Friday, 26 August 2016

Hobi Baru (?)

Hobi Baru (?)

Kalau ditanya, “Apa hobi kamu?” Saya bakalan jawab, makan. Wkwk. Nggak ding, becanda. Makan sih kebutuhan ya. Bukan hobi. Soal hobi, tiap orang punya kecenderungan masing-masing. Ada yang hobinya bertahan lama hingga belasan tahun bahkan ada yang hanya sekejap saja.

Untuk ukuran saya yang susah bertahan lama dengan suatu hobi, hobi baru itu perlu kalo hobi lama udah kerasa ngebosenin. *lol* Hobi saya sejak dulu baca dan nulis, selain itu tentatif ya. Pernah nyoba bikin kartun pas sma cuma buat ngehiasin lembaran penyekat untuk bundel soal matematika. Pernah nyoba njahit cuma sampai bikin totebag karena waktu itu buat habisin waktu liburan. 

Pernah bikin kue-kue, cuma pas puasa. Hahaha. Abis itu lupa gimana caranya masak lagi. *lah* Pernah nyoba filateli pas zaman smp sering kirim-kirim surat pembaca ke media. Pernah juga nyobain main musik karena suka sama lagu tertentu, pengin nyari nadanya. Trus abis itu bosen dan nggak punya guru khusus juga. Cuma belajar sendiri. Pernah nanem taneman beberapa macem di halaman rumah yang sak uprit tapi anehnya tanahnya bisa ditanemin macem-macem. Tumbh bahkan sampai berbuah. Sayangnya abis itu harus pindah rumah dan saya udah lupa gimana asyiknya berkebun.

Makin ke sini hobinya berkembang ke fotografi. Tapi pas kopdar bareng bulurah Kompakers Tegal dan Purwokerto, saya bilang kalo tujuan saya ikutan gabung di komunitas Upload Kompakan Tegal targetnya cuma dapet ilmu sama sampe bisa membidik gambar yang kece buat foto blog. Karena makin bagus gambarnya, makin mahal harga tulisannya. *ini serius* Karena udah buktiin setelah beberapa kali ambil gambar pas liburan ternyata tulisan plus foto yang unik bisa dikomersilkan juga. Dan ya, lumayan lah. Abis itu 5 bulan kemudian saya ngerasa bosen. :D Beneran random banget deh soal hobi ini.

Pernah tempo hari saya nyoba bikin decoupage karena penasaran. Beli starterkit decoupage dan pritilannya. Trus nyoba sendiri. Dan asli, bentuk decoupagenya ga karuan. Ada sih yang mendingan tapi emang kalo mau sampai beneran bisa butuh biaya yang besar. Dan kok bisa ya orang mau menghabiskan biaya untuk hobi-hobi semacam itu? Nggak habis pikir. Hobi apa pun loh ya. Soalnya hobi kalo udah bikin ketagihan bakalan bikin orang itu niat banget mengupas ilmu-ilmunya sampai tuntas.

Saya emang nggak sering bertahan lama di sebuah komunitas. Kadang cuma mampir lewat aja, ambil ilmunya, kenalan dengan orang-orang, trus kopdaran, udah. Setelah menurut saya ilmunya udah cukup, saya bakalan berpindah ke komunitas lain. Begitu seterusnya. Makanya sering nggak terlalu akrab juga sama orang-orangnya karena yang penting buat saya belajarnya. Nggak terlalu kenal dekat, cuma sebatas tahu aja membernya ini itu.

Dan tadi iseng liat-liat ig nemu akun yang bikin tutorial hand lettering pake cat air. Komentar saya waktu liat itu, “Lucuu, pengin bisa bikin sendiri.” Trus setelah liat akun ol shopnya, saya terbengong liat harga cat air merk Koi 250 rb an untuk yang 24 warna, belum termasuk book sketch, pen nibs set, holder, dan pritilan lain yang lebih emejing. OMG, mending ganti hobi yang nggak pake ngeluarin duit deh. *emang ada?* :P

A video posted by Calligraphy/Art Supplies @ ID (@artlinx_store) on



Trus ada lagi yang bikin saya penasaran, belajar bikin animasi pake aplikasi blender. Semacam animasi 3D gitu, dan cute banget itu bikin hasil animasinya seperti pixar. Sayangnya pas saya nyoba search tutorialnya di youtube dan dengerin penjelasan mentornya kok ngantuk sampe ketiduran. Wkwk. Tapi buat yang minat sama hobi animasi kek gini bisa liat di kelas gratis https://www.lideo.co.id/bisnis/tutorial-blender-dasar atau di youtube search aja pake kata kunci “Tutorial Animasi Blender”.  Ya, siapa tahu ada yang minat belajar itu kan. Kalo yang ini sih nggak pake biaya mahal, wong aplikasinya gratis. Bisa didownload di https://www.blender.org/download/. Tinggal banyakin liat dan latihan bikin dengan bekal tutorial animasi blender yang gratis di seluruh penjuru youtube. :D

Nah, kalau kamu, sekarang hobimu apa? 

8 comments:

  1. Sama kayak kakak, hobi saya juga kadang berubah-ubah. Mulai dari musik, menulis, basket, menggambar, desain grafis, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  2. Saya juga punya banyak hobi mba, dan nggak diseriusin. Nggak tau ya, kelemahan saya memang susah konsen. Ikut komunitas juga nggak yang aktif dan menarik perhatian. Malah sering merasa diabaikan krn nggak aktifnya itu.

    Masalahnya di saya sih. Doain saya ya mba Ila. Lagi usaha memperbaiki diri nih. Nice post, btw.. Keren ya hand lettering-nya. Jadi pengen coba juga *mulai deh :p

    ReplyDelete
  3. yaah naamaanya masih muda, masih banyaak yang pengen ini itu, samaa kaya sayaa biarpun udah tuaa, pengen belajar njahit, pengen bisa merajut, dan yang ga mungkin kesampaian adalah pengen jadi penyiaar, hahahhaa

    salaam sayaang ilaaa

    ReplyDelete
  4. hobiku apa yaa... gak ada yg istiqomah :D

    ReplyDelete
  5. Wah asyik ya punya hobi baru. Hobi baru saya apa ya? Lagi suka belajar foto-foto juga, biarpun pake kamera hape hehe

    ReplyDelete
  6. kalo aku pengen banget mbak bisa bikin animasi
    biar isi blog lebih bervariasi hehe
    tapi emang gx jago ke arah sana
    ujung2nya nyerah ajaa

    ReplyDelete
  7. Samaaan deh... Aku juga hobi yang menetap tuh nulis dan baca, walau kadang ada saatnya mood anjlog. Hahaha. Bikin kue, suka tapi ya pas saat tertentu... Masak sepertinya dah masuk ranah kewajiban, tapi jarang juga sih nyobain resep baru hahaha. Dan bener, nyoba hal baru asal nggak butuh banyak biaya hahaha.

    ReplyDelete
  8. Aq juga kadang rada bingung kalau ditanya hobinya apa. Kadang jawab baca, tp menyadarkan diri bahwa baca itu mesti dijadikan kewajiban. (sambil sedang menggagahi diri buat baca).
    Kadang aq pikir hobi q nonton, tp tidak juga. Pernah hobi photoshop, hobi berkebun juga pernah, rasanya masih pernah banyak singgah yang lain.
    Sekarang masih dengan hobi jahit. berhubung di rumah ad mesin jait (mak q jait), sepertinya hobi ini akan lebih aq seriusin. Alhamdulillah, beberapa helai baju sudah q hasilkan, sekarang semakin baik.
    Senang berkongsi.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)