Friday, 26 February 2016

Kiat Menyiapkan Bisnis Laundry untuk Pemula

Kiat Menyiapkan Bisnis Laundry untuk Pemula

Semakin sibuknya orang-orang di perkotaan membuat mereka tak sempat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian sendiri. Ini merupakan celah yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha laundry, apalagi kalau Anda berada di lokasi dekat dengan perkantoran, kost mahasiswa, maupun di pusat kota yang sibuk. Lihatlah serba-serbi bisnis laundry untuk pemula berikut ini!


doc : https://id.pinterest.com/pin/431501208025090430/

Sebelum Anda memulai bisnis laundry, Anda haruslah menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

1.       Pengetahuan mencuci
Anda akan melakukan usaha laundry, jadi wajar saja jika Anda wajib untuk tahu dasar-dasar mencuci dengan baik, jenis kain dan air yang cocok, bagaimana mengeringkannya, jenis nodanya, sabun-sabunnya, dll.
2.       Cari lokasi
Tentukan apakah Anda akan menyewa tempat usaha atau menggunakan rumah Anda sendiri yang letaknya sudah cukup strategis.
3.       Sediakan peralatan
Analisa apa saja peralatan yang akan Anda butuhkan untuk membuka usaha laundry ini, sehingga hasil yang diberikan memuaskan.
4.       Biaya operasional
Hitung-hitung dan perkirakan berapa kira-kira biaya operasional setidaknya untuk 3 bulan ke depan sehingga Anda bisa bersiap-siap. Biaya tersebut meliputi listrik, air, sewa tempat, deterjen, dll.
5.       Karyawan
Ini merupakan opsi yang bisa Anda pikirkan terakhir, karena belum tentu Anda memerlukannya. Jika usaha sudah semakin berkembang, tak ada salahnya menambah tenaga kerja.




Adapun peralatan yang pastinya akan Anda perlukan di dalam bisnis ini adalah:

1.       Mesin cuci
Inilah senjata utama Anda dalam bisnis laundry. Gunakan perlengkapan mesin cuci yang memiliki standar tinggi sehingga menghasilkan cucian yang paling bersih. Analisa apa jenis mesin cuci yang Anda perlukan. Apakah mesin cuci top loading yang hemat dan murah, front loading yang modern, twin tube yang putarannya dahsyat, atau jenis-jenis lainnya.
2.       Mesin pengering
Untuk bisa mengeringkan pakaian dengan cepat dalam cuaca kapan saja, Anda akan memerlukan alat ini. Hanya dalam waktu 2 jam saja, pakaian sudah kering dan siap di setrika. Tentukan apakah Anda ingin mesin pengering gas atau listrik.
3.       Setrika
Kerapian dari laundry sangat bergantung pada hasil setrikaannya, terutama untuk kain-kain tertentu. Jika Anda serius, sebaiknya pilihlah setrika uap.

Rintangan terbesar dalam usaha laundry adalah banyaknya kompetitor. Untuk itulah, Anda harus bisa membedakan bisnis Anda dari bisnis-bisnis yang serupa, entah itu dalam kualitas hasil cucian yang bersih, kecepatan mencuci, pelayanan ekstra yang berkualitas, pengiriman hasil cucian, atau hal-hal lain yang akan membuat pelanggan jadi betah mencuci di tempat Anda.

Itulah beberapa hal tentang bisnis laundry yang sebaiknya Anda ketahui dulu sebelum memulainya.Melihat persiapan dan peralatan di atas, bisa dibilang bahwa bisnis laundry untuk pemula memerlukan modal yang cenderung cukup besar jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis kecil lainnya. Namun jika Anda berhasil menjalaninya, maka bisnis ini akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar.




5 comments:

  1. Yang susah nyetrikanya itu. Harus licin dan wangi hehe.. Harus punya karyawan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya, Bun. Tapi denger2 untungnya lumayan besar. Kalo yg setrika keliling aja bisa dapet 9 jt per bulan, apalagi yang laundry kiloan :D

      Delete
  2. Paling seneng kalau pake baju dari laundry itu harum banget. Salut deh sama yang konsisten dengan bisnis laundrynya. Perlu kesabaran ekstra soalnya. Mulai dari nyuci sampai nyetrika.

    ReplyDelete
  3. seringnya jasa laundry pake msin cuci front loading ya mbak

    ReplyDelete
  4. saya ga terlalu ngeuh sama dasar2 mencuci, apalagi utk urusan noda tuh...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)