Saturday, 7 February 2015

Tips Menang Lomba Kultwit

tweet (credit)
Tips Menang Lomba Kultwit. Kultwit adalah kumpulan twit bertema dengan ditandai menggunakan hastag di akun twitter. Tujuan kultwit antara lain untuk sharing informasi, promosi, dll. Biasanya kultwit dipakai juga oleh buzzer untuk menarik minat pengguna twitter yang lain. Kultwit juga digunakan untuk live report/live tweet di tempat saat ada acara launching produk yang mengundang para blogger. Hadiah live twit menggiurkan, mulai dari voucher belanja, smartphone, bahkan cash money/tabungan.

Nah, kenapa saya buat postingan ini? Jadi, ceritanya tempo hari @BAWCommunity mengadakan lomba kultwit yang berhadiah uang tabungan. Saya ikutan lomba dan menang di periode II sebagai pemenang ke 4 dari 5 orang yang terpilih. Meski sebenarnya saya akui ada beberapa kesalahan yang saya lakukan di lomba ini karena nggak maksimal bikinnya, tapi ternyata saya masih beruntung. Karena terpilih jadi pemenang ke-4. Hehe, ya alhamdulillah. :D

Buat pembaca yang ingin tahu bagaimana teknis menang lomba kultwit, bisa simak tips yang saya berikan ini ya. Semoga bermanfaat yaa. :)

  1. ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) : Amati kultwit peserta lain, tiru dengan gayamu sendiri, dan modifikasi sesuai tema yang diminta juri. Bisa cek juga di chirpstory untuk melihat contoh kultwit yang ada.
  2. Out of the box : pilih tema yang tidak biasa yang berbeda dari peserta lainnya. Sehingga membuat kultwitmu dilirik oleh juri.
  3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami : to the point, memuat unsur 5W + 1H dari tema yang diminta juri dan tidak bertele-tele. Karena ada juga peserta yang terlalu sedikit menulis, tapi ada juga yang sampai ratusan. Esensi pesannya jadi melebar kemana-mana. Padahal kultwit baiknya sedikit saja, kisaran 30-50 twit, agar pembaca tidak bosan.
  4. Tulis isi twit di draft doc sebelum diposting. Revisi jika perlu. Sesuaikan setiap twit maksimal 140 karakter huruf. Saya memberi sisa ruang untuk menambahkan hastag dan id panitia. Misal : @BAWCommunity #AkuSukaBaca
  5. Tahu kapan memulai, dan kapan harus mengakhiri. Beri penomoran untuk setiap twit yang dibuat. Posting sesuai urutan. Agar pembaca yang ingin menyimak twit tidak kebingungan saat melihat kultwitnya.
  6. Jika memberi link postingan blog, pakai shorter link seperti bit.ly untuk memendekkan link. Gunanya untuk mengirit karakter setiap twit.
  7. Jika menggunakan singkatan, pilih singkatan yang lazim digunakan orang misalnya : yg, byk, dg, dll. Jangan buat orang menebak dan salah paham dengan arti singkatan yang kamu buat.
  8. Cek syarat dari juri : follow akun twitter, like fanpage, follow blog, dsb. Penggunaan hastag juga diperlukan untuk memudahkan juri mengecek lewat tweetdeck.
  9. Gunakan tweetdeck untuk memudahkan posting. Keutamaan tweetdeck : mudah dijadwal, bisa memasukkan foto, loading cepat, juga bisa diedit sebelum publish bila terjadwal.
  10. Posting kultwit di jam sibuk/primetime.
  11. Revisi draft jika perlu. Draft itu penting untuk memastikan isi sesuai dan tidak typo. Ya, jangan sampai ada pembaca yang bilang. Ih, postingan twitnya kok typo. Jangan sampai salah mensyen akun twitter orang juga. Hahaha! Saya ngalami soalnya. *ups*
  12. Karena panitia minta ada promosi buku jadi saya buat 3 cerita. Saya ambil sisi menarik dari masing-masing buku dan menghubungkannya dengan sponsor, yaitu bank. Kebetulan ada dua buku yang bisa dihubungkan yaitu buku mba Leyla Hana tentang receh for books dan Riawani Elyta tentang cyber crime.
  13. Tambahkan foto yang menarik perhatian pembaca, beri caption yang tepat. Gunakan ukuran standar foto yang bisa dimasukkan ke twitter. Resize jika menggunakan foto dari kamera DSLR atau kamera saku. Pastikan koneksi internet bagus saat upload foto.
  14. Interaksi dengan pembaca menjadi tujuan keberhasilan kultwit. Retweet(baik edit maupun manual), favorit, reply adalah interaksi yang seharusnya ada di kultwit. Kalau tidak ada, berarti kultwitnya terkesan hambar.

Ya, segitu saja cuap-cuap saya kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan untuk lomba berikutnya. See you next post. :D

24 comments:

  1. O..manggut2. Asli Mak, saya buta banget soal kultwit. Seenggaknya sekarang sedikit ngeh..:)

    ReplyDelete
  2. Selamat ya, Ilaa... kalau Ila mah udah pakar kuis deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekeke. Sekadar berbagi, bun. Cz ada temen yang belum ngerti bikin kultwit kayak gimana. :D

      Delete
  3. Wah selamat ya. Woww. Pengalamannya keren. Saya baca baca dulu nih tips tips nya

    ReplyDelete
  4. Wah lumayan banyak tipsnya, aku juga kemarin baru menang kuis tiket konser Michael Buble ada beberapa tips dari sini juga yang aku pake. Hehehe. belum coba ikut kuis kultwit. suka bingung, terus stuck terus gak pernah pake tweetdeck juga. Lumayan nih buat hunting quiz kultwit. Nice sharing Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat, mba. Tiket konser pasti mahal ya. Lombanya masih berlangsung lho. Barangkali mau ikutan.

      Delete
  5. oh kultwit ya hehe (saya baru tahu) selain komunitas gitu ada juga saya lihat rumah makan yang lagi promo (makan gratis) sepertinya menggunakan kultwit juga. nice tips sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa buat promosi produk juga, kak. :D

      Delete
  6. terima kasih tipsnya Ila, aku belum pernah ikut lonba kultwit, paling ikut lomba livetwit aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak livetwit, mb lidya. Tapi ini dr opini pribadi.

      Delete
    2. Sama kayak livetwit, mb lidya. Tapi ini dr opini pribadi.

      Delete
  7. Ada ya lomba kultwit, baru tahu saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, kak. Lombanya masih berlangsung juga. Ikutan aja klo mau. ;)

      Delete
  8. Kadang koneksi ke wifi dan perangkat smartphonenya juga mempengaruhi Mba, hehehe, tapi selama ini ikutan lomba twitter belom pernah menang

    ReplyDelete
  9. Hadeuh, Ila, kalau Bunda ini dulunya bikin akun twitter itu gegara mau ikutan GA. Jadi beneran gak tau apa itu RT, kapan harus nge-klik Fav atau yang lainnya, apalagi harus attach foto segala. Taunya ya cuman REPLY aja, itu juga kadang kepanjangan ampe melebihi 140, alhasil harus direduce lagi..lagi...dan lagi... Gak pernah bisa ikutan LIVE TWIT atau KULTWIT. Alhamdulillah, ada resep dari Ila -- ATM -- oke, starting from now on, I am trying to be as familiar as I can be with the ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Nice and valuable tips, Ila.

    ReplyDelete
  10. Lha aq blm baca blas buku2 anak BAW, minus, gak ikut heheh

    ReplyDelete
  11. Ooo begitu yaa tips kultwit.
    aku jarang menang nih kl kultwit pas live event.
    tengkyu ya mbaaak buat resepnyaaa :)

    ReplyDelete
  12. Aku juga ikutan loh kak Ila, tapi sekali nyoba ga dapet, terus nyerah. Mhahhaa..

    Thanks ya kakak, tipsnya berguna banget. Bakal diterapin kalo ikutan ngontes kultwit lagi :))

    ReplyDelete
  13. Waw... aku gak pernah ikutan lomba kultwit. Maklum, bukan anak gaul twitter. :D But, thans for sharing. Bermanfaat Mbak.. :)

    ReplyDelete
  14. Hadiah menang buzzing competition dan live tweet adalah hadiah paling "ngeri" yang pernah kuterima seumur-umur jadi blogger. Lanjuuut, La! :D

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah ikutan kultwit :p

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)