Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Wednesday, 1 February 2017

Koper Juga Butuh Identitas, Agar Tidak Hilang Atau Tertukar Saat Traveling

Koper juga Butuh Identitas, agar Tidak Hilang atau Tertukar saat Traveling
shutterstock_403707244.jpg

Kalau kamu hobi traveling, bisa dipastikan kamu memiliki beberapa koleksi koper di rumahmu. Beberapa di antaranya bahkan menjadi koper favorit yang selalu kamu pakai ke mana pun kamu pergi. Namun, koper kesayanganmu ini bisa saja rusak, hilang, atau tertukar di bandara, yang tak lain menjadi salah satu risiko dalam perjalanan traveling, khususnya ketika sedang musim liburan.

Untuk meminimalisir kejadian ini, kamu bisa menandai kopermu dengan berbagai cara agar mudah dikenali. Sebab koper kamu pun butuh identitas saat bercampur aduk dengan ratusan koper lainnya. Apalagi kalau ada penumpang lain yang memiliki koper sama persis dengan milikmu. :D


Setidaknya, dalam kondisi ramai dan penuh sesak, kamu bisa langsung mengenali keberadaan kopermu meski dari jauh dan lebih cepat meraihnya, sehingga risiko koper terbawa atau tertukar penumpang lain pun menjadi minim.


Yuk coba cara-cara unik dan kreatif untuk menandai koper kesayanganmu berikut ini:

1.       Buat Tag Koper Unik

Kamu bisa membuat sendiri desain tag koper yang unik untuk menandai bagasimu. Lalu, kamu print dengan ukuran lebih besar dibandingkan tag koper pada umumnya, dilaminating seperti kartu, dan dilubangi pakai pembolong kertas, tambahkan pita atau tali untuk dikaitkan pada kopermu. Jangan lupa mengambil foto koper dengan tag kreasimu ini sebelum pergi sebagai bukti identitas koper.

Namun hati-hati dalam memberikan informasimu di tag koper, cukup cantumkan nomor telepon atau alamat email, dan hindari menuliskan alamat rumah. Sebab bisa terbaca oleh orang lain yang punya niat tidak baik, di mana mereka akan tahu kamu sedang liburan dan rumahmu kemungkinan kosong.

Perlu diperhatikan, jangan membuat desain tag koper yang dapat menimbulkan kecurigaan alias berbau ancaman bahaya, misalnya gambar senjata api, lambang radioaktif, dinamit, atau kata-kata provokasi berbau SARA, sebab kamu dan kopermu justru bisa terkena masalah lain yang merepotkan.

2.       Rekatkan Lakban Berwarna Cerah

Rekatkan lakban berwarna cerah di sekeliling koper milikmu, atau paling tidak di pegangan kopernya saja kalau tidak ingin terlalu terlihat. Kecuali kamu memang berniat mengamankan koper, maka rekatkan lakban sampai beberapa kali mengelilingi koper sebelum dimasukkan ke dalam bagasi. Jika lakban rusak saat kopermu terima kembali, maka ini bisa menjadi bukti adanya penyalahgunaan dengan usaha membuka koper milikmu.

3.       Ikat Pita atau Kain Perca

Cara lainnya adalah mengikatkan pita atau sehelai kain berwarna cerah pada pegangan koper. Pastikan ikatan pita atau kain tidak mudah terlepas, menyangkut, atau terjatuh. Kamu bisa menggunakan potongan kain dari baju bekas atau scarf, atau bisa juga mengkombinasikan beberapa kain dan pita berwarna-warni sekaligus supaya lebih terlihat jelas. Cara ini praktis dan hemat untuk menandai kopermu. Perhatikan panjang kain pada saat memotongnya, jangan terlalu pendek untuk bisa diikat cukup erat pada koper, tapi juga jangan terlalu panjang agar tidak menyangkut pada conveyer belt.

4.       Pasang Sabuk Koper

Ada beragam sabuk koper berwarna bisa kamu beli jadi di toko, fungsinya selain sebagai pengaman ganda koper milikmu, bisa juga sebagai penanda koper. Kalau mau lebih unik, kamu bisa menambahkan sulaman atau tambalan bordir yang dijahitkan pada sabuk ini, lalu pasang sabuk dan eratkan mengelilingi koper atau tas ranselmu.

5.       Tempel Stiker Menarik

Bagi kamu yang suka stiker, traveling bisa jadi kesempatan menarik untuk menghias koper dengan beragam stiker unik. Kamu bisa mengkombinasikan beberapa stiker dalam berbagai ukuran dan bentuk, sesuai tema yang ingin ditampilkan. Misalnya stiker ikon dari negara-negara atau tempat-tempat yang kamu kunjungi, stiker bermotif animal, gambar tokoh-tokoh idola, dan lain sebagainya. Namun, pilih stiker berbahan khusus yang tidak mudah mengelupas, misalnya stiker untuk mobil. Juga pilih bentuk stiker yang unik, berwarna cerah, dan ukurannya cukup besar agar mudah dikenali.

Menghias koper dengan stiker bisa menjadi kegiatan asyik bersama anak sebelum liburan bersama. Kamu bisa memanfaatkan promo tiket murah pesawat untuk mengajak si kecil berlibur, sekaligus mendapatkan promo hotel murah yang ditawarkan Reservasi.com dengan berbagai pilihan hotel yang menarik.

6.       Beli Koper Berwarna Unik

Nah, kalau kamu merasa tidak perlu melakukan usaha ekstra untuk menandai kopermu, sebaiknya kamu membeli koper dengan warna yang jarang ditemukan, lebih bagus lagi kalau bentuknya pun tidak biasa. Sehingga, tanpa tanda pengenal apa pun kamu bisa mengenalinya dengan mudah, sekalipun dari jarak jauh.

Jangan lupa untuk selalu menyertakan informasi alamat atau nomor yang bisa dihubungi pada koper milikmu. Informasi ini bisa membantu mengembalikan kopermu pada saat hilang atau tidak sengaja tertukar. :)

10 comments:

  1. No 6 itu saya banget Mbak :D Saya suka sekali sm warna orange, jadi nggak tanggung2 sy beli koper warna orange yang terang. Kalo lagi antri di pengambilan bagasi nggak perlu susah-susah cari kopernya.. hihi

    ReplyDelete
  2. SAya suka tempel sticker di koper, hehe biar keliatan

    ReplyDelete
  3. Aku cari koper pink keliling daerah sini tapi gak ketemu juga. :'D

    ReplyDelete
  4. Ide bagus. Jadi merekatkan lakban ya? :o

    ReplyDelete
  5. Point pertama ngena banget. :D Bisa dicoba

    ReplyDelete
  6. Aku sekarang ni cuma pake pita aja la lg nabung buat beli koper yg warnanya shocking pink

    ReplyDelete
  7. aku dong mbak dinamain pakai evrina Indonesia haha, saking gak mau hilangnya

    ReplyDelete
  8. Pas pertama kali jemput saudara di bandara, aku mikirin soal ini Mbak. Emang kopernya apa nggak ketuker? Hihihi.

    ReplyDelete
  9. Kemarin sempat kepikir beli koper, karena selama ini masih muat dengan tas ransel kalo bepergian dan anak-anak makin besar jd bawaan makin banyak. Eh kok berebut milih warna sama anak wedok, anak pengen merah gonjreng emaknya pingin biru hahaha.

    ReplyDelete
  10. biasanya di lekatkan nama di koper biar nggak ketukar

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)