Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Friday, 4 August 2017

Inilah 4 Cara Menghilangkan Jerawat yang Wajib Kamu Coba

Inilah 4 Cara Menghilangkan Jerawat yang Wajib Kamu Coba

Beberapa bulan lalu saat saya sedang mengalami gangguan hormonal yang bikin haid saya nggak teratur, praktis bikin saya mengambil keputusan untuk menghentikan pemakaian skin care. Mengingat saya masih galau karena haidnya nggak normal. Entah karena stress, makanan yang nggak sehat, atau salah pemakaian produk skin care. Jadi saya biarkan saja wajah saya tanpa polesan skin care untuk beberapa minggu. Eh, ternyata ini bikin saya jadi males ngerawat diri, bahkan untuk sekadar cuci muka aja males. Hahaha. Duh ya, jangan ditiru deh. 😋

Baru deh, saya galau pas jerawatnya muncul di bawah dagu. Walau nggak gede-gede amat, dan jumlahnya hanya 1-2 buah berukuran kecil. Jerawat tetep aja jerawat kan, yaa? Saya yang jarang banget jerawatan dari sejak remaja, kok tiba-tiba keluar jerawat? Kan nggak banget. 😕

Saya pun curhat sama adek soal jerawat ini. Trus dia nyaranin buat pakai produk Ovale pembersih wajah. Pas dicobain pake kapas yang dikasih Ovale dikit, saya ngerasa kulit wajah saya yang berjerawat terasa perih. Perih banget kena kandungan alkoholnya. Jerawat yang ditempeli kapas basah itu jadi terasa sakit sekali. Kalau kata adek, perihnya itu terjadi karena kulit saya emang lagi sensitif akibat jerawat. Jadi kalau kulit wajah saya normal, kandungan Ovale nggak akan bikin terasa perih sampai segitunya. Oo, iya juga ya. 😁

sumber : http://www.sipcantik.com/2017/05/produk-ovale-pembersih-wajah-jerawat.html

Saya coba tahan perihnya trus bilang dalam hati kalau jerawat ini hanya butuh treatment bentar. Nggak akan lama. Dan yak, bener kata adek saya yang bilang kalau pakai Ovale itu bakalan bikin jerawat langsung kempes dan kering. Iiih, mau banget lah ya! Hehe. Jadi saya pakai Ovale hanya dua kali, dan abis itu jerawat udah mulai  kering dan menghilang. Bekas jerawat mungkin bakal lama hilangnya ya. Tapi di fase inilah saya yakin bahwa seberapa besar pengaruh hormonal dan stress mempengaruhi kondisi kulit wajah saya.

Trus, setelah tahu kondisi wajah, saya nggak mau lagi dong jerawatan lagi. Saya baca artikel tentang cara menghilangkan jerawat. Jadi apa aja sih cara biar jerawat nggak balik lagi?

1.       Rajin membersihkan wajah


Rajin membersihkan wajah paling nggak pas mandi, wudhu, maupun cuci muka sebelum tidur. Dulu saya males banget bersihin wajah sebelum tidur, tapi inget lagi gimana rasanya berjerawat dan komedo, jadi mikir lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi sekarang rajin pakai facial foam buat bersihin kotoran yang menempel di wajah menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat yang saya terapkan sehari-hari..

2.       Mengatur pola makan


Dulu saya pikir mengkonsumsi produk susu dan turunannya secara terus-menerus setiap hari nggak masalah. Apalagi saya doyan banget sama keju. Segala macem kuliner yang ada kejunya saya cobain. Sekarang, saya mulai membatasi makanan yang mengandung keju, susu, dan turunannya. Paling seminggu sekali itu pun dalam porsi yang sedikit. Nggak kayak dulu yang tiap malem seringnya makan martabak cokelat keju atau roti sobek rasa keju. Duh, hahaha. Gimana nggak makin cubby dan berjerawat kalau pola makannya nggak diatur. 😋 Sekarang saya juga mulai rutin minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas biar kulitnya sehat. Oiya, karbohidrat dan gandum juga memicu terjadinya jerawat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jadi, kalau kamu lagi jerawat, kurangi aja makanan yang mengandung karbohidrat, susu, dan gandum ya. Kalau lagi pengin ngemil bisa dialihkan ke sayuran dan buah-buahan untuk mempercepat pemulihan kulit wajah agar sehat kembali. Sayuran dan buah bisa dibikin salad maupun superfood kalau kamu mau.



3.       Emotional Healing


Percayakah kamu bahwa kesehatan diri erat kaitannya dengan caramu mengatur emosi?. Saya percaya hal itu. Nggak gampang memang. Makanya saya harus mulai menata stress agar tidak berubah menjadi penyakit. Dalam skala kecil, stress yang saya alami sering menimbulkan flu berkepanjangan, maag hingga asma. Kalau udah gitu biasanya saya introspeksi diri kalau sudah kelewat batas mikirin segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan atau pressure yang saya rasakan. Jadi, emotional healing itu penting banget lho. Dengan memberi sugesti yang terbaik untuk pikiran dan tubuh. Saya percaya bahwa segala yang kita alami dalam hidup akan diberikan kemudahan untuk menyelesaikannya oleh Tuhan. Jadi percaya saja ya.

4.       Mengatur pola tidur


Sejujurnya, mengatur pola tidur adalah hal yang paling sulit saya lakukan. Pola tidur saya dulu berantakan banget karena saya kena insomnia parah. Kadang jam 1 dini hari saya terbangun hingga terjaga sampai fajar tiba. Padahal seharusnya di jam-jam itu badan kita sedang beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh biar besoknya bisa fit lagi. Tapi dulu saya mengalami insomnia yang bikin saya hanya tidur 3-4 jam pada malam hari. Inilah yang memicu beberapa penyakit muncul, seperti kelelahan yang sangat, badan lemas, flu berat, maupun jerawat/komedo. Jadi, jika kamu sedang ingin mempraktikkan cara menghilangkan jerawat, mulailah untuk memperhatikan pola tidurmu agar jerawatmu segera hilang dari wajah.


Nah, semoga artikel tentang cara menghilangkan jerawat ini bermanfaat ya! 




3 comments:

  1. Kalau lagi haid, aku kok jadi males bersihin wajah ya. Biasanya muncul2nya jerawat kan mulai dari menjelang haid.

    ReplyDelete
  2. Aduh, menghindari susu dan keju itu susahnya :( insomnia juga. Demi perginya jerawat tapi ya. Thanks for sharing, Mba!

    ReplyDelete
  3. dulu, ayahku, aku jerawatan , pakai apa saja tetep jerawatan tp setelah menikah hilang jerawatnya, sekerang anakku, dipakai obat apa saja gak mempan, aku bilang nanti kalau menikah hilang dg sendirinya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)