Wednesday, 22 June 2016

Inilah Cara Menggemukan Badan Meski Berpuasa

Inilah Cara Menggemukan Badan Meski Berpuasa

Seorang teman di grup Kompakers Tegal curhat tentang berat badannya yang turun saat puasa ini. Saya sampe sedih denger ceritanya. Gimana ya, soalnya mbak Ocha ini udah kurus banget. Saya pas pertama kali ketemu di event El Clave Festival Kuliner di Cirtraland nggak nyangka kalo itu dia. Kirain orang lain loh, soalnya agak beda ama kakaknya. Dia berperawakan kurus dan tinggi. Saya aja kalah jauh tingginya sama dia. :P Pas dateng itu dia pakai gamis shabby chic dengan jilbab hitam. Kalau saya amati beratnya mungkin bahkan nggak nyampe 45 kg-an. Saking kurusnya. 

Btw, wajar nggak sih kalau puasa malah berat badannya kurus? Saya rasa kalau orang overweight pas puasa gini pasti pengin sekalian buat nurunin berat badan dengan puasa. Tapi kalau kayak mba Ocha, udah kurus ditambah lagi beratnya merosot di bulan puasa, gimana nggak sedih? Sering kan kadang ada omongan miring tentang orang yang kurus. Dianggap nggak pernah dikasih makan sama keluarganya lah, dikira cacingan lah. Atau malah dianggap terlalu milih-milih makanan.

Denger cerita mba Ocha, saya jadi keinget adek saya yang kurus juga. Dulu dia kurus sejak kecil. Dari mulai lahir sampe kuliah pun begitu beratnya nggak gitu banyak perubahan. Kalau disandingin sama adeknya yang beda usia 1 tahun si Ayie malah keliatan bongsor. Jadi urusan berat badan ini emang sensitif banget sih ya. Tapi akhirnya pas tempo hari dia balik ke rumah, saya lihat perbedaan signifikan dengan wajahnya. Agak gemukan, nggak terlalu gemuk sih, tapi pipinya udah mulai keliatan berisi .

Saya nanya kenapa keliatan gemukan sekarang. Trus, dia bilang sekarang banyak ngemil. Dulu ngemilnya buah, ya gimana bisa gemuk coba, hehehe. :D Sekarang ngemilnya divariasi, nggak hanya buah aja tapi kue lainnya. Malah pernah bilang kalo dia mau bawa sagu dari rumah buat dibikin bubur di kosan. =)) Ajaib. Haha, soalnya saya kirain cowok nggak bakalan suka masak. Ngerti sendiri kalo cowok biasanya lebih suka yang praktis. Ternyata kata dia, enakan masak, lebih banyak dapetnya daripada beli. Apalagi harga makanan di Bandung itu mahal. Saya tahu harga satu porsi batagor di Bandung itu 10 rb rupiah. Padahal seuprit banget isinya. Coba beli di Tegal, bisa dapet 3 porsi deh. Haha :P

contoh pola makan agar tubuh lebih gemuk (doc : www.l-men.com)

Nah, jadi gimana dong cara menggemukkan badan meski berpuasa? Dengan perbanyak asupan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Misalnya dibanyakin ngemil dan makan yang berkarbohidrat. Selain itu tidur teratur. Tidur juga mempengaruhi metabolisme tubuh. Kalau kurang tidur bisa bikin saya banyak ngemil, ada juga yang kurang tidur malah makin kurus. Makanya sebisa mungkin lebih baik kurangi begadang biar metabolisme tubuh tetap terjaga. Trus, perbanyak air minum 8 gelas sehari agar tidak dehidrasi. Semoga saja puasa kita lancar hingga akhir Ramadhan ini ya. Aamiin.

6 comments:

  1. Tapi kaaaaaak... Aku pengen kurus #kemudiantimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kemudian lempar timbangan XD

      Delete
  2. Aku maunya kuyuss mak heikss gak mau menggemuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Irma mah udah kuyuus :P Cantik lagi, hehe

      Delete
  3. anak saya dua2nya kurus , tapi tak apalah yang penting sehat, wong makannya aja banyak , mungkn genetiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang penting sehat ya, mak. Biar kurus yang penting nggak sakit2an. Hehe

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)