Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Monday, 27 November 2017

Doa Enteng Jodoh



Kapan hari ada seseorang nanya sama saya gimana caranya biar dapet jodoh. Eaa... ya gimana yaaa. Saya aja belum dapet. 😜 Trus saya bilang kalau ada temen yang pernah sharing sama saya soal cerita proses taarufnya dulu yang terbilang cepet dan nggak belibet. Padahal keduanya dari dua kota yang berbeda meski masih satu suku ya, jawa. Dia emang dari dulu niatin nikah muda. Jadi dia udah nyicil doanya dari SMA. Wow, SMA lho. Saya aja nggak kepikiran buat nyicil doa. Yang ada nyicil galau iya. Wkwk. *dikeplak yang baca*

Ibaratnya nih kalau kamu lagi kepingin sesuatu pasti kamu mau dong keinginan itu terwujud dengan lebih cepat. Dengan merayu sama yang maha mengabulkan pinta; Allah. Entah dengan nabung doa, uang, atau berusaha lebih keras dari biasanya.

Apalagi kalau buat dapet jodoh. Pasti usaha dan doanya lebih keras dari orang lain. Kalau orang lain doanya cuma sesekali, kamu musti banyakin doa itu sampai bibirmu sudah sangat hafal doanya. Si temen saya ini cerita kalau dia sampai sekarang masih reflek keingetan sama doa dapet jodohnya itu trus ngucap tiba-tiba pas lagi selo, makanya doanya buru-buru dia ralat. Khawatir jadi doa yang tertunda. Wkwk. Lha kalo udah nikah masa mau dapet jodoh lainnya. Kan gimana gitu. 😝

Trus, saya keingetan juga sama Hamidah Rahma siapa gitu *lupa nama panjangnya wkwk*, tahu kan seleb ig yang baru aja nikah itu? Dia cerita kalau dulu dia mendetailkan kriteria jodohnya. Detail banget sampe dicatet di kertas. Pas bikin detail kriteria itu dia lagi sama temennya.

Nah pas dia nikah, si temennya itu kasih testimoni *halah* maksudnya kasih komentar bilang kalau dia speechless karena kriteria yang ditulis sama Midah ini kok ya mewujud nyata dalam sosok calon suami Midah itu. Persis sama dengan kriteria yang dia minta sama Allah. Persis plek jiplek, nggak kurang suatu apapun.

Trus Midah bilang sama followersnya yang ngeDM dia buat nanyain kepastian kriteria itu, dia bilang, “Iya, aku aja kalo mau turun berat badan nyebutin berapa kilo mau turunnya. Wkwk.” Gilak ni anak. Gokil abis. 😂

Trus, gimana sih doa dapat jodoh yang sesuai sama keinginan hati itu?

Sebenernya ada banyak literatur baik video, buku maupun postingan web yang nyebutin doa cepet dapet jodohnya blablabla. Tapi doa enteng jodoh ini yang saya catet deh. Siapa tahu ada yang butuh ya. 😍 *nah, tuh deh, diapalkeun* Doanya pake bahasa Indonesia, klo yang bahasa arab nyari aja di web ya.

“Ya Allah, anugerahkanlah pada kami jodoh kami serta keturunan kami sebagai penyenang hati kami ini, serta jadikan kami imam bagi orang yang bertaqwa.” 
“Ya Allah, berikanlah padaku suami yang terbaik dari sisimu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat nanti.” 
“Ya Allah, aku ingin menikah. Ya Allah, tetapkan untukku pria yang tampan rupa serta akhlaknya, yang luas rezekinya, yang paling banyak berkahnya, serta karuniakan aku anak yang baik, serta engkau jadikan ia sebagai kebanggaan pada masa hidupku serta keberhasilan setelah kematianku.” 
“Ya Allah, sesungguhnya aku sudah ingin menikah Datangkan untukku lelaki yang paling menjaga kehormatannya. Lelaki shaleh yang menyejukkan hatiku. Lelaki yang paling bisa menjaga diriku dan hartaku. Nikahkan aku dengan lelaki shaleh yang menyejukkan hatiku. Ya Allah, Engkau mampu menundukkan yang kuat untuk yang lemah, kalau Engkau mampu menundukkan ini dan itu, maka Engkau mampu menundukkan satu lelaki yang shalih untukku.”

Trus saya lupa doanya apa lagi. -_-“

Tapi yang paling saya inget dari cerita temen, mba Windi, dia bilang kalau takdir kita itu bersinggungan dengan orang lain. Baik soal rezeki, kelahiran, kematian, jodoh. Jadi kemungkinan terkabulnya doa juga berhubungan dengan takdir orang lain. Jadi jangan berburuk sangka dulu sama Allah kalau doanya nggak terkabul cepet. Siapa tahu ya rezekinya si jodoh ini ada hubungannya dengan orang lain.

Misal kalau si A nggak kenal B, si A nggak akan ketemu C. Padahal si C ini ditakdirkan jadi jodohnya A. Jadi harus ada pertemuan dulu antara A dan B baru dia bisa berjodoh dengan C. Gitu sih, jadi ada step by stepnya. Bisa aja Allah ketemuin si A dengan orang lain dulu, tapi nggak jadi. Trus dia patah hati biar dia tahu gimana caranya menjaga jodohnya nanti. Biar ga gampang bilang cerai blablabla.

Intinya setiap pertemuan dengan seseorang pasti ada maksudnya, kenapa Allah ngenalin kita sama orang itu. Jadi buka mata, buka telinga, dan buka hati. Dan berbaik sangka sama Allah, berbaik hati sama orang karena kita nggak akan pernah tahu kebaikan mana yang akan mengantar kita pada terkabulnya doa tersebut.

Ya, gitu aja curhatannya. Semoga bermanfaat ya. 



2 comments:

  1. Robbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waritsiin...
    itu doa favoritku dulu mbak. hehe

    ReplyDelete
  2. Aamiin.. Semoga doa enteng jodohnya segera dikabulkan..

    Yg penting tulus kepada Allah SWT doanya...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)