Thursday, 8 September 2016

Inilah 6 Cara Promosi Online Lewat Instagram

Inilah 6 Cara Promosi Online Lewat Instagram

Saat ini, masyarakat sudah menjadikan social media bukan hanya sebagai mainan di kala sengang saja, melainkan juga bisa menghasilkan uang. Apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang pebisnis online yang ingin memaksimalkan promosi online lewat instagram? Simak selengkapnya di sini ya!

doc (https://id.pinterest.com/pin/174866398008795368/)

1. Susur Hastag

Gunakan hastag yang sesuai dengan target pasar pada foto produk yang ingin dijual. Misalnya menarget pembeli untuk produk gamis katun jepang, maka sebutkan dengan detail nama produknya di hastag sehingga penjual bisa memperoleh banyak pembeli dengan menggunakan susur hastag. Misalnya : #jualgamiskatunjepang  #jualgamismurah #jualgamishabbychic, dsb.

2. Konsisten Menjual Produk yang Sama

Banyak pebisnis tergoda untuk mencoba berbagai macam produk dalam satu kali penjualan. Hal ini terdengar keren padahal sebenarnya tidak. Pilihlah produk yang akan menjadi core bisnis. Misalnya produk furniture jepara, tidak akan mungkin bisa digabung dengan penjualan kain batik. Beda segmen ya, gaes. Itu sebabnya kita harus menyasar pembeli yang spesifik. Jika dalam 6 bulan hingga 2 tahun produk yang kamu jual selalu sama, maka kamu akan menuai banyak keuntungan. Seperti foto kamu muncul di pencarian terbanyak karena foto diupload  sudah lama dan pelanggan lama akan tetap bisa menemukanmu jika mereka membutuhkan produkmu lagi.

3. Persuasi Positif

Bagi yang ingin meningkatkan penjualan produk lewat social media seperti Instagram, pergunakan kalimat persuasif di caption foto. Tujuannya agar orang begitu membaca caption tertarik untuk segera membeli produknya dan bisa menjalin keterikatan emosi dengan pembeli. Atau minimal bikin penasaran deh. Kamu bisa belajar mempersuasi positif  lho. Tulis saja kalimat bernada positif yang membuat orang tertarik untuk mencoba produknya. Beri informasi mengapa produk itu layak untuk dibeli agar pembeli tahu bahwa produknya valuable atau bermanfaat.

4. Beri caption yang detail

Berilah caption yang detail dan sesuai untuk menarik minat pembeli.  Misalnya saja dengan menuliskan dimensi produk (tinggi, panjang, lebar), berat produk, pilihan warna, dsb nya. Pembeli jadi tahu bahwa produk yang akan dibelinya sesuai dengan bayangan. Biar pas produk  diantar kurir ke rumah pembeli nggak kaget karena ukuran produk kekecilan atau kebesaran.

5. Call to Action

Beri pancingan di setiap caption foto. Misalnya dengan memberi pertanyaan di akhir caption, atau memberikan penawaran harga yang sesuai dengan promo yang sedang berlangsung dengan batas waktu tertentu. Produk dengan harga diskon lebih mudah diterima masyarakat karena memberi efek psikologis bahwa produknya terjangkau dan murah. Misalnya saja memberi 2 produk dapat free 1, atau ada potongan harga tertentu jika share foto produk mencapai angka tertentu. Buatlah calon pembelimu melakukan transaksi produk yang mereka sukai di instagram toko onlinemu dengan call to action

6. Nomor Kontak CS dan Penjualan

Berikan nomor kontak CS dan Bagian Penjualan seperti WA, id Line@, atau no telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan transaksi pembelian produk atau komplain jika produk yang dibeli mengalami masalah. Tujuannya kamu bisa menampung keluh kesah jika produk yang diterima ternyata bermasalah pada tempat yang benar. Beri nomor kontak agar pembeli bisa langsung terhubung dengan CS yang menangani. Tempatkan CS yang representatif dan gesit saat menangani masalah yang ada.

Nah ada banyak cara memaksimalkan penjualan produk di instagram. Tinggal kita yang akan melakukan riset untuk menghasilkan konten instagram yang sesuai dengan produk shopping online Indonesia tadi. Nah, kalau kamu bagaimana, gaes? Sudah pernah berhasil menjual produk via instagram? Share di kolom komentar ya! ;) 

6 comments:

  1. terima kasih tips2nya...
    Alhamdulillah udh jalan jualan di IG.
    Caption detail saja masih ada yang tetep tanya (entah dibaca apa engga captionnya) apalagi no caption ya? :D

    salam kenal dari owner @kelontong_elok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mb. :D
      Kalo yang aku liat di ig mba, masih ada yang kurang. Hastagnya kurang panjang, hehe. Coba tambahin #mainananak #kids #toy #montessori #learning atau semacamnya. yang relevan dengan produk yang dijual. trus kasih manfaat produk itu untuk apa. beri knowledge produk biar pembeli tahu cara pakainya juga. sama kontak penjual seperti no hp/line kasih di bawah caption. jadi pembeli bisa langsung hubungi ke nomor itu tanpa perlu liat di bio. intinya sih diperbanyak captionnya untuk menarik minat yang beli. :)

      Delete
  2. Aku bikin hastag baper, wahahaa

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)