Tuesday, 12 April 2016

Pentingnya Mengajarkan Self Defense pada Anak-anak

Kemarin, saya mendapat cerita yang kurang lebih berhubungan dengan melindungi diri sendiri. Ya, kamu nggak salah dengar. Kemampuan yang sering lupa diajarkan orang tua pada anaknya adalah self defense. Melindungi diri saat ditekan oleh orang lain. Sayangnya kemampuan ini harus dilatih, karena kalau tidak anak akan mudah untuk mau saja nurut kemauan orang lain. Padahal naluri hewan saja kalau diinjak pasti menggigit atau berteriak. Fyi, orang kadang suka semena-mena juga kalo melihat orang ini gampang ditindas. Jadi sesekali pasang tampang jutek juga perlu. Itu sebabnya seharusnya seorang anak wajib dibekali kemampuan untuk mengenal situasi berbahaya yang mengancam hidupnya.

Ceritanya berawal dari seorang teman yang memesan ojek namun diputar-putar ke jalan lain hingga dia merasa sebal tapi nggak berdaya untuk menolak. Saya pikir hanya saya saja yang pernah mengalami hal-hal buruk di jalan raya, nyatanya teman saya juga seperti itu. Dulu waktu di Semarang saat akan bekerja di BPS, pernah saya dan seorang teman harus menunggu lama di sebuah angkot. Ditunggu hingga 15 menit tidak kunjung berangkat padahal kami harus segera masuk ruangan  kerja untuk menyelesaikan tenggat validasi data survey. 

Tak disangka ketika kami berniat untuk turun, yang kami dapatkan adalah sebuah ancaman dari sopir angkot karena kami memilih untuk turun dan jalan kaki menuju kantor. Kantornya lumayan dekat hanya saja saya kira waktu itu nggak akan lama ngetemnya. Ternyata yang kami dapatkan adalah ancaman dari orang yang bahkan kami sendiri tidak mengenalnya. Teman saya nangis sesenggukan karena takut. Saya yang ada di sampingnya langsung menarik tangannya sambil berlalu pergi. Keesokan harinya kami tak pernah lagi berani untuk naik angkot karena takut ditandai. *duh, jadi ingat kata-kata Sonya Depari pas nunjuk orang*

Sejak itu saya mulai waspada dengan jalanan. Jalanan memang keras, membuat orang jadi lebih awas. Takut dipalak, takut diancam. Benar-benar nyawa manusia serasa nggak ada harganya. Pernah juga saya melihat ada orang yang mengalami kecelakaan tapi yang nabrak malah melarikan diri. Bener-bener deh. Nggak habis pikir. Belum lagi ada orang yang melihat tapi takut mendekat karena takut jadi saksi atau dimintai keterangan padahal pertolongan pertama buat orang yang kecelakaan itu sangat penting sekali.

Akhirnya sekarang saya jadi tahu bahwa kemampuan melindungi diri itu memang wajib dibekali oleh para orang tua. Baik pada anaknya saat mereka kecil atau sudah dewasa. Ingat bahwa nyawa manusia hanya satu, nggak ada perbandingan yang sepadan dengan harta yang diminta oleh orang yang semena-mena memalak, misalnya.

Balik ke kejadian itu, saya jadi tahu pentingnya kesehatan juga. Kalau sudah sakit dan nggak bisa ngapa-ngapain di rumah sakit itu kan semua yang nanggung juga kita sendiri ya. Kecuali ada asuransi yang mengcover semua biaya yang ada. Dari pengobatan hingga operasi. Bapak dulu pernah juga pakai asuransi seperti askes, sekarang pakai BPJS. Tapi ada tetangga yang menyarankan untuk pakai asuransi lain seperti polis asuransi karena mobilnya pernah kecelakaan sampai penyok, tangannya digips dan sejak itu bapak juga mulai aware terhadap asuransi. Pasarpolis yang dipakai oleh sebagian orang sebagai cara untuk mengcover biaya berobat yang semakin hari semakin mahal bisa diminimalkan dengan memiliki polis asuransi seperti yang ada di pasarpolis.



Jika pun akhirnya tidak dipakai suatu hari nanti ya minimal sudah ada usaha untuk melindungi diri dari berbagai macam kemungkinan terburuk. Nah sejak itu saya juga jadi tahu kenapa tiket transportasi harus memiliki asuransi, misalnya tiket kereta atau pesawat terbang. Ya kalau ada apa-apa biar bisa diklaim untuk pengobatannya. Semoga kita semua selalu sehat dan bisa menjaga diri dari bahaya yang ada di luar ya. :)






20 comments:

  1. melindungi diri sendiri dari kemungkinan terburuk memang penting banget yah Mbak, dalam hidup ini kita tidak bisa memprediksi hal-hal buruk apa yang akan terjadi..

    ReplyDelete
  2. perlindungan di awal penting banget Ila

    ReplyDelete
  3. Cakep pakai asuransi kesehatan, untuk jaga-jaga. Masa depan siapa yang tahu, siapa tahu perlu dan berguna.
    Salam

    ReplyDelete
  4. Keluargaku belum pakai asuransi, entahlah belum sreg aja :)

    ReplyDelete
  5. Aku gak pernah sreg dengan asuransi. Job ttg asuransi pun aku tolak, hihi

    ReplyDelete
  6. eh, pernah kerja di BPS? mitra? *salahfokus*

    memang self defense itu penting, apalagi di kawasan yang kita nggak kenal. jadi inget film yang ngajarin anak TK buat teriak "stranger" kalo ketemu orang asing mencurigakan. lumayan bisa mencegah perbuatan jahat ke anak2 kayanya.

    ReplyDelete
  7. Klo anakku yg nomer satu itu ga usah diajari jg, nalurinya udah bisa self defense mba, klo dia dipukul sama temennya dia balik mukul, wkwkwk

    Oya nice info ni mba, kebetulan lg nyari2 asuransi yg pas buat anak2

    ReplyDelete
  8. aamiin...penting banget ya mbak asuransi

    ReplyDelete
  9. bener juga sih, tapi mualez banget mau daftar2 asuransi, . . .

    ReplyDelete
  10. Saya jadi tahu tentang Pasarpolis, Mbak. Makasih yaaa

    ReplyDelete
  11. untuk masa sekarang ini, memang sangat penting untuk mendapat perlindungan asuransi, karena kesehatan kita sangat tidak terprediksi dan penghasilan juga tidak menentu. Sehingga perlindungan asuransi terlebih asuransi kesehatan sangat dibutuhkan. Kalo aku selama ini mempercayakan perlindungan pada asuransi cigna dan BRingin Life

    ReplyDelete
  12. Ngeri banget kalau sampai dapat ancaman ih. :(

    ReplyDelete
  13. Ohh kirain ke sikap yang kudu gimana hehe.. Sayangnya, sy gak l pake asuransi :D

    ReplyDelete
  14. sedini mungkin untuk melindungi diri, apalagi banyak berita yang serem menyangkut anak :((

    ReplyDelete
  15. dulu waktu di Bogor-Jakarta, saya sempat ikut tae kwon do mba, walaupun cm latihan dasar aja. tujuannya utk self defense sih, karena di Purworejo saya biasa hidup aman, tenang, tenteram.

    ReplyDelete
  16. Yang jelas badan sehat. Anakku taekwondo, sdh ikut kejuaraan. Badannya keras bgt pdhl cewek :))

    ReplyDelete
  17. Setuju, Ila. Kemampuan utk melindungi diri itu penting ya.. Trims jg info ttg pasarpolis ya.

    ReplyDelete
  18. aku skrng gak punya asuransi apa2 mbak, dulu pas masih kerja punya asuransi kesehatan,.. mau ikut bpjs tapi ogah krn ribet

    ReplyDelete
  19. aku mengajarkan dari anak ekcil karena mereka sudah aku biasakan kemana2 sendiri termasuk ke sekolah. Dan mereka jadi atmbah tahu berdasarkan banyak pengalaman yang mereka alami. Jadi mereka sudah kuat

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)