Tuesday, 29 September 2015

Mengenal Peer Learning Serta Manfaatnya Bagi Bidang Pendidikan



Mengenal Peer Learning Serta Manfaatnya Bagi Bidang Pendidikan

Kenapa sih belajar bersama teman terasa lebih menyenangkan?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dikutip dari situs CIMA Global, ternyata belajar dengan teman memang memberikan banyak manfaat. Bukan hanya bermanfaat dari segi hubungan sosial saja lho. Belajar bersama teman juga membuat seseorang jauh lebih mudah memahami dan mengingat materi yang sedang dipelajari.

Materi belajar bersama teman dikenal dengan istilah peer learning. Karena dianggap memiliki banyak manfaat, tentu saja diharapkan bahwa guru bisa menerapkan metode peer learning dalam kegiatan belajar mengajar. Peer learning bisa membuat hubungan guru dan siswa menjadi akrab. Serta membuat kompetensi guru maupun murid jadi semakin bertambah. 

Beberapa manfaat berikut ini bisa diperoleh saat menerapkan peer learning :

1. Mengingat Informasi Penting

Interpretasi yang disampaikan dengan cara yang berbeda ternyata menghasilkan sesuatu yang berbeda. Jika disampaikan secara akrab dengan bahasa yang lebih santai dan mudah diterima, rupanya suatu informasi penting justru akan melekat kuat dalam ingatan.
Jadi, kelas peer learning yang dijalankan secara efektif akan membuat guru dan siswa jadi lebih siap menerima informasi penting.

2. Meningkatkan Kemampuan Interpersonal

Saat melaksanakan kelas peer learning, seseorang diajak untuk bisa berbaur dan mengenal orang lain. Cara untuk berinteraksi dan membangun kedekatan akan meningkatkan kemampuan interpersonal. Sehingga tentu saja peer learning juga memberikan manfaat bagi kemampuan sosialisasi seseorang.

3. Manfaat Penilaian Dalam Peer Learning

Dalam pelaksanaan peer learning, setiap guru maupun siswa yang terlibat bebas memberikan penilaian terhadap hasil karya salah satu anggota peer learning. Menyampaikan ide secara lugas, jujur, dan sopan akan merangsang kreativitas berpikir. Pola pikir akan berkembang menjadi lebih inovatif jika dapat memandang sesuatu dari sisi yang berbeda.

Tertarik mendalami peer learning dan manfaatnya?

Yuk ikuti rangkaian seminar pendidikan Gess Indonesia akan diadakan pada tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2015 di JCC. Gess Indonesia (Global Educational Supplies and Solutions Indonesia) adalah organisasi bidang pendidikan yang sudah lebih dulu berdiri di Meksiko dan Dubai. Kehadiran Gess Indonesia diharapkan dapat pengambilan keputusan dan kemajuan kualitas pendidikan di tanah air.

Salah satu materi seminar akan membahas tentang peer learning dan model ISTE (International Society for Technology in Education). Nantinya metode peer learning dan model ISTE diharapkan bisa menjadi metode pembelajaran profesional bagi para guru di Indonesia. Mari lakukan registrasi melalui http://bit.ly/1WfsBNU. Karena keberhasilan di masa depan akan ditentukan oleh pendidikan di masa kini.

6 comments:

  1. peer learning,jade inget dulu waktu ngjar anak2 SMP hehehe

    ReplyDelete
  2. Kalo belajar sama temen lebih nyantai x ya dan lebih enak aharing dan tukar pendapat juga

    ReplyDelete
  3. Navaro belajarnya cuma sama mamanya dirumah. pantas suka malas malasan. hehe

    ReplyDelete
  4. belajar dengan menyenangkan bisa cepat menyarap ilmunya

    ReplyDelete
  5. Kiki... semoga sukses terus kegiatannya ke depan ya...

    ReplyDelete
  6. sukses selalu kegiatannya ya mbak kiki, salam kenal

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)