Monday, 13 July 2015

Hidrasi Lancar dengan Konsumsi AQUA 2-4-2

Dua bulan sebelum puasa, saya sudah melakoni puasa rutin Senin dan Kamis. Sayangnya, pernah suatu hari saya hampir pingsan di sebuah bank saat antrian panjang mengular karena  kondisi tubuh tidak stabil. Saya segera keluar dari antrian bank, padahal hampir jatah saya untuk maju ke teller. Tubuh saya menggigil, AC membuat tubuh saya serasa dingin tidak karuan padahal sebelum masuk bank saya masih baik-baik saja. Rasanya tubuh hanya kepanasan karena sinar matahari sedang terik, pukul 11 siang. Saya berusaha untuk menenangkan diri karena saya sendirian. Jadi jika terjadi apa-apa dengan saya, dipastikan saya tidak tahu siapa yang akan menolong nanti.


Saya segera ke warung makan terdekat. Terpaksa membatalkan puasa dengan memesan batagor. Saya memakannya perlahan dengan tangan masih sedikit gemetar. Shock? Iya. Setelah itu saya berusaha mengistirahatkan tubuh di sebuah perpustakaan terdekat. Tubuh saya masih merasa aneh, perasaan asing yang baru kali itu saya rasakan. Saya segera mencari tahu penyebabnya. Ternyata, saya dehidrasi berat. Saking beratnya, saya kira saya kelaparan. Ternyata bukan, saya hanya butuh air minum lebih banyak. Tubuh saya yang kekurangan cairan makin merasakan dehidrasi karena overheating alias kena panas di ubun-ubun. Persis seperti yang dialami oleh para jemaah haji jika di tanah Mekkah saat ibadah haji. Sejak saat itu, saya jadi mempersiapkan diri lebih baik lagi jika berpuasa, baik puasa sunnah maupun puasa Ramadan di tahun ini.

Ramdan is gifted to you (sumber : pinterest.com)

Berkah Puasa dengan pola Minum ala Rasulullah

Ramadan kali ini saya sudah mulai membenahi pola makan dan minum agar puasa saya lancar. Makan secukupnya, agar tubuh tidak terasa berat saat shalat tarawih, juga minum sesuai dengan anjuran yang diajarkan Rasulullah. Rasulullah menganjurkan untuk meminum dengan memuji Allah atas anugerah makanan dan minuman yang saya terima saat berbuka. Saya harus menikmatinya, sehingga enzim yang ada di dalam mulut bisa bercampur dengan air sehingga pencernaan saya lancar.

“Sesungguhnya Allah akan merasa senang kepada seorang hamba yang memakan makanan, lalu ia memuji Allah atas anugerah makanan tersebut atau ia meminum minuman, lalu ia bersyukur kepada Allah atas anugerah minuman tersebut.” (HR. Bukhari)

Rasulullah mempola makanan dan minuman dengan banyak cara, sehingga perlu diperhatikan. Rasulullah hanya makan yang ada di hadapannya, menggunakan tiga jari, dan menjilat jari tersebut agar enzim bercampur dengan makanan. Rasulullah makan dan minum dengan aturan 1/3 bagian untuk minum, 1/3 bagian untuk makanan, dan 1/3 bagian untuk udara. Jika saya banyak makan atau minum, ini akan membuat ruang untuk udara menjadi berkurang sehingga saya gampang ngantuk. Jadi, mengerti kan, mengapa jika kebanyakan makan di saat sahur atau berbuka justru membuat tubuh menjadi lebih lelah. Karena tubuh menerima beban lebih dari yang seharusnya ia terima.

Hidrasi Lancar dengan Konsumsi AQUA 2-4-2

Puasa Ramadan ini, saya mulai meminum air AQUA dengan pola 2-4-2. Dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur. Setiap kali minum satu gelas dijarak sehingga satu gelas hanya tiga kali tegukan. Alasannya karena Rasulullah menganjurkan dalam hadist.

“Dari Anas ra., bahwasanya Rasulullah saw. senantiasa menarik napas sebanyak tiga kali ketika minum seraya berkata,’Yang demikian itu lebih segar, lebih sehat, dan lebih nyaman.” (HR. Muslim)

Ternyata dalam medis pun dianjurkan untuk menjeda jumlah air yang masuk ke dalam tubuh. Zerlina Lalage dalam buku berjudul Hidup Sehat dengan Terapi Air mengatakan jika kita langsung mengonsumsi air 1,5 liter sekaligus, otak tidak akan cukup mampu untuk menerima asupan air yang terlalu banyak sehingga akan mengalami intoksikasi air. Intoksikasi air menyebabkan bengkak di otak karena kadar natrium akan menjadi rendah dalam darah. 500 cc air adalah cukup reasonable untuk satu kali porsi air minum. Jadi inilah alasan mengapa saya menerima saran dari AQUA untuk mulai membuat pola minum sehingga tidak langsung banyak, melainkan 2-4-2.

pola minum 2-4-2 saat berpuasa (sumber : www.aqua242.com)
Pola 2-4-2 dari AQUA saya pakai dengan dua gelas saat berbuka saya jeda dengan cara satu gelas sebelum makan berbuka, dan satu gelas setelah makan berbuka. Lalu, dua gelas setelah shalat tarawih, dan dua gelas lagi sebelum tidur. Untuk sahur, saat bangun dini hari, sebelum berwudhu untuk tahajud, minum dulu air satu gelas. Setelah makan, minum lagi satu gelas. Jadi tubuh akan mendapatkan porsi minum yang seimbang dengan kebutuhannya.

Mengapa Memilih AQUA sebagai Air Minum?

Lebih dari 80 % komponen tubuh manusia adalah cairan, organ yang terutama sangat besar cairannya adalah darah dan otak yaitu 90 % dan 95 % komponen utamanya adalah air. Organ manusia yang paling vital adalah otak. Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi, darah akan mengental dan proses sirkulasi metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Air harus cukup dikonsumsi dengan jumlah yang seimbang dengan kebutuhan tubuh agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Agar tidak dehidrasi, saya perlu minum 8 gelas sehari dengan pola 2-4-2 dari AQUA.

BAB pun tidak merasakan lagi sembelit akibat kekurangan cairan. Dr. Hiromi Shinya dalam Revolusi Makan mengatakan bahwa ketika tubuh kekurangan cairan, maka BAB akan tidak lancar disebabkan tubuh mengambil cairan dari kotoran dalam tinja yang seharusnya dibuang justru diserap kembali agar kebutuhan cairan tercukupi. Inilah yang menyebabkan sembelit. Mengerikan ya? Sejak membaca buku Dr. Hiromi Shinya, saya jadi mulai membenahi pola minum agar tubuh menyerap cairan dari air yang bersih dan menyehatkan.

AQUA, air minum sehat
Air sehat didapat dari sumber alami yang menghasilkan air yang layak dikonsumsi oleh tubuh. Saya memilih AQUA, dari Danone untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih bagi tubuh. Karena AQUA terbukti teruji secara klinis. AQUA adalah merk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) dengan penjualan terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan AMDK No. 1, AQUA berkomitmen meningkatkan kualitas produk, memberikan pelayanan yang prima, danberkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

AQUA juga telah memperoleh sertifikat SNI dan dipantau oleh Lembaga Sertifikasi Produk, sehingga aman untuk dikonsumsi. AQUA berasal dari air mineral pegunungan, yang memiliki kode produksi dalam setiap kemasan, sehingga aman dikonsumsi selagi belum sampai batas kadaluarsa di tanggal yang tercantum dalam kemasan. Yang lebih penting lagi, AQUA telah memenuhi standar yang paling saya butuhkan, karena AQUA sudah mempunyai sertifikat halal dari MUI.  Nah, saya sudah merasakan khasiat dari pola minum 2-4-2 untuk mengatasi hidrasi saat puasa.  Kalau kamu?

Sumber :
Shinya, Hiromi, Dr. 2014. Revolusi Makan. Bandung: Qanita
Lalage, Zerlina. 2015. Hidup Sehat dengan Terapi Air. Klaten: Abata Press
http://www.aqua242.com/(diakses tanggal 13 Juli 2015)

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Blog Ramadan AQUA 2+4+2 2015.

18 comments:

  1. Saya kira tadi ada Prosesor Baru saingan KIT KAT 4.4.2 atau 4.4.4. Eaaaaaaaa setelah diperhatikan dengan seksama rupanya AQUA 2-4-2 ya. iehiheiheie Banyak minum air putih memang yahuuud buat kesehatan heiheiheiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo, Kak! Mau ikut jelajah Kalimantan GRATIS & dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

      Jangan sampain ketinggalan, ya!

      Delete
  2. kayaknya aku jadi tertarik ingin memiliki buku karang Zerlina Lalage tersebut. Apalagi terbitannya masih gress banget ya.
    Good luck Ya Ilaaa untuk lombanya, semoga kita menjadi pemenang ya, hihiii

    ReplyDelete
  3. pola 242 membuat konsumsi 8 gelas sehari terpenuhi tanpa perut kembung karena kebanyakan minum air ya

    ReplyDelete
  4. kalau wiro sableng punya sebutan si pendekar 212 kita adalah pendekar 242 Ila :)

    ReplyDelete
  5. Aku gak pernah ngitung berapa banyak minum, Cuma kayaknya lebih dari itu, hehe

    ReplyDelete
  6. Pola AQUA242 memang bagus. Gak bikin perut kembung. Gudlak ;)

    ReplyDelete
  7. puasa gini di usahakan cukup air ya Ila

    ReplyDelete
  8. lagi puasa gini asupan air harus tercukupi ya

    ReplyDelete
  9. pola minum 242 sangat bagus :)

    ReplyDelete
  10. Wahhh kebangetan ini mbak, selama puasa ini aku minum nya nggak teratur.
    sesukanya aja

    thanks for sharing this :')

    ReplyDelete
  11. Jika air putih lebih murah dan menyehatkan mengapa harus minum oplosan.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  12. gampang ya diinget 2 4 2
    kalau ga puasa minimal 8 gelas kali ya yang penting

    ReplyDelete
  13. agak susah menerapkan 8 gelas sehari.....asa kenyang jadinya...... :D

    ReplyDelete
  14. wuuahh untung ga kenapa-kenapa ya mba...good luck ya mba...

    ReplyDelete
  15. karena pola minum 2-4-2 alhamdulillah sembelit saya ga kambuh pas puasa... kambuhnya malah setelah lebaran heuheu...

    ReplyDelete
  16. Pola 2-4-2 yaaa...., makasih banyak tipsnya :)

    ReplyDelete
  17. Aku mau rutin 242 tp susah bgt, bru 3 gelas dah kembung

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)