Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Tuesday, 29 September 2015

Mengenal Peer Learning Serta Manfaatnya Bagi Bidang Pendidikan



Mengenal Peer Learning Serta Manfaatnya Bagi Bidang Pendidikan

Kenapa sih belajar bersama teman terasa lebih menyenangkan?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dikutip dari situs CIMA Global, ternyata belajar dengan teman memang memberikan banyak manfaat. Bukan hanya bermanfaat dari segi hubungan sosial saja lho. Belajar bersama teman juga membuat seseorang jauh lebih mudah memahami dan mengingat materi yang sedang dipelajari.

Monday, 28 September 2015

Catatan September : Bimbel

Sudah berkali-kali saya menolak untuk mendedikasikan diri pada dunia pendidikan. Dulu pas mau masuk kuliah, saya nolak buat masuk D2 PGSD. Alasannya lebih milih kuliah di jurusan matematika murni aja. Pas ada lowongan ngajar di sebuah sekolah di Semarang, saya yang mikir-mikir lagi karena feenya yang dikit. Nggak cukup buat transport dan makan. :P

Sunday, 20 September 2015

Hukum Aqiqah yang Terlambat bagi Seorang Muslim

Dua hari menjelang Idul Fitri yang lalu di rumah saya diadakan tasyakuran. Sebenarnya bukan tasyakuran biasa, tapi aqiqah. Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa aqiqah itu ada hubungannya dengan pemberian nama pada bayi. Tapi di sini justru terbalik. Ini aqiqah yang terlambat, sangat terlambat sih. Saya udah dewasa baru aqiqah. :P Berawal dari rasa penasaran saya akan cerita tentang keajaiban aqiqah. Ada seorang yang cerita bahwa ada seorang ibu yang belum hamil dan disarankan untuk aqiqah, setelah aqiqah dia hamil. Wallahu’alam apa itu termasuk keajaiban aqiqah atau tidak, tapi ndilalahnya kok ngepas ya.

Friday, 18 September 2015

Review Film Inside Out : Kenali Emosi Terdalam Dirimu

Film Inside Out : Kenali Emosi Terdalam Dirimu

Pernah nonton film anak-anak dan nangis? Saya pernah, dan baru kali ini nangis. :P Ya, anggaplah saya cengeng, tapi film Inside Out memang memiliki pesona yang menawan. Buat saya film ini nggak sekadar film yang kekanakan, tapi juga bermanfaat bagi para orang tua untuk tahu bagaimana perkembangan kekinian para anak remaja. 

Monday, 14 September 2015

Demensia Pada Lansia : Penyakit di Usia Senja

Kesehatan tubuh dan jiwa saling berkaitan erat. Ketika tubuh sakit, jiwa kadang juga merasakannya. Orang tua yang sudah menua akan semakin sering mengalami banyak penyakit dalam dirinya. Satu per satu penyakit datang karena usia yang sudah tidak muda lagi. Orang tua yang memiliki kualitas hidup yang baik dan menjaga pola hidup sehat, tetap saja memiliki kemungkinan terkena beragam penyakit karena faktor usia. Salah satunya yaitu demensia pada lansia.

Couplepreneur

Lelaki itu, perempuan itu. Setiap hari saya melihat mereka beradu argumen tentang segala hal kecil yang jadi masalah. Mulai dari tauge plastik yang kelupaan ditaruh di motor, hingga ribut hal-hal lainnya seperti tutup panci maupun pisau dapur yang ketinggalan di rumah. Saat melihatnya komentar saya hanya satu. “Lha kok samben dino ribut wae. Sambat terus. Kapan jualannya?”

Thursday, 10 September 2015

Persepsi

Kadang berkenalan dengan orang dalam kondisi yang ternyata nggak bagus, bisa bikin saya kapok kenalan dengan orang itu. 

Menganggap bahwa waktu nggak cukup ampuh untuk mengubah banyak hal, termasuk persepsi awal saya tentang orang tersebut. 

Kalau orangnya nyebelin, pasti bakal nyebelin lagi. Haha. 

Tapi... Lagi-lagi, mungkin karena dua orang berkenalan di waktu dan situasi yang nggak tepat. 

Jadi saya menganggap persepsi awal tentang dia masih saja sama.