Saturday, 2 April 2016

Inilah Penyebab Mencret Air dan Cara Penanganannya

Inilah Penyebab Mencret Air dan Cara Penanganannya

Diare adalah buang air besar yang encer lebih dari tiga kali dalam sehari, dengan atau tanpa darah dan dengan atau tanpa lender dalam tinja. Diare dapat terjadi secara tiba-tiba dan dapat diidap oleh siapa saja baik pada bayi, anak dan dewasa.
Penyebab mencret air dapat dibagi menjadi beberapa golongan yaitu disebabkan infeksi virus, bakteri, dan parasite. Selanjutnya ialah karena kelainan penyerapan nutrisi, memakan makanan beracun, berjamur, alergi makanan, kekurangan imun tubuh dan karena rasa takut yang belebihan. Sedangkan gejala dari mencret air atau diare ialah perut terasa mulas terus walaupun sudah buang air besar, muntah, tubuh menjadi lemas, merasa pegal pada bagian punggung, dan nafsu makan menjadi berkurang.
Pic from PIxabay.com, edited by Canva


Untuk itu penyebab mencret air dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan. Namun diare atau mencret air tidak dapat dianggap sebelah mataSaat diare tubuh akan mengalami dehidrasi bila tidak diperhatikan secara serius hal ini dapat menyebabkan kematian. 

Yuk mulai kenali bagaimana cara penanganan diare sejak dini agar tubuh bisa segera sehat : 
·     Menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan intensif minum air air yang cukup
·     Segera minum obat diare atau minum larutan oralit (larutan air dicampur gula dan garam)
·   Memakan makanan yang bergizi dan hindari makan padat serta berserat agar tubuh bisa mencerna makanan dengan mudah
·     Jika sakit tak kunjung sembuh maka segeralah berobat ke dokter

Penyebab mencret air yang sering terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Nah, sebaiknya jagalah kebersihan dengan menggunakan sabun yang memiliki kemampuan melindungi dari kuman seperti sabun Lifebuoy. 

Lifebuoy memiliki kelebihan dibandingkan dengan sabun biasa yaitu mengandung bahan aktif yang mampu melindungi kulit anda dari kuman namun tetap membuat kulit anda dalam kondisi bersih dan segar. Lifebuoy hadir dalam berbagai varian produk sabunnya itu sabun padat, sabun cair, sabun cuci tangan, hand sanitizer serta produk terbarunya yaitu Lifebuoy clini-shield 10. Berbagai macam pilihan jenis produk tersebut dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Noted : sponsored post (baca disclosure)





6 comments:

  1. Saya pernah kena diare parah, Mbak. Dan mengusahakan banyak minum juga memaksa makan. Yang saya takutkan saat itu masuk RS karena tau ga ada yang bisa menjaga saat itu. Orangtua saya sedang tidak fit. Suami sedang berada jauh di mata. Kalau saya opname, akan merepotkan banyak orang pikir saya. Alhamdulillah ga sampai opname :D

    ReplyDelete
  2. Kalau saya banyak minum, tapi teuteup cukup sering kena diare. Sepertinya perlu lebih care ttg menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  3. Harus coba neh pake lifebuoy ini ya buat menjaga kebersihan.

    ReplyDelete
  4. Jadi inget pas liburan terakhir ke tanah air suami kena mencret, untung ada mbak mbak di apotik yang baik dan membantu

    ReplyDelete
  5. tadinya bingung mencret air iki opo..

    makasih Ila, ilmu baruuu

    ReplyDelete
  6. Nyari clini shield ini di supermarket deket rmh tp kok blum ada

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)