Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 3 February 2021

5 Tips Mengurangi Kebiasaan Merokok Secara Alami

 

5 Tips Mengurangi Kebiasaan Merokok Secara Alami  

 

Merokok adalah sebuah aktivitas yang bisa membuat candu bagi pelakunya. Awalnya hanya satu batang rokok, lalu bertambah hingga menjadi kecanduan. Ibarat candu, kebiasaan merokok akan membuat orang menjadi sangat ketergantungan dengan zat nikotin dalam rokok tersebut.

Bapak saya juga seorang perokok aktif bahkan hingga usia 60 tahunan. Saya pikir, beliau akan berhenti merokok ketika saya mengidap sakit asma saat kelas 3 SMP, namun ternyata tidak. Kebiasaan merokok itu sangat sulit diubah jika tidak dari keinginan diri sendiri. Kebiasaan merokok ini semakin lama semakin sulit dikendalikan dan membuat dompet menjadi kempes karena boros.

Setiap kali saya menyapu teras rumah, saya menemukan bekas puntung rokok berserakan di lantai. Meskipun di meja sudah disediakan asbak, tapi merokok dapat membuat candu yang sangat menyenangkan bagi perokok tersebut.  Hingga tanpa sadar seseorang akan sangat ketagihan menghabiskan berpuluh-puluh batang rokok selama seminggu.

Anyway, actor Korea Ji Chang-wook juga seorang perokok aktif. Ia juga kesulitan mengendalikan kecanduan rokok yang sudah menjadi candu. Namun, ia bisa menguranginya jika berurusan dengan pekerjaan. Saya pernah membaca bahwa untuk urusan pekerjaannya menjadi actor, ia sangat professional. Jadi begitu ada aktris yang anti rokok, maka ia berusaha untuk membersihkan mulutnya agar tidak menimbulkan bau rokok saat berbicara dengan rekan kerjanya.

 

tips stop merokok bagi pecandu rokok
berhentilah merokok sebelum nyawamu hilang (doc : https://www.pfimegalife.co.id)

Inilah 5 Cara Alami untuk Tidak Merokok :

1.       Miliki niat yang kuat untuk memulai hidup yang lebih sehat tanpa rokok

Niat yang kuat merupakan bahan bakar terbaik untuk setiap perubahan yang terjadi. Kamu tidak serta merta bisa berubah langsung drastis begitu saja, tapi harus pelan-pelan diubah dengan meniatkannya lebih dahulu.

Miliki alasan dan niat yang kuat untuk perubahan tersebut. Begitu kamu punya niat untuk berhenti merokok, kamu harus bilang pada orang sekitarmu bahwa kamu sudah tidak merokok. Dengan begitu, kamu tidak akan ditawari merokok lagi.

 

2.       Membuat label diri yang baru bahwa kamu tidak merokok

Buatlah label diri yang baru untuk dirimu. Dengan melabelkan diri sesuai habit baik yang ingin kamu mulai kerjakan, kamu akan mendapatkan keteguhan untuk terus menerus melakukan hal-hal baik. Misalnya, kamu bilang bahwa kamu tidak merokok.

Afirmasi ini harus terus diulang-ulang setiap hari agar kamu yakin dengan dirimu sendiri. Mulai menjadi pribadi yang baru ya. Ingat ya, label baru ini menyebutkan bahwa  kamu tidak merokok. Bukan kamu mengurangi rokok. Saat kamu stop dengan aktivitas tersebut, maka kamu akan merasa bahwa merokok memang tidak baik. Label baru ini akan terus menempel dalam dirimu nanti.

 

3.       Menghindari lingkungan perokok aktif

Menghindari lingkungan perokok yang aktif merokok memang sangat sulit. Iya, saya tahu kok. Sama halnya ketika kita bilang pengin olahraga tapi lingkungan kita tidak mendukung, maka akan sulit mengubah kebiasaan tersebut. Itu sebabnya, cari lingkungan yang mau mendukung perubahan hidupmu menjadi lebih baik. Jangan berkumpul dengan sesama perokok karena mereka pasti akan menawarimu untuk merokok.

 

4.       Hindari pemicu yang membuat kamu tertarik merokok

Apa alasanmu merokok saat pertama kali mengambil sebatang rokok? Apa yang membuatmu bisa merokok hingga berpuluh-puluh batang? Cari “big why” dari setiap aktivitas yang memicu kebiasanmu saat merokok. Cari pemicunya, lalu hindari pemicu itu.

Lalu, cari pula “big why” kenapa kamu harus berhenti merokok. Tulis alasanmu berhenti merokok di kertas, lalu buatlah pernyataan diri sendiri bahwa kamu berhenti merokok mulai saat ini. Makin detail alasanmu untuk tidak merokok, maka kamu akan makin yakin bahwa pilihanmu untuk tidak merokok adalah hal yang tepat.

 

5.       Cari pengganti rokok yang tidak membahayakan tubuh

Mungkin awalnya kamu merokok untuk mengalihkan stress yang melanda dirimu. Itu sebabnya, kamu harus mencari pengganti rokok yang tidak membahayakan tubuhmu. Misal : kamu rutin berolahraga, meditasi, menulis jurnal harian, yang akan membuat tubuh dan pikiranmu menjadi lebih tenang dan tidak stress lagi.

Saat kamu memiliki keinginan untuk memasukkan batang rokok ke dalam mulutmu, kamu bisa mengalihkannya dengan minum air putih, atau jus buah. Atau bisa juga dengan menggunakan permen karet. Kunyah permen karet hingga tidak memiliki rasa. Maka keinginanmu untuk merokok akan berkurang.

 

Nah, semoga artikel tentang cara alami untuk tidak merokok ini bermanfaat untukmu ya. Selamat mencoba!  

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)