Sunday, 9 October 2016

Tips Menjalani Hidup Hemat

Tips Menjalani Hidup Hemat

Di era modern ini, hampir segala sesuatunya harus ditebus dengan uang, walaupun tidak semua namun sebagian besarnya membutuhkan uang. Untuk hidup sederhana di rumah misalnya, kita membutuhkan banyak uang untuk membayar tagihan listrik, membayar tagihan air (bagi yang menggunakan PDAM), dan masih banyak kebutuhan lainnya yang membutuhkan uang. Sehingga, menyisihkan uang untuk ditabung atau untuk digunakan berinvestasi sejak dini adalah sebuah keharusan.

Namun kadangkala, arus globalisasi menyebabkan banyak orang menjalani gaya hidup boros. Padahal, kita pasti akan membutuhkan banyak uang terutama di masa tua ketika sudah tidak mampu lagi bekerja secara maksimal seperti saat masih muda. Agar bisa berhemat, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Berhematlah mulai dari hal-hal yang kecil

Menghemat energi di rumah, misalnya dengan memilih lampu hemat energi adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Memilih lampu yang awet dan hemat energi walaupun berharga sedikit lebih mahal kadangkala jika dihitung-hitung jumlah pengeluaran yang kita keluarkan untuk membeli lampu (Led misalnya) dan membayar listrik jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan lampu konvensional model lama.

Selain dengan cara itu, masih ada banyak cara lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat di rumah. Contohnya:
  • Mematikan lampu dan berbagai peralatan elektronik pada saat tidak dibutuhkan.
  • Mengurangi jumlah penggunaan peralatan elektronik yang menggunakan listrik, dll.
matikan listrik jika tidak dibutuhkan. (doc : https://id.pinterest.com/pin/226517056235831638/)

Hindari terlalu sering berbelanja keperluan sekunder

Kadangkala tanpa sadar kita mencoba mengikuti perkembangan zaman dengan menjalani gaya hidup yang gelamor. Sayangnya, gaya hidup glamor harus ditebus dengan harga yang tidak sedikit. Berbagai teknologi saat ini memang semakin stylis dan canggih. Akan tetapi harganya juga tidak bisa dikatakan murah.

Keperluan sekunder kadang-kadang walaupun berharga murah namun apabila tidak terlalu dibutuhkan sudah pasti akan menyebabkan Anda menjadi boros. Misalnya, selalu mencoba membeli kendaraan keluaran terbaru padahal sudah punya, berusaha untuk membeli HP terbaru, membeli beberapa pakaian yang terkadang jarang dipakai, dan lain-lain.

Menjaga kesehatan

“Sehat itu mahal harganya.” Sebuah ungkapan yang paling sering kita dengar. Dan hal tersebut sepenuhnya benar. Menjaga diri agar tetap sehat adalah satu dari sekian cara menjalani gaya hidup hemat. Karena apabila sakit, biaya untuk berobat terkadang sangat mahal. Diantara beberapa cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan rajin berolahraga, memilih makanan-makanan yang sehat, serta pandai-pandai mengelola stress.

Bijak saat berbelanja

Berbelanja berbagai keperluan yang sangat dibutuhkan juga harus disikapi dengan bijak. Misalnya, Anda bisa membeli barang yang sangat dibutuhkan pada saat sedang diskon. Selain itu, berbelanja online yang menawarkan harga murah seperti diskon dan voucher bisa menjadi alternatif. Contohnya, Anda ingin berbelanja berbagai keperluan secara online dengan harga murah, cobalah mencari yang memberikan gratis ongkir atau melalui voucher expedia Indonesia.


bijaklah saat berbelanja agar uangmu bisa disimpan untuk berlibur (doc : https://id.pinterest.com/pin/527132331368780039/)

Hemat saat bepergian

Sebuah budaya di Indonesia yang hingga saat ini masih sering kita temukan adalah budaya mudik atau pulang kampung pada momen-momen tertentu. Kadangkala, ada orang yang sengaja menabung selama berbulan-bulan khusus untuk biaya perjalanan pulang kampung tersebut. Dan tidak sedikit juga yang terkadang menjadi sangat boros ketika pulang kampung dengan berbelanja berbagai keperluan yang tidak terlalu dibutuhkan. Atau banyak juga orang yang tidak tahu bagaimana cara berhemat saat melakukan perjalanan.

diskon berbagai merchant termasuk diskon pegi-pegi.com di web id.paylesser.com
Karena ini sudah menjadi budaya, maka sewajarnya apabila Anda harus tahu cara berhemat saat melakukan perjalanan pulang kampung. Salah satu caranya adalah dengan mencari tiket murah jika memang harus menggunakan pesawat. Untuk mendapatkan flight booking deal yang murah Anda bisa mencoba berburu voucher, diskon, dan promo dengan mendaftar newsletter atau dengan mengikuti (subscribe) beberapa media sosial yang dimiliki oleh maskapai penerbangan di Indonesia dan agen tiket online (OTA).

traveling in italy (doc : pinterest.com)

Masak sendiri di rumah

Membeli makanan di warung makan atau di restoran memang menyenangkan. Selain karena rasa makanan tersebut yang rata-rata enak, banyak orang cenderung memilih membeli makanan karena tidak sempat masak di rumah. Padahal, jika bisa meluangkan waktu untuk memasak sendiri dirumah, makanan rumahan jauh lebih terjamin kesehatannya dan jauh lebih hemat.

Karena bukan rahasia apabila banyak warung makan atau restoran yang sengaja menggunakan penyedap termasuk MSG sebagai bumbu makanan untuk menarik minat pelanggan. Padahal, efek dari makanan tersebut dalam jangka panjang sangat berbahaya.

Memasak sendiri dirumah akan memberikan kita kesempatan untuk memilih sayur, daging, dan berbagai menu makanan segar lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menghindari berbagai bahaya terutama yang datang dari pengawet, pewarna, hingga penyedap.

Berinvestasi Menabung memang sangat dianjurkan, akan tetapi membiarkan uang mengendap begitu saja tentu akan rugi rasanya. Alangkah bijaknya apabila Anda bisa mengalokasikan uang tersebut untuk dijadikan sebagai modal atau digunakan untuk berinvestasi. Karena tidak hanya bermanfaat dan mendatangkan untung dalam jangka pendek, melainkan berinvestasi akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Itulah beberapa tips menjalani gaya hidup hemat yang bisa Anda coba. Karena, kadangkala walaupun penghematan yang kita lakukan tidak terlalu besar, Namun apabila dikalkulasikan penghematan tersebut akan terakumulasi dalam jumlah yang tidak sedikit.





3 comments:

  1. Masalah listrik nih Mbak, dijamin deh bulan bakalan naik karena Kak Ghifa lagi hobi bgt nonton VCD. Bisa sampai lepas maghrib deh baru stop.

    ReplyDelete
  2. masak sendiri di rumah. itu emang efektif bgt mbak buat berhemat.

    ReplyDelete
  3. Ya ampyun mbak foto italinya menggoda banget. Cakeppp

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)