Friday, 15 January 2016

Design Kaos ala Traveler di Utees.me

"Mba, mau dong nitip beli kaos. Yang keren ya!"

Itu komentar adek saya setiap kali berlibur. Saya pun selalu begitu. Kalau liburan oleh-oleh yang paling sering nitip dibeliin ya kaos yang ramai dijual di tempat wisata. Selama ini saya melihat ada custom tshirt yang dijual dengan harga yang waw. Harganya mahal karena design kaos yang unik dan bikin ngakak, ada lelucon yang dilontarkan lewat kata-kata di kaosnya

Saking seringnya beli, saya jadi hafal jenis kaos. Ada yang harganya murah dan tetap awet sampai sekarang, beli di Bandung. Ada kaos yang harganya murah, kisaran harga di bawah 50 rb. Untuk yang mahal dan awet di atas 100 rb.

Soal ukuran kaos ternyata bikin saya paling ribet nentuin mau beli kaos yang mana. Gimana kalau ukurannya nggak pas? Atau pas beli pengin nyari warna print t-shirt yang beda dari warna yang ada di kios tempat wisata? Setahu saya hanya ada 5 warna standar yaitu hitam, kuning, biru, merah dan putih yang dijual. Jarang banget saya liat dan beli warna selain itu, selain karena nggak ada yang jual juga sih. :D




Saya kepikiran soal kaos custom yang dipakai seorang traveler di kota Bandung waktu saya jalan-jalan di Gedung Sate dan Braga. Yang bikin iri adalah kaosnya! Yep, tulisannya about traveling yang menandakan dia backpacker. Ada kaos yang biasanya dijual udah jadi tapi buat saya kata-kata itu udah terlalu biasa, udah banyak yang pakai. Saya pengin bikin kaos ala-ala saya sendiri yang dibikin dengan sepenuh hati. Jadi pastinya cocok sama selera diri sendiri dong ya.

desain kaos yang saya bikin di utees.me


Kaos custom yang dibikin sendiri bisa ditambah kata-kata atau gambar unik lainnya. Nah kalau saya mau bikin di mana dong nyari desain yang kece? Saya nemu web Utees.me yang menawarkan kemudahan buat orang seperti saya yang pengin bikin design t-shirt online ala saya sendiri. Di Utees.me, saya bisa nyobain beragam fasilitas text maupun gambar yang ada. Ada apa aja? Dari yang lucu sampai yang norak semuanya ada. Kalau diibaratkan, kaos itu ya mencerminkan kepribadian pemakainya. Iya dong, saya bisa nunjukin saya begini begitu karena kaosnya bisa ngomong dengan desain yang udah dibikin. Akhirnya saya cobain fasilitas design tshirt online di utees.me dan jadilah 25 design kaos yang kekinian menurut saya. #eaa bolehlah narsis dikit yah :P

Team Pick Minggu ini

Tahu nggak sih apa itu Utees.me?

Saya tahu web ini dari teman blogger yang rajin promoin design kaos untuk programmer di twitter. Jadi dia pernah cerita kalau desain kaosnya dibeli sama orang dan hasil penjualan design kaosnya bikin saya pengin cobain ikutan juga jejaknya. Dia bilang dapet fee 90-an $ dari design kaos aja. Wow banget kan? Iya, kalau di Utees.me itu memang ada fee untuk setiap design tshirt yang dibikin dan dibeli sama orang. Jadi setiap ada orang yang mencetak kaosmu, kamu bakalan dapet fee senilai 1,11 $ untuk setiap kaos seharga 144 rb rupiah. Lumayan kan? Haha. Andai satu bulan bisa menjual 20 kaos, dalam 5 bulan kamu sudah bisa dapat fee yang lumayan kan? Kayak dapet payout dari google adsense. :P Benar bahwa mencari uang di intenet itu mudah, asal tahu caranya dan telaten. Seperti teman saya itu.

Saran buat yang mau jualan design kaos di Utees.me :
  1. Rajin promo di twitter dan facebook dengan share link design kaos bikinanmu sendiri. Jadi kamu bakalan dapet fee tiap ada orang yang pesen kaosnya. Kalau teman saya tiap hari publish 10 design kaos secara random di twitter dengan beda jam. Jadi beneran telaten menjadwal kapan harus publish link design kaosnya.
  2. Mencari segmen pembeli yang loyal dan punya duit banyak. Tahu dong kalau programmer itu duitnya lumayan. :p Nah temen saya ini berhubung programmer, maka dia menyasar pembeli yang programmer juga. Jadi design kaos yang dia bikin mencerminkan lifestyle ala programmer. Kalau saya menyasar pembeli yang seperti saya, suka dengan traveling. Nggak perlu yang addict banget karena kalau suka traveling pasti mau deh menyisihkan beli kaos. Soalnya itu semacam identitas pas bepergian. Misalnya kayak yang saya bikin. Tulisannya I'm Indonesian. Traveling around the world. Saya nulis bahwa saya orang Indonesia.Ya siapa tahu pas liburan ternyata bertemu sesama orang Indonesia juga, jadi nggak perlu dadah-dadah ala Miss Universe soalnya bisa kelihatan dari design kaosnya. Wekeke :D
  3. Design unik dan up to date. Kalau kamu suka dengan film, pasti tahu dong kalau film yang lagi in di akhir tahun lalu yaitu star wars sangat banyak peminatnya. Nah, salah satu yang masuk di list popular online tshirt creator adalah star wars ini. Tentu dengan didesain sesuai keunikan si desainernya sendiri. 
  4. Font yang kekinian. Suka font yang lucu-lucu? Font lettering pakai kuas itu yang paling sering dicari dan dibeli. Terlihat dari jumlah like di team pick minggu ini, ada yang design kaosnya pakai lettering. Cakep ya. Harga kaosnya juga murah  hanya 144 rb dan kualitas kaosnya terjamin plus free ongkir ke seluruh Indonesia. :D
  5. Bikin paduan warna yang bisa dipakai di semua warna kaos. Saya pernah salah bikin design kaosnya. Jadi pas padu-padan warna pink campur hitm, begitu mau dicetak di kaos hitam ternyata warna tulisan hitamnya nggak kelihatan. Regular template kaosnya memang saya setting untuk putih. Tapi nyesek juga begitu tahu nggak bisa dicetak untuk warna lain. Mau bikin design kaos lagi yang sama persis udah lupa gimana cara designnya. Haha. Soalnya ngedesign emang butuh waktu lumayan lama kan. :D Jadi ini noted banget buat saya kalau lain kali mau bikin design tshirt lagi, diusahakan bikin yang warna text dan gambarnya bisa masuk ke segala warna kaos.

Overall, Utees.me bisa bikin kamu makin kreatif seperti saya yang mencoba mematahkan anggapan bahwa kaos unik itu hanya bisa dibikin sama orang percetakan. Hehe. Kamu juga bisa sendiri bikin kaos yang kamu banget dengan Utees.me. Lets design your own tshirt, now! 

10 comments:

  1. asik ya bisa desain kaosnya sendiri...n make money :)

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bisa banget nih dipake. Makasih sharingnya, mbak. Kembali log in utees.me. :D

    ReplyDelete
  3. wah keren ya bikin desain sendiri, nyoba ah :D

    ReplyDelete
  4. Coba dulu kaus BAW bikinnya di sini ya.. Lumayan kan aku dapat untung banyak haha.

    ReplyDelete
  5. Bener sekali mas cari market pelanggannya yang sesuai, seperti yang mas katakan, berhubung programmer marketnya nari programmer juga.

    ReplyDelete
  6. Saya sudah follow blognya kak, boleh lah follow balik di juhariblog(dot)com

    ReplyDelete
  7. wah usaha bikin kaos sekarang mbak ? :D

    ReplyDelete
  8. seneng ya di utees.me bisa utak utik kaos sendiri

    ReplyDelete
  9. Aku pingin yang lengan panjang, tapi gak ada. :(

    ReplyDelete
  10. Bikin yang lengan panjang donk, La. :D Jilbab traveler pasti suka.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)