Monday, 23 May 2016

Rumah Albi dan Program CSR dari Alfamart

Pertama kali masuk kuliah dan menginjakkan kaki di Semarang sebelas tahun lalu, itu awal saya melihat dunia luar dengan sesungguhnya. Mall-mall mentereng, toko buku favorit, supermarket ini itu, dan gerai toko makan. Maklum, dulu waktu SMA saya anak rumahan, males pergi jauh. Ya, sebagai orang Tegal yang dulu di kotanya seingat saya nggak ada toko buku atau supermarket yang jaraknya deket banget sama rumah. Nah di Semarang saya bisa nemuin itu dengan gampang.

Keluar dari kosan, belok ke kiri 10 langkah saya udah bisa nemu toko buku kecil yang menjual novel best seller saat itu. Belok ke kanan agak jauh saya bisa nemu retail yang menjual segala barang, apa coba tebak? Retail I dan A yang selalu berseberangan. Yang saya mau bahas yang A ya, namanya Alfamart. Dulu pertama belanja di Alfamart belinya snack buat stok anak kosan. Dan dapet deh dengan harga yang cukup terjangkau karena dihujani diskon. Yeay! Lumayan. Haha. Pernah juga waktu itu mampir ke Alfamart yang dekat jalan raya buat beli pulsa. Soal harga hampir sama ya dengan yang lain. Beda tipis 2000 rupiah tapi dapet bonus snack coklat. Lumayan buat ganjal perut. *eh :p Sekarang di dekat rumah saya, Alfamart ada di mana-mana, menjamur bak cendawan di musim penghujan. :D

Btw, kenalan dulu yuk dengan Alfamart. Seiring perkembangan zaman, sekarang Alfamart juga membuat website Alfamartku.com untuk menampung permintaan pasar yang menjangkau pelanggan lebih luas lewat delivery service. Kini era digital, semuanya serba online. Yang pengin dapet harga murah bisa langsung klak-klik di web saat promo atau sedang butuh beli barang tapi mager di rumah. Nanti tinggal bayar di tempat waktu barang diantarkan kurir.

rumah Albi (doc : alfamartku.com)
Ada juga yang dilakukan Alfamart yaitu CSR atau sumbangan bagi warga dengan memberikan pemeriksaan dan pemberian kaca mata minus gratis. Kalau selama ini uang sisa kembalian di kasir ditanyakan untuk sumbangan atau tidak, ternyata memang masuk ke bagian CSR nya. Buat yang penasaran apakah ini sudah terdaftar di Kementrian Sosial? Saya cek di web ada info dari Alfamart bahwa sudah ada. No Reg. Izin Pengumpulan Sumbangan Kemsos RI 0140/01-2016. Jadi kalo penasaran, coba tanya aja di kasirnya uang kembaliannya buat apa.

Ada lagi program Rumah Albi yang merupakan program unggulan dari Alfamart.
Tujuannya apa? Ini dia dua manfaat Rumah Albi bagi masyarakat:
  1. Membantu masyarakat sekitar gerai Alfamart yang membutuhkan tempat dan sarana untuk melakukan beberapa aktivitas kemasyarakatan/komunitas, seperti perkumpulan warga, arisan, ulang tahun, rapat RT/RW, karang taruna, demo masak, nonton bareng, dll
  2. Sebagai tempat untuk bertukar informasi dan berkomunikasi antar masyarakat, masyarakat dengan komunitas, antar komunitas maupun antara Alfamart dengan masyarakat/komunitas
Sejauh ini, Rumah Albi sudah berjumlah 132 rumah yang tersebar di beberapa daerah seperti : Jababeka, Serpong, Bandung, Semarang, Cileungsi, Cikokol, Lampung, Malang, Klaten, Palembang, Bali, Makassar, Sidoarjo, dll.

Dan ada juga promo A-voucher untuk para bunda cerdas di website Alfamartku.com. Isinya beragam promo potongan harga yang bisa digunakan untuk membeli di Alfamart terdekat di rumahmu. A voucher dikirimkan melalui sms sejak 72 jam dari pendaftaran di website Alfamartku.com. Kalau kamu ingin ikutan, buka saja websitenya. Dan bisa memilih promo yang sesuai kebutuhan.

Oiya, alamat Head Office dari Alfamart ada di Cikokol, Banten. Siapa tahu ada yang pengin mampir ke sana. :D

Jl. MH Thamrin No.9, Cikokol Tangerang 15117, Banten - Indonesia
Phone: 021 5575 5966

Fax: 021 5575 55961, 5575 54918





4 comments:

  1. Sekarang jadi paham dan lebih tenang karena ada kejelasan dimana akhirnya sumbangan para pembeli itu berlabuh setelah membaca artikel Mbak :) Sebelumnya selalu menjadi tanda tanya kemana mengalirnya dana sumbangan dari setiap pembeli di alfamart ketika selalu diberi opsi oleh kasir berupa kembalian atau masuk donasi saat bertransaksi.

    Belum, pernah ke rumah Albi, mungkin suatu saat :)

    ReplyDelete
  2. bagus ini, jadi pemberi sumbangan lega kalo peruntukannya jelas untuk masyarakat kayak gini y mbak
    hmm tapi dbengkulu kyaknya lom ada hehee

    ReplyDelete
  3. aku baru tahu lho tentang rumah albi..kereen yaaaa...

    ReplyDelete
  4. Di bekasi juga ada mbak. Waktu itu aku dateng ke salah satu acara akademi berbagi di rumah albi. Iya, mayan buat tempat sharing ilmu baru. Hohoho

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)