Monday, 11 April 2016

Persiapan Baju Lebaran Keluarga

Huwaa, nggak terasa udah mau bulan Ramadhan aja ya? Padahal rasanya baru kemarin puasa udah mau puasa lagi. Bulan ini sudah mulai menghitung mundur untuk masuk ke bulan Ramadhan. Kamu udah persiapan apa aja, teman? Udah selesai membayar hutang puasa tahun lalu?

Rasanya kalau ngomongin persiapan Ramadhan pasti banyak banget, mulai dari nyiapin fisik yang kuat karena bakalan menghadapi bulan Ramadhan yang biasanya identik dengan cuaca panas sampai nyiapin mental biar nggak cepet marah pas puasa. Fyi, di Tegal masih mending sih kalo panas nggak gitu menyengat. Saya ngebayangin kalo puasa di negeri orang apa kabarnya ya? Bisa sampai berapa derajat celcius udara di luar ketika musim panas yang bertepatan dengan Ramadhan? Bakalan lebih lama juga kali ya shalat malamnya karena bertepatan dengan musim panas.  :D

Bulan Ramadhan juga identik dengan kue-kue kering. Waktu mau mendekati lebaran, udah banyak aja orang yang jualan kue-kue kering ini baik yang bikinan homemade maupun pabrik. Segala makanan keluar di bulan ini karena banyak orang memilih untuk menyambut Ramadhan dengan berbagi pada sesama, selain itu kue juga bisa disajikan saat buka bersama. Padahal kalau diingat-ingat lagi seberapa penting kue kering yang dibuat untuk dihidangkan di ruang keluarga? Penting, nggak kalah penting dengan persiapan fisik. Persiapan mental buat ngga tergoda waktu masak bikin cemilan dan kue-kue kering itu yang bikin sebagian orang lebih milih beli yang udah jadi aja. Haha. Ya daripada ribet bikin kue dan nggak sempat karena kesibukan pekerjaan lain, lebih baik dialihkan saja ke kue kering yang siap santap alias beli sendiri di mall atau pesan custom.

Kalau ibu saya biasanya suka pesan di tetangga karena lebih hemat. Selain kue kering, ada juga baju lebaran keluarga yang biasanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Saya juga sudah mulai nyicip beli kain untuk dibuat baju lebaran keluarga. Pernah suatu hari saya beli baju yang sudah jadi, ribet karena kadang ukurannya nggak sesuai dengan postur karena harus memotong bagian bawah. 

Selain itu baju lebaran keluarga biasanya juga bisa dirancang dengan membuat model dari kain yang sama, jadi kan bisa kembaran dengan saudara. Meski nggak semuanya bisa ngumpul waktu Ramadhan, tapi moment ngumpul bareng waktu lebaran itu bisa menggantikan moment kumpul pas puasa. Buat orang jawa terutama mudik itu memang tradisi yang sudah mendarh daging, jadi diusahakan banget untuk datang ke rumah, pulang mempersiapkan hari raya setelah satu bulan lamanya berpuasa. Merayakan kemenangan dari godaan selama puasa satu bulan itu. Sekaligus menjadi ajang silaturahim bareng keluarga besar baik dari keluarga ibu maupun bapak.

Bisa kembaran sama keluarga nih~ :D
Ngomongin baju lebaran keluarga saya biasanya bikin atau beli baju yang udah jadi sebelum lebaran untuk menghindari ramainya belanja saat Ramadhan. Apalagi kalau menjelang Idul Fitri jalanan macet dan penuh desakan di mall-mall. Rawan kecopetan juga jadi lebih baik membeli baju lebaran keluarga sebelum hari raya tiba tujuannya agar nggak terlalu kepikiran juga soal baju lebaran keluarga. Karena sudah dibeli jauh-jauh hari.

Kalau saya ditanya suka diskon nggak? Suka banget! Haha. Apalagi namanya perempuan pasti suka dengan yang namanya diskon. Nah, di MatahariMall.com lagi ada diskon baju lebaran keluarga nih, siapa tahu ada yang cocok dengan kebutuhanmu. Yuk cuss liat dulu modelnya. Siapa tahu suka dan jadi tertarik buat beli. Selain murah karena harganya diskon juga bisa hemat waktu pas beli. Jadi efisien ya, kakak. Berminat mencobanya? ;)





10 comments:

  1. iya yah... udah hrs siap2 dr skarang :)

    ReplyDelete
  2. aku belum nyiapain padahal biasnaya uda ready 2 bulan sebelumnya, skrng belanjanya buat anak semua hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah bener juga tuh mbak, harus mempersiapkannya dari sekarang juga.

    ReplyDelete
  4. puasanya belum, baju lebarannya udah dipikir dr sekarang ya mbak :D
    Mbakku juga kayak gitu

    ReplyDelete
  5. Ramadhan kali ini spesial karena bener bener harus nyiapin fisik Umar pasti udah tambah aktif...

    ReplyDelete
  6. kalo aku ga bisa kembaran Ila :) cowok semua

    ReplyDelete
  7. seru kali ya ma' baju lebaran couple sekeluarga

    ReplyDelete
  8. Duh ingat baju lebaran, ingat juga hutang puasa yang belum kebayar hahahaha

    ReplyDelete
  9. Udah nyari baju lebaran, jadi kepengan beli baju muslim

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)