Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Wednesday, 9 November 2016

Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan Sebelum Liburan

Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan Sebelum Liburan

Beberapa minggu terakhir saya sibuk bolak-balik keluar kota. Selain ke Pekalongan dalam rangka pekan batik, tanggal 21 Oktober saya juga ke Bandung selama 3 harian untuk wisuda adek di ITB. Dilanjut lagi dengan perjalanan ke Bandung lagi tanggal 1 November untuk wisuda adek di Unpad. Kalau dibilang capek, iya capek banget. Bukan hanya fisiknya yang harus strong tapi juga keuangan. Bersyukur saya sudah merencanakannya sejak sebulan yang lalu jadi memang ada dana yang disediakan untuk traveling begini. Bukan jenis traveling dadakan yang bisa dilakukan begitu ada itinerary yang ingin dikunjungi. Hehe. Itu sih namanya nekat. Nekat fisiknya dan nekat duitnya. Lol.

Jadi saya suka heran saya orang yang bilang traveling enak. Eh, belum tentu kok. Harus ada harga yang dibayar untuk mendapatkan hal tersebut. Itu sebabnya saya mau menyisihkan dana yang nggak sedikit untuk traveling. Karena buat saya traveling selain sebagai sarana cari konten buat artikel juga buat refreshing. Mencoba jauh dari pekerjaan sejenak. 

Kalau yang pas sebelum ke bandung saya justru sampai harus menyelesaikan revisi tulisan tepat 10 menit sebelum berangkat. Wkwk. Gila yah. Udah kelar packing tahu-tahu ada revisi yang harus dikerjakan. Beruntung udah nyiapin semuanya jadi saya minta izin sama ibu buat kelarin dulu revisiannya karena hanya tinggal submit aja sambil nunggu loading. Sederhananya semua kerjaan harus selesai sebelum ditinggal. Minta izin juga buat ngajar, dan bahkan sempet juga saya ngrasain nulis dua tulisan pas di Bandung. Wekeke. Sampai adek bilang lho kok tumben nulisnya sekarang padahal biasanya saya lama nulisnya nunggu diendapin dulu. Ya, kan bukan dalam rangka nulis artikel perjalanan. Lebih ke tulisan yang ringan aja yang bisa dikelarin dalam satu jam saja. 

Anyway, buat saya perjalanan traveling membuat saya harus mulai memanage semua hal dan segala kemungkinan yang ada. Kadang juga harus fleksibel dalam mengambil keputusan buat itinerary mau ke mana aja. Soal perencanaan keuangan juga harus diminimalisir biar ga bengkak banget.  Jadi buat yang pengin liburan, tentuin deh tujuan liburanmu buat apa, bikin itinerary yang rasional, sesuaikan budget yang cocok, dan pastikan bahwa pengeluaran dadakan tidak melebihi estimasi. Jadi biar nggak kaget juga kan kalau udah pulang kok tahu-tahu duitnya tinggal segini. Hehe.

A photo posted by Ila Rizky (@ilarizky) on

Selain itu saya juga rajin berdoa supaya dapet diskonan atau kemudahan dalam berlibur misalnya biar cuacanya mendukung buat liburan atau pas dapet souvenir harga murah. Kayak waktu ke Bandung itu, nggak ada rencana buat dapet diskon tiket Trans Studio Bandung. Waktu ngerencanain main ke Trans Studio Bandung bareng Wica dan Ayie kita tahunya kalau harganya normal. Tahu sendiri harga normal trans studio bandung berapa. 170 rb kalau harga normal di weekday. Kalau weekend makin nyekik harganya 270 rb. Wkwk. Beruntung dapet diskon 50 % jadi cuma bayar 85 rb aja. 

Alhamdulillah ya, rezeki tak terduga.  Jadi sekarang kalau mau liburan saya usahain budget tak terduga masuk dalam perencanaan keuangan. Karena saya tahu setiap rencana manusia akan jauh lebih indah rencana Allah. Jadi libatkan Allah dalam setiap aktivitas termasuk travelingmu. Biar dapat banyak kemudahan selama prosesnya. 

Kalau kamu, apa pernah melakukan perencanaan keuangan sebelum berlibur bersama teman dan keluarga? Share dong di komentar. :)

5 comments:

  1. Huhahahahaha kalo aku liburan ya ke mol. Belom pede keluar kota bawa anak bayi. Jadi ya ga pake perencanaan keuangan, la wong cuma lanjalan biasa

    ReplyDelete
  2. dana yang biasanya bikin keki pas travelling adalah..... oleh-oleh hihihi

    ReplyDelete
  3. kalau aku yang rencanain bukan sayanya, tapii.... ha ha

    Baru berkunjung lagi nih, hehe he

    ReplyDelete
  4. Beruntung bisa ke tsb dengan harga diskon

    ReplyDelete
  5. widiih si mba judulnya hampir mau 2 variabel, baguss nih buat judul skripsi...hhehhe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)