Sunday, 16 October 2016

Saat Sehat Didamba Pasca Sakit Maag dan Anyang-anyangan

Traveling dalam kondisi sehat adalah sebuah kenikmatan tersendiri bagi saya. Tak hanya bisa mengeksplorasi berbagai tempat, tapi juga bisa mencicipi kuliner beraneka ragam tanpa takut membuat perut sakit. Seminggu sebelum ke Pekalongan tanggal 8 Oktober lalu, saya sakit maag dan anyang-anyangan.

Awalnya saya kira hanya sakit diare biasa karena sebelum diduga maag, saya bolak-balik pup. Cairan pup yang encer membuat saya akhirnya mau tak mau membenahi pola makan yang sedang berantakan. Saya baru ingat kalau dua  minggu sebelumnya saya meminum kopi tanpa memakan apa pun. Hanya sebagai minuman di pagi hari. Selepas itu saya masih sering makan pagi dengan bubur ayam dan sate telur.

Bubur ayam yang diberi sambal itulah yang membuat saya diare berhari-hari. Ya, saya yang nggak tanggap dengan alarm tubuh ternyata bikin saya lumayan kewalahan. Bukannya membaik, diare saya berujung pada perut begah dan mual tiap kali saya akan makan. Maklum, saya suka banget pedas, jadi rasanya nggak enak kalau makan tanpa sambal. Saya juga masih sesekali makan mie. Mungkin inilah pangkal masalah kenapa diare saya akhirnya membuat begah. Makan sembarangan ditambah stress memicu asam lambung meningkat. Hari di mana saya diare itu menyebabkan dampak lain. Saya terkena anyang-anyangan.

Saya search di google penyebab anyang-anyangan. Sepertinya saya kena anyang-anyangan karena membersihkan pup dari belakang ke depan sehingga saluran kencing akhirnya mengalami infeksi. Kalau ditanya gimana rasa sakitnya, nyeri banget. Sampai saya nggak tahan buat istirahat. Nggak ngajar les beberapa hari sampai ingin ijin untuk membatalkan liputan Pekan Batik ke Pekalongan. Tapi malam sebelum saya ke pekalongan, kondisi saya sudah mulai sedikit membaik meski saat itu saya masih kekeuh untuk nggak berobat ke dokter. Ya, dikiranya kan kalau diare dan anyang-anyangan bakalan sembuh sendiri dengan mengatur pola makan dan minum. Nyatanya nggak. Huhu. Itulah yang bikin saya was-was saat ke Pekalongan.

Di Pekalongan saat sudah sampai di stasiun karena masih kerasa nyeri kalau berjalan, maka saya bolak-balik naik becak dari Stasiun ke Hotel Dafam, dari Hotel Dafam ke Jetayu, dari Jetayu ke Stasiun. Tiga kali naik becak, alasannya apalagi kalau bukan karena sesekali nyeri itu masih muncul dan begahnya pun kadang ada.

Sehari di Pekalongan saya nggak berani makan yang pedas. Soto ayam pun hanya saya makan setengah tanpa terlalu banyak menyesap kuahnya, sedangkan pecel saya minta yang sambalnya nggak pedas. Sungguh sebuah pelajaran yang berharga bahwa sehat itu mahal harganya. Kalau sakit, semua urusan jadi terasa merepotkan. Sulit diselesaikan dalam waktu yang singkat. Itu sebabnya saya merasa harus ke dokter untuk mengecek penyakit ini karena dibiarkan saya ternyata tidak berpengaruh apa-apa.  Daya tahan tubuh menurun, inilah yang membuat tubuh saya gampang sakit. Saat ke dokter di Klinik Perintis untuk berobat, sang dokter mengatakan hal yang membuat saya tertegun.

“Mba, ini ada maagnya ya?”
“Ooh iya ada, tapi udah lama banget nggak kambuh, Dok.”

Saya mengiyakan sembari berkata bahwa sebenarnya saya sudah lama nggak sakit maag. Terakhir sakit maag saat kuliah, di tengah stress ujian matkul. Jadi kalau sampai sakit maag berarti saya sedang stress tingkat akut sampai memicu asam lambung. Awalnya kan memang saya kira hanya sakit perut yang berujung diare saja. Sejak itu saya harus menghabiskan 4 obat yang diresepkan dokter. Ada satu obat untuk nyeri, satu untuk kembung, satu untuk maag dan satu untuk antibiotik yang harus dihabiskan.

Theragran-M - suplemen mutivitamin untuk memulihkan kesehatan pasca sakit
Obat dokter diresepkan hanya untuk 3 hari, tapi bagaimana jika setelahnya tubuh masih belum pulih? Mungkin saya harus meminum multivitamin, pikir saya waktu itu. Dan teringatlah saya dengan Theragran-M yang merupakan multivitamin mineral. Theragran-M bukan obat  hanya multivitamin untuk memulihkan kesehatan  tubuh setelah sakit. Jadi saya rasa sesuai dengan yang saya butuhkan. Theragran-M Multivitamin Mineral ini merupakan produksi Taisho dengan isi 1 strip terdiri dari 4 tablet salut gula. Sebelum meminumnya saya cek dulu tanggal kadaluarsanya. Ternyata tercantum tanggal kadaluarsa dan harga per stripnya di belakang strip. Satu strip isinya 4 jadi kalau beli satu butir di apotik tetap tahu kadaluarsanya kapan.

Vitamin yang terkandung di dalam Theragran-M ini antara lain vitamin A, D, B1, B2 B6, B12 Niasinamida, Kalsium Pantotenat, C dan E. Juga mineralnya antara lain Iodium, Besi, Tembaga II, Mangan II, Magnesium dan Seng. Wah, benar-benar banyak vitamin dan mineralnya ya. Oiya, tablet mutivitamin ini sudah memiliki label halal dari MUI, jadi tak perlu khawatir dengan status kehalalan kandungan isinya. Theragran-M bertanda biru di depan kemasannya, jadi termasuk salah satu obat yang diresepkan dokter dan harus diawasi penggunaannya karena ada efek samping pemakaian. 

foto atas : kompisisi tablet theragran-M, foto bawah : tanggal kadaluarsa dan harga per strip
Theragran-M merupakan suplemen multivitamin yang dibuat oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, dibawah pengawasan Taisho Pharmaceutical C.Ltd di Tokyo, Japan. Hanya dengan rutin mengonsumsi 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter, maka tubuh akan terasa sehat kembali. Rasanya kayak apa? Ya seperti obat pada umumnya bentuknya  kapsul hanya rasanya manis karena mengandung salut gula, saya meminumnya setelah makan pagi.

Untuk tips kesehatan apa aja? Saya ingat saran dari dokter bagi pasien yang memiliki maag dan anyang-anyangan seperti saya : Jangan kebanyakan makan pedas atau yang memicu asam lambung. Sekalinya asam lambung meningkat akan sulit mengontrolnya kembali. Lalu jaga pola minum dengan meminum air putih yang banyak. Setelah itu istirahat yang cukup. Agar tubuh jadi lebih mudah mencerna obat yang diberikan selama masa penyembuhan. Kalau kamu, apa pernah sakit maag dan anyang-anyangan juga? Share dong di komen gimana cara nyembuhinnya. :)

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog Theragran-M kerjasama Blogger Perempuan dan Taisho

28 comments:

  1. Wah, saya baru tau tentang ayang-ayangan itu, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, semoga ga pernah sakit ini, mba. ga enak.

      Delete
  2. Anyang2an emang gak enak bgt ya mba..gemees

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rasanya pipis nggak tuntas ya, mba. jadi lama sembuhnya.

      Delete
  3. Kebayang kalo lagi masa penyembuhan ya mba, udah sembuh tapi kadang masih lemes dan blm fit, jadi multivitamin dan mineral seperti Theragran-M ini emang terbukti ngebantu banget..

    ReplyDelete
  4. Dulu saya membersihkan pup juga asal-asalan..tapi alhamdulillah sudah tau kalau seharusnya dari depan ke belakang. Karena di bagian depan ada organ vital kan?

    Sehat terus ya Mba. Saya juga alhamdulillah berhasil menghalau flu dengan Theragran-M.. :)

    ReplyDelete
  5. aku baru tau mba yang namanya anyang-anyangan, ternyata penyebabnya bisa adri diare juga ya

    ReplyDelete
  6. Traveling sakit pastinya nggak bisa menikmati spot-spot kece ya mba..

    ReplyDelete
  7. Penasaran nih sama yang namanya Theragran-M :)
    Nanti coba cari ah..di Lombok udah ada apa belum~

    ReplyDelete
  8. ih... beneran..maag itu ga enak banget..dan lama pulihnya..apanlagi waktu itu aku sempat endoskopi... good luck mba..

    ReplyDelete
  9. Lagi musim hujan begini tubuh emang harus didukung suplemen ya mba

    ReplyDelete
  10. pasti ndak enak kalau anyang2ang
    sekarang udah sehat?

    ReplyDelete
  11. aku dulu juga suka anyang-anyangan, Mbak, tapi setelah rajin minum air putih alhamdulillah mereda. Jangan lupa vitaminnya juga ;).

    ReplyDelete
  12. Sedih banget ya pas acara jalan-jalan malah sakit.
    Duuuh....

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah aku udah lama ga ngerasain maag. Mungkin karena sekarang udah menyusui jadi bawaannya laper dan makan mulu. Pikiran juga pengaruh banget emang. Pinter-pinter jaga pola makan sama pikiran aja ya Mbak :)

    ReplyDelete
  14. punya sakit maag memang bikin traveling jd gak nyaman yach, kalau aku suka anyang2an, trus jempol kakinya di iket karet, hehehe

    ReplyDelete
  15. Theragran M emang membantu bangetbuat recovery tubuh setelah sakit, aku pun sudah mencobanya dan terbukti membuat tubuhku lebih bertenaga

    ReplyDelete
  16. theragran-m iyyaa ampuh buat pemulihan termasuk buat jaga stamina biar tetep oke

    ReplyDelete
  17. Beberapa waktu lalu maag saya juga kambuh. Dada rasanya seperti terbakar. Nggak enak banget. Tak kira sakit apa, ternyata maag kambuh.

    Iya, mbak kalo anyang-anyangan itu rasanya gak enak banget. Tetep jaga kesehatan ya. :)

    ReplyDelete
  18. paling gak enak sakit maag, maua makan mual tapi lapar dan perut perih ...:(

    ReplyDelete
  19. Anyang-anyangan emang ga ngenakin banget ya mba. Spertinya multivitamin ini emang cocok buat segala macam pemulihan pasca sakit

    ReplyDelete
  20. Saya baru tahu salah satu penyebab anyang-anyangen itu karena kesalahan membersihkan diri saat buang air besar

    ReplyDelete
  21. Multivitamin ini all in yah, nyobain ah biar selalu fit dan sehat juga

    ReplyDelete
  22. saya dulu punya maag, tapi dgn makan teratur, maag saya g suka muncul lagi :)

    ReplyDelete
  23. Mudah2an gak terulang lagi ya kejadian tidak mengenakkan itu Ila.
    Sehat selalu

    ReplyDelete
  24. waduh, sudah maag anyang2an lagi ya.
    untung dah pulih.
    salam kenal dari saya :)

    ReplyDelete
  25. gk enak kalau punya penyakit maag ,... harus makan yg teratur jgn telat

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)