Thursday, 20 October 2016

Bukan Masanya Lagi Melakukan Direct Booking

Bukan Masanya Lagi Melakukan Direct Booking
Teknologi semakin canggih bahkan kebanyakan orang mengatakan sekarang era digital. Dengan melalui smartphone maupun website ada beragam aplikasi yang akan memudahkan penggunanya dalam berbagai hal, salah satunya ialah booking online. Inilah alasan mengapa saat ini bukan masanya lagi melakukan direct booking hotel maupun tiket pesawat.

Direct booking, pemesanan secara langsung, memang terkenal aman dalam segi transaksi, namun dalam segi transaksi tidak cukup untuk melakukan booking secara nyaman. Bayangkan saja ketika kita booking kamar hotel secara langsung, ternyata hotel yang kita tuju tidak memiliki kamar kosong yang dapat kita singgahi. Atau bisa saja kamar hotel yang kita inginkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dari segi kelasnya.
Ada beberapa alasan mengapa booking secara online lebih nyaman dari pada direct booking. Pertama, menghemat waktu. Saat kita memesan tiket secara langsung, akan lebih memakan waktu untuk perjalanan menuju lokasi pembelian tiket, belum lagi kalau tiketnya habis, rugi waktu dan juga biaya transportasi.
(Sumber Gambar : Indianexpress.com)
Berbeda saat memesan secara online, dimana kita akan tahu ketersediaan tiket ada atau tidak sesuai dengan tanggal yang kita inginkan, begitu juga dengan booking kamar hotel secara online. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi agen online baik di smartphone maupun website, lebih praktis dan menghemat waktu.
Kedua, booking secara online lebih ada kepastian. Kepastian dalam segi ketersediaan, waktu, dan juga biaya. Tidak sedikit orang yang mengeluh ketika melakukan direct online dikarenakan habisnya tiket atau kamar hotel yang diinginkan. Jika melakukan secara online, kita akan tahu apakah tiket maupun kamar hotel yang kita inginkan tersedia atau tidak.
Booking tiket traveloka
Selain ketersediaan, kita juga mengetahui waktu yang tepat dengan harga yang sesuai keinginan. Terkadang saat kita memesan kamar hotel secara langsung melalui via telepon ataupun langsung ke lokasi, harga yang tersedia tidak sesuai dengan budget yang kita miliki. Berbeda ketika kita melakukan booking secara online.
Kini banyak sekali situs agen online, seperti Agoda, Traveloka, Pegipegi, dan lainnya yang memudahkan kita untuk booking tiket maupun kamar hotel secara online. Di sana kita bisa melihat dan memilih harga yang sesuai. Bahkan, jika kita ingin memesan kamar hotel, di masing-masing situs tertera penjelasan, gambaran, dan juga komentar para pengunjung hotel sebelumnya mengenai kamar di hotel yang kita pilih.
Ketiga, pembayaran lebih praktis. Sekarang masanya sudah lebih canggih, tentu pembayaran booking melalui online juga lebih canggih, yaitu dapat melalui Paypal, internet atau SMS banking, dan lainnya. Jika Anda tidak memiliki Paypal maupun internet banking, tidak perlu khawatir karena pembayaran bisa melalui ATM dan juga dapat dilakukan di Indomaret, dimana beberapa agen sudah melakukan kerja sama dengan minimarket tersebut.
Beragam Pilihan Pembayaran
Keempat, harga yang diperoleh relatif lebih murah. Mengapa dikatakan murah? Karena memang kenyataannya biaya yang dikeluarkan lebih sedikit ketika kita melakukan booking secara online dibandingkan booking secara langsung.
Saat Anda memesan kamar hotel dengan menghubungi resepsionis, terkadang harga tiap waktunya akan berubah. Berbeda ketika Anda memesan kamar hotel pada jam 11 pagi dibandingkan dengan jam 1 siang, bisa memiliki rentan harga yang cukup jauh. Beruntung jika harga lebih murah. Tetapi lebih sering adanya fluktuasi harga tiap waktunya.
Itulah beberapa alasan mengapa booking hotel maupun tiket secara online menjadi salah satu alternatif utama dibandingkan direct online. Sayang sekali di zaman canggih ini kita tidak memanfaatkan teknologi yang ada. Hemat biaya, waktu, dan tenaga, bukan? So, sekarang bukan masanya lagi melakukan direct booking.

5 comments:

  1. sekarang apa2 memang serba online ya, lebih praktis

    ReplyDelete
  2. aku juga lebih suka online mbak... praktis

    ReplyDelete
  3. Saya juga lebih suka booking online, tapi ada keluarga saya yang masih bertahan dengan booking langsung mendatangi ke hotel :D

    ReplyDelete
  4. Iya banget. Zaman sekarang mah udah lebih enak. Booking online dong ke mana pun juga. Ya tiket, ya hotel. Tinggal cus aja tanpa worit ini itu...

    ReplyDelete
  5. yang pastinya dengan booking online akan menghemat waktu ........

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)