Thursday, 18 February 2016

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner adalah penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Penyakit jantung ini menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak diseluruh dunia. Penyebab penyakit jantung adalah adanya penimbunan lemak di dalam pembuluh arteri. Selain dapat mengurangi supply darah ke jantung, hal ini juga dapat mengakibatkan terbentuknya penggumpalan darah. Penggumpalan darah inilah yang dapat memblokir suplai darah ke jantung dan rentan terkenan serangan jantung.







Ada beberapa penyebab penyakit jantung, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kebiasaan Merokok
Karbon monoksida dan nikotin dari rokok dapat  memicu timbulnya gumpalan darah serta memacu jantung bekerja lebih cepat sehingga akan membebani kerja jantung. Selain itu senyawa kimia lainnya yang ada pada rokok dapat merusak dinding arteri jantung yang dapat mengakibatkan penyempitan.
2. Pola hidup yang buruk
Pola hidup yang buruk bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, misalnya kurangnya berolahraga, sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berpengawet. Jarang mengkonsumsi sayur-sayuran .
3. Kadar Kolesterol yang tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi dapat membentuk plak yang mengakibatkan penggumpalan darah. Kadar LDL yang normal dalam darah adalah dibawah 100 mg/dl.
4. Hipertensi
Tekanan darah yang tinggi mengakibatkan jantung bekerja keras sehingga jantung dan pembuluh darah akan berbeban berat. Yang memicu hipertensi adalah konsumsi kadar garam yang berlebihan.
5. Penyakit Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan terjadinya penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menghambat aliran darah. Oleh sebab itu penderita diabetes akan memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki penyakit jantung. Kurangilah asupan gula, gunakanlah Tropicana, gula jagung rendah kalori.
6. Faktor Usia
Semakin tua usia akan semakin beresiko untuk memiliki penyakit jantung.
7. Riwayat keluarga
Apabila didalam keluarga anda,mungkin orang tua, kakek nenek, ataupun kakak adik anda ada yang mengidap penyakit jantung maka resiko anda akan memiliki penyakit ini juga semakin besar .
8. Kelebihan berat badan
Orang yang memiliki kelebihan berat badan, biasanya memiliki lemak ,kolesterol yang lebih tinggi dan juga berisiko memiliki diabetes. Dengan begini kerja jantung juga akan semakin berat dibanding pada tubuh  berberat badan yang ideal.
  
Itulah 8 penyebab penyakit jantung, semoga dengan artikel ini, anda  dapat  menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung kita.