Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Friday, 25 August 2017

Apa Saja Tanda-Tanda Persalinan yang Sebaiknya Diwaspadai?

Tidak ada cara pasti untuk memprediksi kapan tepatnya persalinan akan terjadi. Dan bahkan, ketika kita mengalami beberapa gejala atau tanda-tanda akan bersalin, kadang-kadang kelahiran bayi masih bisa terjadi dalam hitungan hari, minggu, atau bulan sejak tanda-tanda tersebut muncul. Namun untungnya, tubuh seorang ibu akan mempersiapkan diri untuk proses persalinan sejak 1 bulan sebelum melahirkan. Sehingga, kita (ibu hamil) bisa siap siaga. Apalagi jika usia kemahilan sudah mendekati waktu kelahiran (HPL) atau usia ibu saat hamil sudah 40 tahun yang enyebabkan ibu memiliki risiko kehamilan, maka sebaiknya ibu memeriksakan dan mengetahui apa saja tanda persalinan yang bisa terjadi dalam waktu dekat. 

Agar tidak salah mengidentifikasi, sebagai ibu hamil, anda perlu mengetahui tanda-tanda persalinan berikut ini:



1. Kepala bayi sudah mapan dan menghadap ke bawah

Jika ini adalah kehamilan pertama ibu, beberapa minggu sebelum persalinan tiba biasanya posisi bayi berada pada posisi yang sangat rendah (di sekitar panggul). Ketika itu terjadi, ibu hamil mungkin akan merasakan tekanan sedikit pada bagian bawah tulang rusuk.

2. Kontraksi Braxton Hicks lebih sering dirasakan ibu hamil

Seiring dengan semakin dekatnya waktu persalinan, kontraksi akan lebih sering ibu hamil masakan dan lebih intens. Ini adalah sinyal paling kuat untuk proses persalinan, dimana leher rahim calon ibu akan mulai melebar dan membuka. Beberapa wanita hamil mengatakan bahwa mereka mengalami semacam kram seperti menstruasi pada periode ini.

3. Leher rahim mulai berubah

Dalam hitungan minggu atau beberapa hari sebelum melahirkan, akan terjadi perubahan pada jaringan ikat leher rahim. Perubahan yang terjadi adalah, leher rahim menjadi lebih lembut dan elastis serta membesar.
Jika ibu hamil pernah melahirkan sebelumnya, kemungkinan besar leher rahim akan melebar sekitar 2 cm sebelum persalinan dimulai. Namun jika ini adalah kehamilan pertama, bahkan setelah usia kehamilan mencapai 40 minggu, pembukaan (rahim) mendekati persalinan biasanya hanya akan terjadi sebanyak 1 cm saja.

4. Jika ibu hamil mengalami semacam keputihan atau muncul lendir

Jika ibu hamil mengalami semacam keputihan di mana leher rahim mengeluarkan lendir secara signifikan, maka itu bisa mengindikasikan bahwa waktu persalinan semakin dekat. Lendir sebagai tanda-tanda mendekati persalinan umumnya berwarna coklat merah muda atau terlihat seperti warna darah.
Namun perlu diingat, berhubungan seks atau tes vagina juga bisa menyebabkan keluarnya lendir seperti akan melahirkan.

5. Apabila kantung ketuban pecah

Jika kantung ketuban pecah, umumnya ibu hamil akan merasakan cairan yang merembes dalam sedikit atau jumlah banyak dari Miss V, ini bisa jadi sinyal bahwa sudah waktunya ibu pergi ke rumah sakit atau menghubungi bidan ibu untuk mendapatkan pertolongan.


kode voucher sociolla.com : SBNLAYNA


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)