
  7. wah beneran ga ditanya perihal surat pengantar nih? jadi ga diperlukan alias dibawa pulang lagi gitu ya surat pengantarnya (rt rw kwl kec)?

    ReplyDelete
  8. ngurus skck itu gampang juga ya

    ReplyDelete
  9. Polres Tegal itu di alun-alun kota Tegal kan mas mba.. hehehe. Gue kesasar soalnya ��

    ReplyDelete
  10. Polres Tegal itu di alun-alun kota Tegal kan mas mba maaf gua kesasar 😁 di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan yang di situ, mas. Di deket kantor pos tegal yang di balaikota lama (balaikota lawas) :D ancer-ancernya bisa nanya sama sopir angkot klo pake angkutan umum.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)