Friday, 3 June 2016

Tips Hilangkan Lemak di Tubuh

Hobi kulineran tanpa diimbangi olahraga itu bikin badan jadi makin melar. Betul apa betul? :P Ngaku deh yang suka makanan di luar kayak saya, apa yang paling ditakutkan setiap kali menghabiskan makanan? Selain soal rasa yang belum tentu cocok di lidah, juga kadang mikirin efek makanannya sama tubuh.

Walau badan sehat, kalau kita kebanyakan makan daging terus atau yang pedes terus juga bakalan ngaruh ke sistem pencernaan. Padahal saya fans berat makanan pedes. Saya pernah diare waktu kebanyakan makan pedes pas icip-icip di luar. Hiks. Abis itu berusaha untuk ngerem makan pakai sambal.

Pernah juga saya  lagi senengnya nyobain menu ayam bakar di foodcourt akhirnya tiap kulineran belinya di situ terus. Hahaha. Padahal makan ayam buat saya itu ya...  dimakan sekali-kali aja. Jadi bukan kebutuhan inti karena saya emang sebenernya vegetarian. Lebih suka menu berprotein nabati dibanding yang hewani. Makanan yang daging-daging gitu dijarak seminggu atau dua minggu sekali pas jatah hangout bareng temen atau keluarga.

Trus, gimana dong solusi biar makan di luar tetep, tapi badan juga sehat. Ini tips yang saya rangkum dari pengalaman saya
1.       Perbanyak olahraga
Bagi tubuh yang terpenting adalah menjaga agar tetap terkontrol, berapa banyak lemak yang masuk, sebanyak itulah yang akan dikeluarkan. Berapa banyak kalori yang dimakan, sebanyak itu juga yang akan dibakar saat beraktivitas.  Pakai prinsip supply and demand, jadi biar imbang. Hitung kalori yang masuk dan gunakan itu sebagai acuan untuk mengurangi lemak yang ditimbulkan oleh aktivitas  kulineran kita.
2.       Banyak beraktivitas
Kalau sering aktif, tubuh akan membakar lemak yang ditimbun di dalam jaringan kulit. Jadi banyak aktivitas akan membantu mengeluarkan keringat agar tubuh bisa tetap sehat. Jadi nggak akan tertimbun jadi lemak. Bye-bye deh tubuh gemuk.
3.       Perbanyak makan sayuran dan buah
Sayuran sebagai biangnya enzim pencernaan ini bikin kita jadi lancar pup. Saya pernah kebanyakan mengkonsumsi makanan yang nggak sehat. Akhirnya pup nggak lancar bahkan sampai 2 hari baru bisa pup. Ngenes amat ya. Rasanya nggak enak, begah di perut. Perbanyak serat dari buah dan sayuran biar lancar pupnya. Tubuh mengeluarkan kotoran setiap hari dalam bentuk pup setiap pagi. Jadi siklus buang air besar itu dilakukan pagi hari jam 6 pagi biasanya. Jika di pagi hari belum keluar, kita patut waspada karena berarti pencernaan sedang terganggu. Yang bisa berakibat pada anemia atau penyakit lainnya.

A photo posted by Ila Rizky (@ilarizky) on

Nah,  itulah tadi tiga tips sehat agar tetap bisa kulineran. Buat yang laki-laki  kamu juga bisa menghilangkan lemak di perut dengan l-men. Kalau perempuan kan pakai suplemennya yang lain ya. :P Apa kamu punya solusi menghilangkan lemak yang lain? Share dong di komentar.





2 comments:

  1. Banyak pikiran juga bikin kurus, eh* hehehe

    ReplyDelete
  2. Perbanyak minum air putih....juga hihi

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)